Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

sejarah asal usul rumpun kambing etawa

halo kawan kawan semuanya, kali ini saya akan membagikan arikel tenang sejarah asal usul rumpun kambing.

sejarah asal usul rumpun kambing

Kambing merupakan hewan ruminansia yang sudah di domestikasi sejak 10.000 tahun lalu di Pegunungan Zagros dari Fertile Crescent.  Bezoar (Capra aegragus) kemungkinan merupakan salah satu tetua liar ternak kambing domestik, tapi ada kemungkinan bahwa spesies lain seperti C. falconeri, berkontribusi terhadap pool genetik dari spesies domestik.

sejrah asal usul rumpun kambing etawa
sejrah asal usul rumpun kambing
 Kambing liar Capra aegagrus di dunia ini di bagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok bezoar dari pasang (C.a. aegagrus), kelmpok ibeks (C.a. ibex), dan kelompok markhor (C.a. falconeri).

Setiap kelompok meliputi beberapa subspesies yang terpisahkan secara geografi. Pada mulanya ada tiga masa spesies terdiri kelompok tersebut, akan tetapi karena persilangan antara kelompok hewan ternyata bisa menghasilkan keturunan yang subur.
berikut adalah peta penyebaran kambing piara ke asia timur dan asia tenggara

peta penyebaran kambing piara ke asia timur dan asia tenggara.jpg
peta penyebaran kambing piara ke asia timur dan asia tenggara
 kambing piara dari Asia Barat menyebar ke Timur melalui dua jalan utama. Pertama, dari Persia dan Afganistan melalui Turkestan ke Mongolia atau Cina Utara, yang dinamakan lintasan sutera, yang terjadi pada sekitar 2000 tahun sebelum Masehi. Kedua, kearah anak benua India melalui Khyber Pass. Jalan ini sangat tua, yaitu sejak orang Indo-Aryan mengetahuinya pada sekitar 2000 tahun sebelum Masehi.

Dengan demikian, Mongolia, Cina dan India menerima kambing piara dari Barat dengan perantaraan para pengembara. Jalan ini diduga atas konfirmasi dari peninggalan-peninggalan lama dari hasil penelitian. Dari anak benua India, kambing piara ini menyebar ke pulau Sumatera, Jawa. Kalimantan, Sulawesi, Philipina dan terus ke Jepang.

 Dari hasil adaptasi ini muncullah berbagai spesies dan karakter spesifik diberbagai daerah, hasilnya kambing Etawah dari Jamnapari India, kambing Apin dari pegunungan Alpen di Swiss, kambing Saanen dari Swiss, kambing Anglo Nubian dari Nubian timur laut Afrika, kambing Beetel dari Rawalpindi dan Lahore, Pakistan serta di Punjab, India.

banyaknya jenis kambing yang ada di dunia kambing Etawah dari India adalah yang paling terkenal, hal ini disebabkan karena kambing Etawah merupakan kambing unggul dwiguna yang sangat potensial sebagai penghasil daging dan susu.


sumber booklet KAMBING PERANAKAN ETAWAH (PE)  Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 2016
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "sejarah asal usul rumpun kambing etawa"