Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

pengertian perkembangbiakan secara generative Ovivipar Vivipar dan Ovovivipar

halo kawan semuanya, kali ini saya kan membagikan artikel tentang pengertian perkembangbiakan maluk hidup. diartikel ini akan dibahas contoh hewan vivipar, ovovivipar dan hewan ovipar. tak lupa diartikel ini akan dibahas juga ciri-ciri hewan ovovivipar dan hewan ovipar.

hewan ovovivipar dan hewan ovipar.

setiap mahluk hidup akan mengadakan perkembang biakan  untuk kelangsungan hidupnya. salah satunya dengan cara generative atau perkawinan.
perkembangbiakan hewan secara generativ
perkembangbiakan hewan

Perkembangbiakan generative adalah perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara perkawinan. Perkawinan ini terjadi apabila sel dari spesies jantan bertemu dengan sel dari spesies betina. Dari perkawinan tersebut akhirnya menghasilkan keturunan dari jenis yang sama dari induknya.

Perkembangbiakan secara generative dibagi menjadi 3 yaitu  Ovivipar (Bertelur), Vivipar (Beranak) dan Ovovivipar (Bertelur dan Beranak).
pengertian perkembangbiakan ovipar vivipar dan ovovivipar
pengertian ovipar vivipar dan ovovivipar
 
berikut adalah pembahasannya.

Ovipar

Pengertian ovipar, yaitu perkembanganbiakan dengan cara bertelur. Ovipar adalah salah satu cara berkembang biakkan hewan dengan cara bertelur, yang pada umumnya mempunyai ciri-ciri telurnya dierami sampai menetas. Menurut Kamus besar bahasa Indonesia ( KBBI ), ovipar adalah jenis reproduksi yg mengakibatkan telur yangg dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya

Embrio hewan Ovivipar berkembang didalam telur dengan memanfaatkan cadangan makanan yang ada di dalam kuning telur, sedangkan telur berada di luar tubuh induknya. agar menetas, telur biasanya dierami.

Ciri-ciri hewan berkembang biak dengan Ovivipar (Betelur):

  • Tidak mempunyai daun telinga.
  • Tidak menyusui anaknya.
  • Biasanya bukan golongan mamalia.
  • Tidak mempunyai kelenjar susu.
  • Biasanya hewan unggas.
  • Induk mengerami telur.

contoh hewan ovivipar

contoh hewan ovivipar adalah dari bangsa unggas (bangsa burung) ikan dan anfibi (hidup didua alam).
contoh bangsa burung seperti ayam , bebek, angsa, puyu. contoh lain bangsa reptil seperti buaya termasuk hewan ovivipar kerana berkembangbiak dengan bertelur dll
buaya hewan ovivipar berkembang biak dengan bertelur
buaya hewan ovivipar berkembang biak dengan bertelur
Buaya berkembang biak dengan bertelur, sehingga disebut dengan hewan ovipar. Terlu ini diletakkan di lubang atau sarang berupa gundukan tanah, tergantung pada spesies buaya tersebut. Buaya betina sangat melindungi sarang mereka dan anak-anak.

Vivipar

pengertian Vivipar, yaitu perkembanganbiakan dengan cara melahirkan/beranak. .Cara perkembang biakan ini pada umumnya terjadi pada hewan mamalia atau menyusui.

Embrio hewan vivipar berkembang di dalam tubuh iduknya dan mendapatkan makanan dari tubuh induknya melalui plasenta. setelah embrio atau anak hewan vivipar cukup umur akan dikeluarkan dari tubuh induknya atau dilahirkan.


Ciri-ciri Hewan Berkembang biak dengan Vivipar (Beranak):

  • Menyusui anaknya.
  • Biasanya termasuk hewan mamalia.
  • Mempunyai daun telinga.
  • Tubuhnya ditutupi dengan bulu atau rambut.
  • Induk mengandung keturunannya selama beberapa waktu.
  • Mempunyai kelenjar susu.
  • Perlu diketahui manusia juga berkembang biak dengan cara vivipar.

contoh hewan vivipar 

contoh hewan vivipar adalah dari keluarga mamalia, misalnya kambing, sapi, kerbau, babi, kera atau monyet, kucing, kuda , kelinci, paus,  lumba-lumba, harimau, singa dll.

Ovovivipar

pengertian ovovivipar yaitu perkembanganbiakan hewan dengan cara bertelur sekaligus beranak. embrio hewan ovovivipar berkembang di dalam telur yang masih berada di dalam tubuh induknya. setelah cukup umur, anak hewan menetas dan keluar dari tubuh induknya sehingga tampak seperti melahirkan.


Ciri-ciri hewan yang berkembang biak dengan ovovivipar

Hewan yang berkembang biak secara ovovivipar tidak memiliki ciri-ciri khusus atau mencolok. Akan tetapi perbedaan hewan ovovivipar dangan hewan lain hanyalah dari proses pembuahan hingga melahirkan. Tetapi secara fisik hewan ovivipar memiliki ciri-ciri seperti hewan ovipar.

contoh hewan ovovivipar

contoh hewan ovovivipar adalah, hiu, ular boa, kuda laut  dan kadal.

 
kadal contoh hewan ovovivipar
kadal contoh hewan ovovivipar


jika belum jelas silakan simak vidio apa itu ovipar, vivipar dan ovovivipar:


elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "pengertian perkembangbiakan secara generative Ovivipar Vivipar dan Ovovivipar"