Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Warna Kehitaman pada Tulang Ayam Goreng

elinotes.com  Ayam goreng sangat digemari oleh masyarakat Indonesia terutama ayam goreng
Berbagai jenis ayam goreng tersedia untuk memenuhi selera konsumen. 

Warna Kehitaman pada Tulang Ayam

Saat kita makan ayam goreng, khususnya paha atas (thigh) dan paha bawah (drumstick) ayam, kadang kita jumpai di sekitar tulangnya berwarna kehitaman (dark bone atau black bone syndrome), Kadang juga pada tulang sayap. 

ayam goreng di indonesia
ayam goreng di indonesia
sering sekali jika kita membeli ayam goreng Mengapa Kadang kdang Ditemukan Warna Kehitaman pada Tulang Ayam Goreng.  sebenarnya apakah penyebab warna hitam tersebut? berikut adalah pembahasan mengapa ada Warna Kehitaman pada Tulang Ayam Goreng.
penyebab warna hitam tulang pada ayam goreng
warna hitam tulang pada ayam goreng

penjelsan Warna Kehitaman pada Tulang Ayam Goreng


Apakah daging ayam goreng yang di sekitar tulangnya hitam berbahaya bagi kesehatan kita apabila dikonsumsi? Jawabnya tidak berbahaya, karena warna kehitaman tersebut bukan kuman berbahaya (mikrob patogen) dan bukan pula bahan kimia beracun.

Warna Kehitaman pada Ayam Goreng
Warna hitam tersebut disebabkan oleh zat warna darah (pigmen) yang disebut hemoglobin yang "merembes" keluar melalui tulang dari bagian dalam tulang atau yang dikenal sumsum tulang (umumnya tulang pada kaki ayam). Hemoglobin tersebut berubah warmanya saat daging ayam dipanaskan atau digoreng (hemoglobin berwarna merah).

Perembesan hemoglobin dari sumsum tulang hanya terjadi pada ayam di bawah umur sekitar 6,5 minggu, karena proses „pengapuran“ (kalsifikasi) tulang belum sempurna, sehingga tulang masih "berpori“ dan dapat ditembus hemoglobin.

Perembesan hemoglobin tersebut dapat dipicu pula oleh proses pembekuan, terutama pembekuan yang berlangsung lambat. Pembekuan lambat mengakibatkan terjadinya kristalis es pada sumsum tulang sehingga hemoglobin „terlepas“ dari sumsum tulang dan pada proses pencairan (thawing) daging ayam beku, hemoglobin merembes keluar dari sumsum tulang.

Mengingat umur ayam yang disembelih di Indonesia umumnya di bawah 6 minggu, maka warna kehitaman memungkinkan terjadi, apalagi dipicu oleh pembekuan yang kurang baik.

pencegahan agar agar ayam goreng tidak Warna Kehitaman

Bagaimana pencegahan agar tidak terjadi warna kehitaman pada tulang ayam goreng? berikut adalah tips dan triknya

  • Disarankan agar daging ayam dibekukan dengan cepat. Pada rumah potong hewan unggas yang baik, pembekuan cepat dilakukan menggunakan "blast freezer" (minimum suhu minus 34 derajat Celcius).
ayam goreng agar tidak hitam
tips ayam goreng agar tidak hitam

  • Sebelum daging ayam dibekukan, sebaiknya daging ayam dibumbui (marinasi) atau "diungkep". Jika nanti akan digoreng, daging ayam beku sebaiknya langsung digoreng dalam keadaan beku dalam minyak panas yang merendam seluruh bagian daging ayam.
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "Warna Kehitaman pada Tulang Ayam Goreng"