Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Negara kecil gambia Africa

Negara gambia

Nama resmi Negara Gambia adalah Republik Gambia. negara ini terletak di benua Afrika tepatnya  di Afrika Barat.
gambia flag bendera
bendera gambia flag
Negara ini adalah awalnya merupakan Negara Republik Islam. Kendati berstatus Republik Islam, pemerintah negra gambia membolehkan warga negra memeluk agama lain. Gambia adalah negara Islam tapi sangat liberal (bebas).
gambia people
gambia people
Bukan hanya minuman dijual tetapi banyak orang Gambia yang bisa membuat bir sendiri yang terkenal dengan nama Julbrew.
Julbrew minuman khas negara gambia
Julbrew minuman khas negara gambia afrika

sejak persiden Yahya Jammeh lengser dan digantikan Adama Barrow, gambia berubah menjadi Negara Republik sampai sekarang
Adama Barrow presiden gambia sekarang
Adama Barrow merupakan presiden gambia sekarang

ibu kota

ibu kota gambia adalah Banjul, Kota ini diambil alih oleh Kapten Alexander Grant yang membangun dan menata kota ini dengan nama Bathurst.
gambia capital is banjul
gambia capital is banjul
Meski Banjul sebagai ibu kota Gambia dan merupakan kota terbaik di Gambia, tetapi Banjul bukanlah pusat perdagangan Gambia. Pusat bisnis perdagangannya ada di kota Serrekunda, yang berada 20 km dari kota Banjul.

Bahasa

Kerana merupakan bekas jajahan atau koloni inggris maka Bahasa Inggris adalah bahasa resmi dari Negara  Gambia.
gambia language is engish
gambia language is engish inggris
Bahasa lainnya adalah Mandinka, Wolof, Fula, Serer,Krio, Jola dan bahasa daerah adat lainnya. Karena lingkungan geografis negara, pengetahuan akan bahasa Prancis (bahasa resmi di sebagian besar Afrika Barat) relatif tersebar luas.

luas wilayah

negara gambia memiliki luas 10.689 kilometer persegi dengan populasi warga Negara sebanyak 1.857.181 jiwa
the gambia africa map
the gambia africa map

presiden gambia

Presiden  saat ini adalah Adama Barrow. sebelum Adama Barrow menjabat sebagai presiden, Yahya Jammeh.Yahya Jammeh adalah presiden  yang merubah Negara gambia sebagai Negara republic islam. 
presiden yahya jammeh mengubah negara gambia menjadi negara republik islam
yahya jammeh mengubah negara gambia menjadi negara republik islam

 Yahya Jammeh adalah seorang bekas tentara didikan Amerika yang berkuasa dengan cara melakukan kudeta berdarah pada tahun 1994. Gelar dia yang resmi adalah “Yang Terhormat Sheikh Professor Doktor Presiden”. Nama panjangnya adalah “Alhaji Sheikh Professor Dr Yahaya Abdul Aziz Jamus Junkung Jammeh”.

suku dan Etnis gambia

Etnis asli Negara gambia diyakini adalah  suku Diola, tetapi sayangnya sekarang populasi suku ini hanya tersis 10% dari penduduk Gambia.
gambia ras people
gambia ras people 
sebagian besar penduduk Gambia adalah campuran dari banyak suku, seperti suku Mandinka, Fula, Wolof, dan Serahuli.  Etnis terbesar di gambia  adalah etnis Mandika.

Agama Negara

Mayoritas warga negar gambia adalah muslim atau islam dengan 90 % sedangkan sisanya 8 % Kristen dan 2 % kepercayaan. Dalam jumlah kecil ada agama Buddha dan pengikut Baha.

Hari raya keagamaan

Sebagai Negara dengan mayoritas 90 % beragama islam  atau muslim maka libur nasional untuk beberapa hari raya keagamaan Seperti Tobaski (Idul Adha), Yaomul Asyura (tahun baru Islam), Maulid al-Nabi (kelahiran Nabi Muhammad), Koriteh (Idul Fitri) , Jumat Agung, Senin Paskah, Assumption Day, dan Hari Natal.
Tobaski  in gambia
Tobaski  in gambia

Team sepak bola

Team sepak bola nasional Gambira bernama “The Scorpions”

Makanan tradisional

tradisional gambia food
tradisional gambia food
Makanan tradisional Gambia adalah Domoda (saus mentega kacang), Supakanja (kacang rebus), Benachin (“Nasdio Jioklkliof”, yaitu campuran daging  dan nasi yang dibumbui yang dimasak dengan sup tomat dan sayur-sayuran, Base Nyebe (rebusan nasi ayam atau daging sapi dengan kacang ijo dan sayuran lainnya), Chere, Plasas, Fu-fu, dan Chura-gerteh.

elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "Mengenal Negara kecil gambia Africa"