Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama dan Jenis Ayam pedaging

halo kawan kawan semuanya, kali ini saya akan menjelaskan daftar macam-macam ayam potong penghasil daging unggulan lengkap dengan ciri-ciri  karakteristik dan performance produksinya semoga bermanfaat :)

Nama dan Jenis Ayam Pedaging

Jenis Ayam Broiler

ayam ras broiler pedaging
ayam broiler
ayam broiler jenis ayam ras pedaging, ayam broiler adalah Jenis ayam potong yang paling banyak dikonsumsi dan umum dipelihara peternak. ciri yang umum ayam potong broiler adalah , dengan warna putih. selain itu ayam broiler memiliki Bulunya tebal dengan tingkat perkembangan yang jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan ayam buras atau ayam bukan ras. Ayam broiler memiliki jaringan ikat yang lunak, pada umumnya dipelihara dan kemudian dipotong dengan waktu antara 35-36 hari. Pada waktu tersebut ayam telah mencapai berat sekitar 1,8-2kg. bahkan aa ayam yang dapat mencapai 2,5 kg.

Ayam broiler merupakan hasil perkawinan silang dan sistem berkelanjutan(inbreading) sehingga menghasilkan ayam dengan mutu genetik pertumbuhan daging yang cepat danbaik.
selain itu enyebab ayam ini cepat tumbuh juga kerana faktor lingkungan yang baik seperti pemberian pakan yang berkualitas tinggi, sistem perkandangan yang baik, pencegahan penyakit dan perawatan kesehatan menjadikan ayam ini memiliki mutu genetik yang maksimal.

 Beberapa jenis ayam pedaging yang umum di Indonesia yaitu:

1. Cobb

Ayam pedaging jenis cobb ini merupakan ayam pedaging yang paling populer di dunia. Secara genetika, strain ini dikembangkan pada pembentukan daging bagian dada dan paha yang berkualitas. Selain itu ayam hasil persilangan ayam plymoyth rock USA dengan ayam lainnya ini juga dikembangkan untuk mudah beradaptasi dengan lingkungan tropis serta produksinya yang efisien. Ciri fisik yang menonjol yaitu terdapat DOC berwarna hitam diantara DOC berwarna kuning. berikut adalah gambar ayam broiler jenis cobb.


ayam broiler jenis cobb
ayam broiler jenis cobb



2. Ross

Ayam pedaging jenis Ross ini merupakan persilangan ayam jenis Cornish dengan bangsa lainnya yang berpusat di Inggris. Ciri-ciri ayam ini yaitu memiliki bulu yang seluruhnya berwarna kuning. Keunggulan strain Ross yaitu FCR ( feed consumption rate) lebih efisien, daya tahan tubuh lebih bagus serta fokus pengembangan genetika terpusat pada kaki sebagai penyeimbang berat badan.


ayam broiler jenis ross
ayam broiler jenis ross


3. Hybro

Ayam pedaging hybro memiliki fokus pada daya tahan tubuh sehingga dapat bertahan pada penyakit ascites. Strain hybro merupakan hasil pembibitan euribrid yang berpusat di Belanda.

ayam broiler jenis hybro
ayam broiler jenis hybro


Karakteristik ayam ini selain pada daya tahan tubuh yaitu terjaganya keseimbangan antara sifat broiler dan breeder, daya tahan lebih bagus pada iklim tropis dan fokus pengembangan genetika pada hasil/produk karkas.

Jenis Ayam Buras

Ayam Buras  adalah singkatan dari ayam bukan ras. Secara genetik, bila dibandingakan dengan ayam ras pedaging,  ayam buras memiliki fase pertumbuhan yang lebih lambat. Untuk mencapai berat tubuh penjualan ideal 1 kg- 1,5 kg saja butuh waktu yang cukup lama sekitar 6-8 bulan. namun daging ayam buras lebih unggul dibandingkan jenis ayamras seperti ayam ras broiler yaitu Kualitas karkas daging ayam buras sangat baik, karena mempunyai jaringan ikat yang rapat dan kuat selain itu memiliki rasa yang gurih.

Ayam Pejantan Ras

ayam pejantan ras
ayam pejantan ras
Ayam potong jenis ayam pejantan ras adalah ayam yang berasal dari golongan ayam petelur dengan jenis kelamin jantan. Ayam tersebut sengaja dipelihara untuk dijadikan ayam pedaging. Kualitas daging ayam setara dengan ayam jabro. Ayam pejantan ras memiliki tingkat perkembangan yang lebih lambat dari ayam broiler.

Ayam Ras Afkir

 ayam ras afkir adalah ayam-ayam petelur yang telah habis masa produksinya. ayam tersebut tidak lagi menghasilkan telur atau produksi telurnya sudah turun tdak maksimal. ayam potong ras afkir memiiki berat rata-rata 2 hingga 2,5 kg dengan usia antara 18-20 bulan. Daging ayam ras afkir memilki kualitas yang kurang baik, hal ini disebabkan kandungan lemaknya yang cukup tinggi, meskipun kepadatan jaringan ikat daging masuk dalam kategori baik.

ayam ras afkir
ayam ras afkir


Jenis Ayam Jabro

Ayam jabro asal usulnya adalah persilangan dari ayam jenis broiler yang disilangkan dengan ayam ras petelur.

ayam jenis jabro
ayam jenis jabro
ayam jenis jabro memiliki berat badan antara 0,5 hingga 1 kg dengan usia antara 2-4 bulan. Bila yam potong jenis jabro memiliki kuallitas daging yang lebih baik bila dibandingkan dengan ayam broiler. Secara genetik, ayam jabro mempunyai tingkat perkembangan lebih cepat dari ayam buras, tetapi lebih lambat dari pada ayam broiler.

demikian lah Nama dan Jenis Ayam pedaging. semoga bermanfaat :)
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "Nama dan Jenis Ayam pedaging"