Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

mengenal aplikasi odoo erp kelebihan kekurangan fitur dan harga

 halo sahabat elinotes kali ini aku akan membahas apa itu odoo erp. anda mencari platform sederhana untuk membantu menjalankan bisnis Anda: aplikasi terintegrasi, tetap sederhana, dan dicintai oleh jutaan pengguna yang bahagia menggunakan aplikasi odoo erp adalah jawabannya

apa itu odoo?

aplikasi odoo erp adalah
aplikasi odoo erp adalah

menurut wikipedia Odoo adalah seperangkat alat perangkat lunak manajemen bisnis termasuk CRM, e-commerce, penagihan, akuntansi, manufaktur, gudang, manajemen proyek, dan manajemen inventaris untuk beberapa nama. Versi Komunitas adalah perangkat lunak gratis, berlisensi di bawah GNU LGPLv3.

setangkan menurut keterangan di website tesmi odoo perusahaan Odoo adalah rangkaian aplikasi bisnis sumber terbuka Odoo open source yang mencakup semua kebutuhan perusahaan Anda: CRM, eCommerce, akuntansi, inventaris, tempat penjualan, manajemen proyek, dll.

apa itu odoo erp

odoo ERP adalah singkatan dari Odoo erp Enterprise Resources Planning adalah sebuah aplikasi yang membantu anda untuk mengatur proses bisnis dalam suatu kesatuan yang terintegrasi seperti marketing, produksi, pembelian dan accounting dan menyimpan semua transaksi dalam suatu database yang digunakan perusahaan serta menyediakan manajemen reporting tools.

edoo erp adalah
edoo erp adalah

Odoo (ERP) dapat dimanfaatkan oleh perusahaan manufaktur dan jasa, bersifat opensource dan dilengkapi berbagai fitur yang mencakup project management, CRM (Customer Relationship Management), penjualan (sales), manajemen inventori, warehouse, manajemen keuangan, dan manajemen proyek.


sejarah perusahaan odoo

Odoo adalah aplikasi ERP yang didirikan oleh Fabien Pinckaers pada tahun 2002 di Belgia dengan menggunakan perusahaan Open ERP S.A, aplikasi ini  mempunyai fitur atau modul diantaranya : HR, CRM, Sales, Purchasing, Accounting, Manufacturing dan masih banyak fitur lain yang sangat berguna bagi kepentingan perusahaaan.

fitur fitur dari odoo

fitur atau modul apa saja yang ada di Odoo ERP ? Berikut beberapa modul yang ada di Odoo ERP

fitur aplikasi odoo erp
fitur aplikasi odoo erp

Sales

modul Sales memungkinkan kita untuk mengelola dan mengklasifikasikan pesanan penjualan pada system structural dan hierarkis. Memungkinkan kita untuk membuat pesanan baru dan melihat pesanan yang sudah ada. Konfirmasi pesanan dapat memicu pengiriman barang, faktur dan waktu yang ditentukan oleh pengaturan dalam setiap pesanan.

Dalam modul ini perusahaan bisa mendapatkan suluruh informasi tentang penjualan (sales) hanya dalam satu layar saja, dapat melakukan kontrol terhadap pemesanan dan pengiriman barang serta dapat mengetahui operasional yang dilakukan oleh pelanggan.

Purchase

Modul ini memungkinkan perusahaan untuk mencari vendor (penjual) dari harga penawarannya dan mengkonversikannya menjadi pesanan pembelian. Odoo memiliki beberapa metode pemantauan dan pelacakan faktur penerimaan barang yang dipesan. Perusahaan dapat menangani pengiriman barang yang partial, sehingga dapat mengetahui barang yang masih akan diantar. Odoo juga memungkinkan system untuk menghasilkan secara otomatis draft pembelian.

Manufacturing

Dalam modul ini terdapat double entry stok untuk mempermudah traceability, melakukan kontrol terhadap biaya dan margin proyek, produk dan partner, serta mudah untuk menjalankannya. Diintegrasikan dengan accounting untuk transaksi secara otomatis. Bisa diintegerasikan dengan HR Management untuk mendapatkan ketersediaan resource.

Inventory

Modul ini menyediakan fungsionalitas untuk mengatur multi warehouse. Untuk tiap lokasi warehouse, lokasi input, lokasi output dan lokasi stok dapat didefinisikan.

