Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

mengenal wikimedia foundation dan wikimedia indonesia

halo kawan kawan semuanya, kali ini saya akan mengenal wikimedia foundation dan wikimedia  indonesia dan prodak prodaknya. tulisan ini saya buat setelah mengikuti wiki latih purwokerto yang diadakan tanggal 22 september kemarin. ternyata wikipedia adalah salah satu prodak dari wikimedia foundation. untuk lebih jelasnya simak artikel berikut.

Wikimedia Foundation

wikimedia foundation adalah organisasi  nirlaba yang menyediakan infrastruktur penting untuk berbagi ilmu  pengetahuan secara gratis.
mengenal wikimedia foundation
mengenal wikimedia foundation 
wikimedia foundation menyelenggarakan Wikipedia, ensiklopedia online gratis, dibuat, diedit, dan diverifikasi oleh sukarelawan di seluruh dunia, serta banyak proyek komunitas penting lainnya. Semua ini dimungkinkan berkat sumbangan dari orang-orang seperti Anda.
logo wikimedia
logo wikimedia 
 Kami menyambut siapa pun yang berbagi visi kami untuk bergabung dengan kami dalam mengumpulkan dan berbagi pengetahuan yang sepenuhnya mewakili keragaman manusia.

Wikimedia Indonesia

 Wikimedia Indonesia adalah organisasi nirlaba berbentuk perkumpulan dan merupakan mitra lokal dari Wikimedia Foundation, pengelola situs populer dunia, Wikipedia dan proyek-proyek wiki lainnya.
logo wikimedia indonesia
logo wikimedia indonesia
wikimedia indonesia didirikan tahun 2008 dengan moto "bebaskan ilmu pengetahuan". wikimedia indonesia berfokus untuk mendorong pertumbuhan , pengemnbangan dan penyebaran ilmu pengetahuan dalam bahasa indonesia, bahasa daerah secara bebas dan gratis. wikimedia indonesia merupakan mitra lokal wikimedia foundation, pengelola situs wikipedia dan berbagai proyek wiki lainnya.
wikimedia indonesia mendukung proyek proyek wiki yang dinaungi oleh wikimedia foundation dalam bahasa indonesia dan bahasa bahas lain yang diperuntukan di indonesoa.

Visi wikimedia indonesia

visi wkimedia indonesia adalah “Bayangkan suatu dunia tempat setiap insan manusia bisa berbagi beragam pengetahuan secara bebas”

Tujuan wikimedia indonesia

Berdedikasi mendorong pertumbuhan, pengembangan & penyebaran pengetahuan dalam bahasa Indonesia dan bahasa lainnya yang dipertuturkan di Indonesia secara bebas dan gratis.

Versi Bahasa daerah Yang Sudah Memiliki WIKIPEDIA Sendiri yaitu:


  • wikipedia Bahasa Indonesia
  • wikipedia Bahasa Aceh
  • wikipedia Bahasa Banjar
  • wikipedia Bahasa Banyumasan
  • wikipedia Bahasa Bugis
  • wikipedia Bahasa Gorontalo
  • wikipedia Bahasa Jawa
  • wikipedia Bahasa Melayu
  • wikipedia Bahasa Minangkabau
  • wikipedia Bahasa Sunda
  • wikipedia Bahasa Tetun


proyek wikimedia yang masih digodog (belum dirilis) versi beta.


banyak sekali proyek yang masih belum dirilis atau veris beta dan digodog oleh wikimedia incubator diantaranya adalah:


  • wikipedia bahasa bali
  • wikipedia bahasa using
  • wikipedia bahasa renjang
  • wikipedia bahasa batak
  • wikipedia bahasa madura
  • wikipedia bahasa selayar
  • wikipedia bahasa nias
  • wikipedia bahasa pamona



  • wiktionary bahasa minang
  • wikisourch bahasa jawa
  • wikinews bahasa indonesia
  • wikibook bahasa sunda


proyek proyek wikimedia indonesia

ada banyak sekali proyek proyek wikimedia, berikut adalah beberapa diantaranya
priyek proyek wikimedia indonesia
priyek proyek wikimedia indonesia

wikipedia

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. 
logo wikipedia
logo wikipedia
Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet

wikidata

logo wikidata
logo wikidata
Wikidata bertindak sebagai pusat penyimpanan untuk data terstruktur dari proyek saudara Wikimedia termasuk Wikipedia, Wikivoyage, Wiktionary, Wikisource, dan proyek wiki lainnya.

