Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kasus vandalisme wikipedia usaha pencegahan perlindungan wikipedia

hay sahabat elinotes,kali ini aku akan membahas mengena viandalisme (perusakan) halaman di wikipedia. tulisan ini adalah tanya jawab saya di forum quora dengan pak Revi Soekatno, salah satu pendiri wikipedia bahasa indonesia  

vandalisme di wikipedia

vandalisme atau perusakan artikel di wikipedia sudah  menjadi hal biasa ditemui. menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia vandalisme  adalah "perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lainnya" atau "perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas.
pperusakan vandalisme halaman wikipedia oleh orang tidak bertanggung jawab
perusakan halaman wikipedia oleh orang tidak bertanggung jawab

maraknya vandalisme di wikipedia menurut Revi Soekatno, salah satu pendiri wikipedia bahasa indonesia sudah menjadi hal biasa. berikut sekilas tentang profil pak revi soekanto atau Revo Arka Giri Soekatno .

Revo Arka Giri Soekatno biasa dipanggil Revo atau Revi lahir di Ambon, Indonesia, 2 Agustus 1975 beliau adalah salah seorang pendiri Wikipedia bahasa Indonesia (WBI) dan Wikipedia bahasa Jawa.
profil Revo Arka Giri Soekatno
Revo Arka Giri Soekatno

Masa kecilnya berpindah-pindah sesuai penempatan kerja ayahnya. Kedua orang tuanya berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Revo juga adalah seorang peneliti, wiraswastawan, dan penulis buku. selain itu beliau juga aktif di quora terutama quora bahasa indonesia .
profil quora revi soekanto
profil quora revi soekanto

contoh vandalisme di wikipedia

berikut ini adalah gambar contoh contoh perusakan atau vandalisme yang ada di wikipedia
contoh perusakan atau vandalisme di wikipedia
contoh vandalisme di wikipedia



contoh perusakan di wikipedia
contoh perusakan di wikipedia
penyerangan vandalisme kpai di wikipedia
penyerangan kpai di wikipedia
saya pernah bertanya kepada beliau melalui platfom tanya jawab quora, kurang lebih beliau menjawab seperti ini 

jawaban revi soekanto salahsatu pendiri wikipedia indonesia
jawaban revi soekanto salahsatu pendiri wikipedia indonesia
Vandalisme di Wikipedia itu sudah hal biasa. Mereka melakukannya karena mereka bisa dan mereka anggap anonim, padahal jejak digital alamat IP mereka terekam. Tentu ada yang menggunakan VPN, tetapi jarang, kecuali "orang dalam". Ya, betul, ada juga pengurus yang suka memvandal atau menyalahgunakan Wikipedia.

Sebenarnya kalau kita tahu bahwa akan ada serangan vandalisme tertentu, beberapa halaman bisa dilindungi dan tidak ada yang bisa mengubahnya, kecuali pengurus.

Ya itulah salah satu sisi gelap Wikipedia. Tetapi sisi terangnya ialah bahwa gelombang serangan seperti ini biasanya hanya sesaat saja. Kalau mereka sudah puas melampiaskan amarah mereka, ya sudah.

mencegah vandalisme di wikipedia

sebenarnya pihak wikipedia sudah melakukan upaya agar meminimalisir perusakan atau vandalisme di wikipedia, salah satunya dengan perlindungan halaman wikipedia.
jenis jenis perlindungan halaman di wkipedia
perlindungan halaman di wkipedia

fungsi Pelindungan halaman ini berfungsi untuk mencegah pengguna tertentu untuk membuat perubahan terhadap halaman tersebut.

jenis pelindungan halaman

berikut adalah beberapa jenis pelindungan halaman yang ada pada wikipedia.

PELINDUNGAN PERMANEN

Jenis pelindungan ini akan melindungi ruang nama MediaWiki dan halaman Istimewa, hanya para pengurus yang dapat menyunting halaman ini.

PELINDUNGAN PENUH

Jenis pelindungan ini akan melindungi Halaman Utama dan juga templat berisiko tinggi, hanya para pengurus yang dapat menyunting halaman ini. Umumnya pelindungan akan kedaluwarsa dalam beberapa hari.

PELINDUNGAN SEBAGIAN

Jenis pelindungan ini akan melindungi halaman yang sering divandal oleh pengguna awanama.
 Halaman masih dapat disunting oleh pengguna terkonfirmasi otomatis dan pengurus. Umumnya pelindungan akan kedaluwarsa dalam beberapa hari.

PELINDUNGAN DARI PEMBUATAN

Jenis pelindungan ini akan mencegah pembuatan artikel yang sudah dihapus berkali-kali karena dianggap tidak memenuhi standar kelayakan artikel.

PELINDUNGAN DARI PEMINDAHAN

Jenis pelindungan ini akan melindungi artikel supaya tidak dapat dipindahkan ke judul baru kecuali jika dilakukan oleh pengurus.

sekian semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wwasan kawan pembaca semuanya.
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "kasus vandalisme wikipedia usaha pencegahan perlindungan wikipedia"