Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara menanam buah semangka

tanaman buah Semangka

tanaman buah semangka merupakan tanaman semusim, dan tanaman buah berupa herba yang tumbuh merambat.

tanaman semangka tanaman herba
tanaman semangka tanaman herba

buah semangka banyak digemari karena memberikan rasa segar terutama jika dimakan pada waktu cuaca panas. dalam bahasa Inggris buah semangka disebut Water Mellon.
buah semangka water mellon
buah semangka water mellon
 berikut ini adalah cara menanam buah semangka

penanaman buah semangka

Penanaman semangka umumnya dilakukan di lahan sawah setelah padi dengan memanfaatkan air irigasi, namun tidak menutup kemungkinan bila dibudidayakan di lahan kering yang memiliki sumber air kecil pada musim kemarau dengan memanfaatkan teknologi tandon air/embung.
menanam buah semangka
menanam buah semangka

Dengan pengelolaan air dari tandon air/embung memungkinkan diperoleh keuntungan yang lebih tinggi jika dimanfaatkan untuk berusahatani semangka dibandingkan dengan tanaman lain
seperti jagung dan kacang tanah.

syarat menanam semangka

buah Semangka biasanya di tanam pada dataran rendah dan akan berhasil baik bila ditanam dengan keadaan daerah sebagai berikut
Ketinggian 100-300 m dpl.
  • Topografi datar, tekstur tanah berpasir atau lempung berpasir, struktur remah dan gembur, banyak mengandung bahan organik, pH berkisar 5,9-7,2.
  • Tempat terbuka, penyinaran penuh dengan kisaran suhu 22' C-30'C dan
  • kelembaban kurang dari 80%.
  • Rata-rata curah hujan 40-50 mm/bulan.

tanah untuk menanam semangka

Kondisi tanah yang cocok untuk tanaman semangka adalah tanah yang cukup gembur, kaya bahan organik. Bedengan tanah dibuat dengan lebar 3 meter dan bagian yang diolah hanya 80-100 cm dari pinggir, sedangkan bagian tengahnya cukup dibabat saja.
pada pinggir guludan dibuat saluran drainase dengan lebar 40 cm dan kedalaman ± 10-15 cm, yang nantinya digunakan untuk mengairi/penyiraman.
petani sedang menanam semangka
petani sedang menanam semangka


lubang untuk menanam semangka

Pembuatan lubang dan pemberian pupuk kandang Lubang tanam dibuat pada guludan dengan ukuran 20x20x20 cm, dan jarak antar lubang ± 1 meter. Pupuk kandang diberikan seminggu sebelum
tanam sebanyak 2-3 kg setiap lubang dengan cara mencampurkan pada tanah galian lubang.

Pembibitan semangka

Jenis benih semangka yang dipilih adalah Hibrida impor.
· Benih direndam dalam larutan Benlate atau Dithane M-45 (0,5-1 gram/liter) selama ± 6 jam.
· Siapkan 3 lembar kertas koran yang telah dibasahi, letakkan/susun benih yang telah direndam kemudian tutup dengan 3 lembar kertas koran yang telah dibasahi dan selama + 2 hari usahakan kertas koran dalam keadaan lembab.
· Setelah benih berkecambah dapat dipindahkan ke kantong plastik/polybag dengan media semai dari tanah dan pupuk kandang (3 :1).
· Persemaian/polybag ditempatkan pada tempat terbuka dengan diberi naungan yang dapat diatur.
· Pemeliharaan bibit meliputi penyiraman, pengaturan naungan dan pengendalian hama dan penyakit.

buah semangka
buah semangka
Agar benih semangka dapat tumbuh baik, sehat dan cepat beradaptasi dengan lingkungan maka perlu disesuaikan terlebih dahulu dengan kegiatan sebagai berikut:

Penanaman semangka

Bibit semangka siap dipindahkan apabila telah berdaun 4 lembar (berumur 14 hari). Bibit ditanam pada lubang tanam yang telah disiapkan 2 tanaman per lubang. Penanaman bibit dilakukan dengan cara membasahi media bibit kemudian kantong polybag disobek dengan pisau dan dilepas, lalu
bibit ditanam sebatas leher akar tanaman.

Panen buah semangka

Panen semangka  dilakukan apabila buah sudah masak.
panen buah semangka
panen buah semangka
buah semangka yang masak ditandai dengan sudah mengeringnya sulur dekat tangkai buah atau tangkai buah sudah kekuningan dan bila buah diketuk terasa bergetar.
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "cara menanam buah semangka"