Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

fase fase perkebangan perut rumen sapi

perkebangan perut rumen sapi

perut atau lambung pada ternak ruminansia seperti sapi dan kerbau memiliki peranan yang sangat penting, terutama bagian rumen kerana untuk proses fermentasi makanan pada ternak sapi.
seperti yang kita ketahui perut atau lambung sapi terdiri dari 4 ruang atau bagian yaitu rumen, retukulum, omasum dan abomasum.
bagian bagian perut atau rumen sapi
bagian bagian perut atau rumen sapi

tetapi pada saat lahir rumen belumlah sempurna. berikut adalah fase fase perkembangan rumen pada ternak sapi yaitu :

1. Fase nonruminansia

Yaitu fase dari saat sapi lahir sampai umur dua minggu. pada fase ini Semua kompartemen telah berkembang, kecuali lamina pada omasum.
Ukuran kompartemen pada saat lahir adalah : terbesar abomasum, yaitu 50%, rumen dan retikulum 30% dari seluruh kompartemen.

2. Fase Transisi

Yaitu fase yang terjadi pada sapi umur 2-6 minggu setelah lahir.  Dimana terjadi proses perubahan ukuran kompartemen, yaitu ukuran abomasum berangsur-angsur menjadi lebih kecil; ukuran rumen dan retikulum menjadi lebih besar.

3. Fase Ruminansi

Yaitu fase sapi setelah masa transisi berakhir:  umur sapi diatas 6 minggu.   pada fase ini Ukuran kompartemen sudah baku.

dari ketiga fase diatas dapat disimpulkan bahwa perut sapi atau lambung sapi mengalami perkembangan Ukuran reticulo-rumen meningkat dengan cepat segera setelah hewan mulai makan makanan kering.




lambung sapi bagian Abomasum secara berangsur-angsur mengalami kemunduran dalam ukuran relatif, meskipun tidak dalam ukuran absolut, dan omasum berkembang secara perlahan.


agar paham bagaimana perut sapi bekerja baca juga
 anatomi dan cara kerja perut sapi
kenapa hewan memakan rumput

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Rumen atau lambung sapi yaitu:

1. Makanan: makanan kasar (padat) merupakan stimulus fisik bagi perkembangan rumen, perangsang bagi pertumbuhan papillae.

2. Produk fermentasi : VFA (volatile fatty acid) merupakan perangsang kimia bagi pertumbuhan papillae rumen

Ternak ruminansia membutuhkan perkembangan rumen secara fisik dan fungsional untuk dapat mengkonsumsi pakan berserat guna memenuhi kebutuhannya. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan rumen sangat penting bagi ternak ruminansia, rumen tidak akan berkembang dengan baik jika kebutuhan pakan untuk perkembangannya tidak tersedia.

sekian semoga artikel fase fase perkebangan perut rumen sapi ini bermanfaat
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "fase fase perkebangan perut rumen sapi"