Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

budidaya dan cara menanam buah tomat

tanaman tomat

Tanaman tomat banyak dibudidayakan di dataran tinggi, dataran sedang ataupun dataran rendah.
menanam buah tomat
menanam buah tomat
Tomat termasuk tanaman semusim yang berumur sekitar 4 bulan. selain itu tanaman tomat merupakan tanaman hortikultura yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, sehingga tidak heran banyak petani yang membudidayakan atau menanam buah tomat sebagai sumber penghasilan.
cara budidaya buah tomat yang baik
cara budidaya buah tomat

Tomat memiliki  nama latin Lycopersicon esculentum Mill ,merupakan sayuran buah dengan banyak kegunaan.

pemanfaatan buah tomat

Umumnya buah tomat mempunyai kegunaan dikonsumsi sebagai bumbu sayuran dan sebagai bahan untuk campuran sambal.
buah tomat untuk bahan sampuran sambal
buah tomat untuk bahan sampuran sambal

Selain itu, pemanfaatan tomat dapat dimakan segar, dibuat juice buah, diolah menjadi selai,saus, dodol, dan sari buah serta bahan baku industri makanan.

ciri buah tomat yang bagus

Buah tomat umumnya berbentuk bulat,bulat pipih, atau oval, berkulit tipis, halus, danbila sudah matang berwarna merah muda,merah, atau kuning.
ciri buah tomat yang baik
ciri buah tomat yang baik

berat buah tomat

Berat buah tomat sangat bervariasi, antara 50 - 250 g per buah. Setiap100 g buah tomat mengandung vitamin A 1500 SI, vitamin C 40 mg, fosfor 27 mg, dan kaloriatau energi 20 kall. buah tomat merupakan sumber vitamin dan mineral.
kandungan nutrisi buah tomat
kandungan nutrisi buah tomat

buidaya buah tomat masih tergolong rendah, Rendahnya produktivitas di tingkat petani disebabkan karena petani belum menerapkan teknologi budidaya secara sempurna. berikut adalah cara menaman buah tomat.

cara menanam buah tomat

berikut adalah cara menaman buah tomat yang mudah dipraktekan.

lahan menanam tomat

sebelum menanam buah tomat maka sebelumnya dilakukan pemgolahan lahan. tanaman Tomat membutuhkan tanah gembur dan kaya humus, serta pH antara 6,0 - 7,0.
pengolahan lahan buah tomat
pengolahan lahan buah tomat
Tanaman tomat dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggin 1500 mdpl, dengan temperatur siang hari 24°C dan malam hari antara 15°C -20°C. Tanaman tomat memerlukan sinar matahari minimal 8 jam perhari dengan curah hujan berkisar antara 750 -1250 mm per tahun atau 100 - 200 mm perbulan.

pengolahan tanah tanaman tomat

Pengolahan tanah  tanaman tomat dilakukan dengan cara dibajak,cangkul atau traktor dengan kedalaman 20 - 30 cm, dibiarkan beberapa hari agar terkena sinar matahari. fungsi nya untuk menghindari kemungkinan adanya hama dan penyakit yang akan menyerang tanaman tomat.
pengolahan tanah tanaman tomat
pengolahan tanah tanaman tomat

Setelah tanah disisir dibuat bedengan dengan lebar 110 cm dan panjang tergantung lahan.Bedengan sebaiknya memanjang dari arah timur ke barat.


mentyemai benih buah tomat

Benih tomat yang baik atau bagus diperoleh dari buah tomat yang sehat dan tidak cacat serta matang penuh. Berdasarkan hasil kajian BPTP Sulawesi Tengah, varietas Arthaloka,Permata, Zamrud, Mirah, Oval dan Donnamerupakan varietas yang cocok untukdataran rendah, dengan hasil yang bervariasiantara 1,5-2,6 kg per pohon.

Sebelum biji diambil dari buahnya, buah tomnat diperam dahulu selama 3 hari sampai buah tomat berwarna merah gelap dan lunak, kemudian biji tomat dikeluarkan, dicuci dengan air bersih didalam ember, ditiriskan dan dikering lalu dianginkan tanpa terkena cahaya matahari langsung selama 5 - 6 hari. Setelah benih tomat kering, benih disemaikan terlebih dahulu di persemaian (bedengan atau kantong plastik), setelah berumur 2 - 3 minggu (berdaun 3 4 helai)sejak semai, bibit dipindahkan ke kebun.

penamanan benih tomat

Penanaman benih tomat ada baiknya  dilakukan pada sore hari dengan jarak tanam 50 - 60 x 70 cm, setelah ditanam segera diberi tutup dari daun-daunan atau pelepah pisang. Tutup dibuka setelah 4 -5 hari.
penanaman benih tomat
penanaman benih tomat

pemupukan tanaman buah tomat

Pemupukan tanaman tomat diberikan di sekeliling tanaman tomat pada jarak 5-15 cm dari batang, tergantung umur tanaman tomat dengan dosis berdasarkan analisis tanah. Berdasarkan kajian BPTP dengan takaran pupuk 80 - 100 kg Urea + 350-450 kg ZA+200 -250 kg SP36 + 85 - 170 kg KCl per hektar dapatmeningkatkan produktivitas di tingkat petani.Penyiraman dilakukan setiap 3 hari dimulai saat tanam sampai berbunga dan setiap 2 harisetelah tanaman berbunga, atau tergantung curah hujan.Agar batang dan cabang-cabang tidakmenjalar di tanah atau roboh maka batang dancabang-cabang tersebut diikat pada ajir denganketinggian 1 -1,75 cm atau tergantung varietas.Penyiangan dapat dilakukan dengan mencabut gulma disekitar tanaman dengan menggunakan tangan ataupun alat lainnya.Dilakukan 2-3 kali, tergantung keadaan gulma di lapangan.

pemanenam buah tomat

Waktu panen untuk setiap varietas tanaman tomat berbeda-beda, berkisar antara umur 2,5 - 3bulan. Ciri buah tomat yang telah siap dipanen berwarna hijau, oranye atau merah dengan bentuk buah tidak terlalu keras lagi.
pemanenan dan pemetikan buah tomat
pemanenan dan pemetikan buah tomat

 Pemetikan tomat dilakukan 10 - 15 kali per musim tanam dengan selang 2-3 hari sekali.

contoh pengemasan panen tomat
contoh pengemasan panen tomat


kandungan buah tomat

secara umum kandungan utama buah tomat adalah air atau cairan dan serat sehingga sangat bagus untuk kelancaran pencernaan.
tabel kandungan buah tomat
tabel kandungan buah tomat

tabel kandungan nutrisi gizi buah tomat
tabel kandungan buah tomat


selain itu buah tomat mengandung vitamin, dan mineral, serta mengandung lemak yang rendah. berikut adalah tabel atau gambar manfaat tomat untuk kesehatan.
manfaat tomat untuk kesehatan
manfaat tomat untuk kesehatan
 sekian semoga artikel budidaya dan cara menanam buah tomat semoga bermanfaat.
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "budidaya dan cara menanam buah tomat"