Accounting dan Finance

Modul ini terintegrasi dengan financial accounting, analytic accounting, third party management, taxes management, budget dan asset. Odoo juga memiliki lebih dari 50 modul tambahan dalam accounting seperti electronic bank account.



solusi bisnis odoo

Odoo menawarkan tiga solusi bisnis bagi perusahaan manufaktur ataupun jasa dalam pemakaiannya, yaitu sebagai berikut :

  • Odoo enterprise, yaitu aplikasi bisnis (ERP) yang ditawarkan oleh pihak Odoo untuk diinstall langsung pada hardware perusahaan dengan membayar lisensi kepada Odoo.
  • Odoo Online SaaS, yaitu aplikasi bisnis (ERP) yang ditawarkan oleh pihak Odoo dimana perusahaan harus membayar lisensi kepada Odoo dan servernya sudah langsung disediakan oleh Odoo di cloud server.
  • Odoo community, yaitu aplikasi bisnis (ERP) yang disediakan oleh pihak Odoo dimana penggunanya tidak perlu membayar sedikitpun untuk mendapat akses kepada source code-nya dan bisa diinstall pada hardware manapun dan bisa melakukan kustomisasi modul yang sudah ada ataupun bisa membuat modul yang baru.

kelebihan odoo erp

Tidak ada lagi integrasi rumit.

Jika Anda memiliki satu solusi software yang bekerja dengan baik tapi tidak berkomunikasi satu sama lain, Anda harus keluar masuk dan kemungkinan kehilangan gambaran komprehensif tentang apa yang terjadi.

Antara aplikasi Odoo dan puluhan ribu aplikasi komunitas, ada hal yang bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan seluruh kebutuhan bisnis dari satu solusi modular hemat biaya: tak perlu lagi susah membangun kerja sama antara teknologi yang berbeda.  

Aplikasi Odoo terintegrasi sempurna satu sama lain, memungkinkan Anda sepenuhnya mengotomatiskan proses bisnis dan meraup keuntungan serta biaya yang dihemat.

dapat diakses melalui berbagai perangkat

Sistem Odoo ini dapat diakses dari berbagai platform, yaitu diantaranya berbasis web, desktop dan mobile.

Komprehensif

Jika sistem ERP Anda saat ini kekurangan fungsi yang Anda butuhkan untuk mendukung operasi bisnis Anda, maka saatnya Anda beralih ke ODOO. Software ini menawarkan banyak fitur & fungsionalitas dengan lebih dari 1000 modul yang dapat digunakan dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Dengan dukungan aktif dari banyak komunitas online, setumpuk fungsi yang ditawarkan oleh ODOO akan terus meningkat.

Modular

Fitur bisnis yang disusun dalam modul-modul. Modul adalah folder yang strukturnya berisi kode XML dan Python file. Sebuah modul mendefinisikan struktur data, form, laporan, menu, prosedur, alur kerja, dan lainnya. Modul juga dapat mengandung komponen web yang ditulis dalam JavaScript. Oleh karena itu, Anda dapat menemukan modul yang Anda butuhkan untuk mendukung bisnis Anda.

menggunakan Teknologi terbaru

Odoo / OpenERP didasarkan pada teknologi modern dan mutakhir. Oleh karena itu, platform ini dapat terus memodifikasi seiring dengan teknologi yang diperbarui.

Menawarkan TCO Rendah

Penghematan biaya merupakan salah satu keuntungan yang dtawarkann oleh ODOO karena memiliki TCO yang sangat rendah (Total Cost of Ownership). Misalnya, ketika platform ini diterapkan dalam bisnis Anda maka ada beberapa keuntungan seperti menurunkan biaya administrasi, biaya operasi, biaya persediaan dan biaya perawatan. Beberapa mnfaat tersebut dapat membantu penghematan biaya bisnis Anda.

Mudah untuk disesuaikan

Tak hanya mudah untuk digunakan, tapi juga software inisangat fleksibel karena mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis spesifik sebuah perusahaan. Hal Ini mendukung inovasi berkelanjutan dan skalabilitas yang dibutuhkan oleh organisasi untuk memimpin pasar dalam skenario persaingan bisnis yang ketat saat ini.