wikilatih 

logo wiki latih
logo wiki latih
wikilatih adalah program pelatihan penyutingan wikipedia dalam berbagai bahasa.

wiki masuk sekolah (WMS) 

wiki masuk sekolah atau (WMS) adalah progrram pendidikan terintegrasi kurikulum di instansi pendidikan. bertujuan memperkenalkan wikipedia sebagai alat belajar mengajar di insrtansi pendidikan.

wiki magang

wiki magang adalah program pengembangan komunitas dengan membuka lowongan magang sebagai narakomunitas di Ruang Komunitas Wikipedia indonesia

wiki respati 

wiki respati adalah program retensi untuk meningkatkan minat peserta pelatihan supaya terus berkontrinbusi di wikipedia

wiki modul 

wiki modul adalah pembuatan buku panduan untuk pelatihan dan penyuntingan wikipedia.

wiki galam (Galeri), Libralires (perpustakaan) Archives(lembaga arsip) Museums (musium)

wiki galam adalah sebuah proyek atau program yang ditujukan untuk memperkaya konten lokal indonesia di internet sebagai bagian dari upaya wikimedia indonesia dalam membebaskan pengetahuan. Wiki GALM berfokus pada digitalisasi naskah, majalah, teks, objek, dan foto yang terdapat pada instansi-instansi GLAM: Galeri perpustakaan, lembaga arsip dan museum. selain di indonesia, program serupa juga dilakukan juga oleh sukarelawan sukarelawan di sejumlah negara lain, sehingga GLAM menjadi salah satu program kunci WIKIMEDIA.

Wiki Komunitas 

wiki komunitas adalah program dan merupakan wujud dukungan wikimedia indonesia terhadap komunitas sukarelawan proyek proyek wikimedia agar mereka mamu mengembangkan konten, khususnya konten lokal. pada preiode ini , terdapat 3 sub program komunitas yaitu pengembangan komunitas, dukungan komunitas, dan konfrensi.

pengembangan komunitas menguayakan agar komunitas terbantu secara finansial dalam penyelenggaraan rapat, dan kegiatan komunitas. dukungan komunitas membantu pendanaan kegiatan komunitas yang bertujuan memperkaya konten konten lokal yang ada di proyek proyek wikimedia.  konfrensi adalah agenda tahunan yang menjadi ajang berkumpulnya komunitas seindonesia untuk berbagi pengalaman dan ide terkait upaya mereka meningkatkan mutu konten proyek proyek wikimedia.

wiktionary

kamus bebas berbahasa Indonesia yang dapat disunting

wikibook

wikibook atau WikiBuku adalah salah satu proyek Wikimedia bermula 10 Juli 2003. Sejak itu, sukarelawan telah menulis sekitar 3.755 modul berjumlah puluhan buku.
WikiBuku menerima tulisan orisinil maupun tulisan-tulisan yang sudah pernah diterbitkan sebelumnya, selama penulisnya bersedia melepas tulisan tersebut dengan lisensi Creative Commons CC-BY-SA dan Ketentuan Penggunaan.

wikiqueote

Wikiquote (KutipanWiki)adalah proyek saudara dari Wikipedia, Didasarkan oleh gagasan Daniel Alston dan diimplementasikan oleh Brion Vibber, gol proyek ini adalah untuk menghasilkan referensi luas kutipan secara kolaboratif (bekerja-sama) dari orang-orang terkemuka, buku dan ungkapan, dan untuk memberikan detail mengenai mereka.
wikisource

dan masih banyak proyek wikimedia indonesia lainnya seperti wikijelajah

wiki saraswati

wiki cinta budaya

hibah wikimedia indonesia

wikiversity

wikispecies

media wiki

wikidata

wiki commons

wiki voyage

wikimedia meta wiki

wiki incubator

wikimedia could service

wikimedia foundation

elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "mengenal wikimedia foundation dan wikimedia indonesia"