Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Hamster agar sehat dan tidak mudah mati

Masih banyak orang-orang yang bingung bagaimana cara untuk merawat hamster agar selalu sehat dan tidak mudah mati. Padahal, merawat hamster sangat mudah kerana hamster merupakan hewan yang mudah untuk dirawat bahkan dikembangbiakan. Dari sekian banyak binatang yang sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan, Hamster merupakan salah satu pilihan yang paling tepat  karena tidak mudah mati, memiliki penampilan fisik yang imut, lucu membuat gemas dan yang paling penting mudah untuk dirawat. 
merawat hamster peliharaan
ilustrasi Merawat Hamster

Jika sudah mahir dalam merawat hamster maka Teman-teman boleh mencoba untuk mengembangbiakan hamster ini. Lumayan juga kan kalo bisa buka peternakan hamster.  
oke langsung saja saya  telah merangkum tata cara merawat hamster dengan baik dan benar agar mempermudah teman-teman semua untuk melakukan perawatan terhadap hewan imut yang satu ini.

Cara Merawat Hamster agar sehat tidak mudah mati Untuk Pemula

memberi Makanan Hamster

hamster juga mahluk hidup, jadi jangan Jangan pernah lupa memberi makan hamster. cara pemberian makanan yuntuk hamster sebaiknya di letakan di tempat makanan khusus hamster. jangan menyebarkan makanan di dasar kandang hamster. 

pemberian makanan hamster dengan cara disebar akan membuat kandang lebih mudah kotor dan juga membuat bau kandang. bau kandang mengandung gas amonia mengundang berbagai penyakit akan menyebabkan kematian. cara memrawat hamster pilihlah wadah makanan beratnya solid dan kuat  jangan pilih yang cenderung ringan. Wadah ringan mudah bergeser dan makanan dengan mudah tumpah. 


memberi minum Hamster

komposisi terbesar mahluk hidup seperti hamster adalah air, jadi jangan lupa memberi air minum yang cukup untuk hamster dan selalu tersedia (adlibitum). pemberian air yang kurang akan menyebabkan kematian hamster akibat dehidrasi kekurangan cairan. pemberian air yang cukup akan menghindarkan dari kematiuan dan hamster tumbuh dengan sehat. 

Kandang Hamster

kandang hamster
kandang hamster
menjaga kandang ternak hamster Ganti pasir atau serutan kayu atau sekam padi , yang Anda membuat setidaknya sekali dalam seminggu.tetappi jika kondisi kandang lembab Serbuk kayu (alas kandang) setidaknya harus diganti 3 hari sekali dan tidak boleh dibiarkan basah agar tidak menjadi sumber gas amonia dan sumber penyakit bagi hamster.

Salah satu manfaat dari alas kandang untuk membersihkan bulu hamster dan juga menyerap urin. urin yang tidak terserap sempurna oleh alas kandang inilah penyebab bau kandang, jadi usahakan selalu jaga kandang tidak lembab, tetap kering dan bersih.


Makanan Hamster

Memilih makanan yang tepat. makanan alami hamster sebagai hewan pengerat adalah biji bijian seperti biji bunga matahari. tetapi sebbaiknya Jangan memberikan biji bunga matahari setiap hari selalu variasikan dengan biji bijian lain seperti jagung, kacang tanah, kedelai, beras  dll.  Menggabungkan beberapa variasi dosis makanan hamster yang tepat akan membuat nutrisi yang terpenuhi dan sehat kuat. 

Bermain Dengan Hamster

tujuan bermain dengan hamster adalah agar hamster tidak setres dan ada aktifitas gerak tubuh. hamster yang bergerat dengan riang akan membuat menjadi sehat dan tidak mudah mati kerana setres

Sinar Matahari

sinar matahari mengandung sumberi vitamin D yang cocok untuk kesehatan tulang hamster. tetapi ingat Jangan menggantung hamster Anda di bawah sinar matahari berlebihan. memjemur dibawah sinar matahari secara berlebihan akan membuat hamster dehidrasi kekurangan cairan tubuh. usahakan jemur dibawah sinar matahari beberapa menit saja.

selain berfungsi sebagai sumber vitamin bagi hamster sinar matahari juga berfungsi untuk mencegah dan mengurangi kelembaban kandang hamster. kandang yang tidak lembab akan bebas penyakit dan bau amoniak kandang.