Tersedia secara gratis

Dikarenakan dikenal sebagai open source, hal ini membuat ODOO Anda dapat dengan bebas mendownload software ini dan tidak ada biaya perizinan untuk menggunakannya. alias gratis bagi pengguna community. Sebenarnya Odoo menawarkan tiga solusi yang pertama Odoo enterprise yang artinya bisa install di-hardware sendiri dengan membayar licensi kepada Odoo, kedua Odoo Online Saas yang artinya kita membayar licensi kepada Odoo dan server-nya sudah langsung di sediakan oleh Odoo di cloud server dan yang ketiga Odoo community yang artinya tidak perlu membayar sedikitpun untuk mendapat akses kepada source code-nya dan bisa di-install di hardware manapun dan bisa kustomisasi modul yang sudah ada ataupun bisa membuat modul yang baru. 

kekurangan Odoo ERP

 kekurangan Odoo ERP adalah sebagai berikut:

optimalisasi SEO Tags

Khusus untuk layanan website builder, sistem Odoo memiliki manajemen tags website yang buruk. Untuk mengatasinya pengguna dapat menonaktifkan atau disable penelusuran mesin pencari untuk halaman tags.

Membutuhkan resource yang cukup besar

Untuk kebutuhan integrasi yang sangat solid antara setiap modul menyebabkan sistem Odoo ERP ini memerlukan resource sedikit lebih besar dibandingkan dengan sistem ERP yang lain.

perbedaan versi odoo community dan enterprise

Apa perbedaan antara Odoo versi community & Odoo versi enterprise? berikut adalah perbedaannya:

Odoo versi Community adalah versi gratis 100% dari Odoo. Ini berisi hampir dua lusin modul dasar Odoo. Namun, jika Anda mencari fitur akuntansi lengkap, pemindai kode batang (barcode), solusi IoT atau multi-gudang, mungkin tidak cukup untuk menutupi kebutuhan Anda.

Odoo Enterprise membawa beberapa keuntungan lain, terlepas dari lebih banyak modul dan fungsi. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan Odoo di ponsel atau tablet berkat aplikasi Odoo. Lisensi Odoo Enterprise juga mencakup peningkatan ke versi terbaru Odoo, segera setelah versi baru keluar. Dan yang terakhir, namun tidak kalah pentingnya, langganan ini juga mengandung perbaikan bug. Lisensi Odoo Enterprise cukup murah, mulai dari 6 USD per pengguna.

Perbandingan lengkap antara Odoo community & Odoo enterprise dapat ditemukan di situs web resmi perbandingan versi Odoo.

harga aplikasi odoo

harga aplikasi odoo erp
harga aplikasi odoo erp

Harga implementasi Odoo terdiri dari 3 bagian:

biaya lisensi odoo

 Berdasarkan versi Odoo yang dipilih, ada biaya lisensi Odoo. Ini hanya berlaku untuk Enterprise versi Odoo dan mulai dari 6 USD per bulan. Anda dapat menemukan kalkulator biaya lisensi Odoo di situs biaya harga Odoo.

biaya implementasi odoo

Kami memperkirakan biaya implementasi setelah kami memahami dengan jelas kasus bisnis Anda, ruang lingkup yang diperlukan, dan kompleksitas sistem masa depan. Anda dapat memesan rapat dengan konsultan kami untuk membahas lebih lanjut tentang kasus Anda.

hosting server

Odoo dapat di-host di cloud atau di server lokal Anda. Bergantung pada ukuran basis data Anda, jumlah pengguna & ruang lingkup sistem Anda, biaya bulanan untuk hosting Odoo Anda mulai dari 80 USD. 

kesimpulan 

Odoo ditujukan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki ambisi dan keinginan untuk meningkatkan performansi dalam bidang manajemen. Sistem manajemen ini dapat membantu dan mempermudah segala sesuatu mengenai manajemen. Odoo tidak membatasi jenis, kategori dan skalabilitas perusahaan-perusahaan yang akan menggunakannya karena odoo dapat diaplikasikan baik pada bidang, sector maupun segala jenis skala perusahaan.



elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "mengenal aplikasi odoo erp kelebihan kekurangan fitur dan harga"