Kebersihan

Sebelum menangani hamster Anda, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun untuk bau asing lenyap dari tangan Anda. Mereka sangat sesitif terhadap bau. Mereka juga bisa mendeteksi Anda dari bau khas yang Anda miliki. Jika bau Anda lainnya, mereka akan menandai Anda sebagai orang asing. Jadi, tidak memakai wewangian mencolok ya.

Makanan Sembarangan

Tidak memberikan cokelat, jeruk, merah bawang, bawang, bawang putih, seledri, daun bawang dan makanan lainnya dengan aroma yang kuat. Meskipun, hamster omnivora adalah hewan yang bisa makan apa-apa, tapi tubuh mereka tidak ramah dengan makanan rasa yang kuat. Termasuk jeruk eraroma! Hati-hati. Hal ini sebenarnya tidak dalam kategori tips memelihara hamster, karena ini adalah ukuran yang harus dilakukan.

Memandikan Hamster Yang Benar

cara memandikan Hamster
cara memandikan Hamster
Cara memandikan hamster adalah dengan Jangan mandikan hamster langsung di dalam air. Selain itu, dengan perendaman. Hal ini akan memicu pneumonia! Mereka datang dari habitat padang pasir, tidak cocok dengan air. Dengan secara teratur mengganti serutan kayu atau zeloit pasir cukup untuk membersihkan bulu mereka.

Aksesoris Hamster

Cobalah melengkapi kandang dengan aksesoris seperti papan jungkat-jungkit, hamster bola atau Hamsterball, atau Jogging Wheel. tujuannya tentu agar hamster tidak malas bergerat dan tidak mudah sters. hamster yang sering bermain dan bergerat akan sehat dan terhindari dari kematian akibat stress. Dengan menambahkan mainan ini, hamster Anda akan aktiftas fisik jauh lebih aktif dan sering. Sama seperti manusia, itu menyehatkan.



Posisi Kandang Hamster

Menyimpan kandang hamster di tempat yang tidak ramai. Tempat bising cenderung mengganggu. Mereka suka tempat yang tenang. Di habitat aslinya, hamster membangun rumah di tempat yang paling tersembunyi. Jadi, mencari sudut rumah yang aman, nyaman dan tenang.


Memijat Hamster

Memanjakan mereka dengan pijatan lembut saat Anda sudah diakui sebagai teman. Hal ini akan membuat lebih dekat dengan Anda khususnya.

#faq seputar hamster

apakah hamster berbahaya ?

hamster Hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan ini tergolong hewan pengerat yang cukup jinak dan tidak berbahaya. selain itu ukuran yang kecil membuat hamster mudah dipegang dengan tangan.  hanya saja yang perlu diperhatikan adalah berhati hatilah dengan gigi hamster kerana hewan pengerat akan sering menggerakan gigi. jangan membiarkan jari anda dekat dengan gigi hamster kerana akan beresiko tergigit, jadi tetap harus berhati hati.

bagaimana agar kandang hamster tidak bau ?

pada dasarnya kandang hamster cepat bau apabila kandang dalam kondisi kotor dan lembab. salah satu mengatasi bau kandang adalah dengan cara mencegah kandang lembab dan bersih dari kotoran urin.
untuk pencegahan itulah selalu memberikan atau menambah sekam baru,. 

Demikianlah tata cara merawat hamster dengan baik dan benar agar tidak mudah sakit dan mati. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.
Salam Animal Lovers.

elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Hamster agar sehat dan tidak mudah mati"