Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

mengenal gula semut kristal banyumas

banyumas merupakan sebuah kota yang terletak di jawa tengah yang terkenal sebagai sentral penghasil gyula kelapa di indonesia. pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai gula semut kristal yang asli banyumas

Gula semut kristal banyumas

Gula semut atau gula kristal merupakan variasi inofasi dari gula kelapa organik(gula jawa) banyumas yang berwarna coklat kemerahan dan berbentuk butiran bubuk halus seperti pasir atau Kristal.
gula semut kristal organik banyumas
gula semut kristal organik banyumas

selain itu, dinamakan sebagai gula semut kristal juga kerana bentuk gula semut  memiliki kemiripan dengan rumah semut yang bersarang di tanah.
contoh sarang semut tanah
contoh sarang semut tanah

Gula semut Kristal organik banyumas

Kabupaten Banyumas terkenal memiliki banyak pohon kelapa. salah satu pemanfaatan pohon kelapa adalah dengan menyadapnya dan dijadikan bermacam olahan.
pemanfaatan pohon kelapa menjadi badeg
pemanfaatan pohon kelapa menjadi badeg
Sebagian besar banyumas memanfaatkan pohon kelapa untuk diambil niranya (badeg) untuk diolah menjadi gula kelapa dalam bentuk gula semut organic atau gula kristal organik.

nama lain gula semut kristal

Bahan dasar untuk membuat gula semut krital adalah nira kelapa (badeg) murni dari sadapan bunga pohon Kelapa (manggar).  pohon kelapa ini termasuk kedalam jenis tumbuhan palmae maka dalam bahasa inggris, orang orang asing atau bule secara umum menyebut gula semut sebagai Palm Sugar atau Palm Zuiker.
organic coconut palm sugar
organic coconut palm sugar

Perbedaan gula semut kristal dengan gula jawa biasa

Hal yang membedakan gula semut dengah gula merah (gula jawa) batangan  yaitu adalah  proses pembuatan gula semut kristal yang terbilang lebih rumit. Gula semut kristal dibuat hanya menggunakan bahan alami yaitu laru (campuran air kapur dan kulit manggis)  tanpa bahan pengawet  kimia jadi dipastikan aman buat kesehatan.

Manfaat gula semut kristal

Manfaat gula semut kristal sangat banyak seiring naiknya tingkat kesadaran kita terhadap kesehatan, gula semut organik akan menanjak popularitasnya.
manfaat gula semut organik
manfaat gula semut organik
Apalagi jika arah pasarnya dipertajam, pemanis yang berasal dari nira pohon kelapa ini bukan tak mungkin akan digunakan orang sebagai pemanis sehat secara masal. 


fungsi gula semut kristal

Gula Semut sangat cocok untuk penambah cita rasa manis baik itu makanan, minuman, kue atau jamu herbal.
manfaat organic palm sugar Palm Zuiker
manfaat organic palm sugar Palm Zuiker
Gula semut juga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, karena gula semut sangat dianjurkan bagi penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

sekian pembahasan artikel mengenal gula semut kristal khas banyumas, semoga tulisan ini menambah wawasan pembaca sekalian.
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "mengenal gula semut kristal banyumas"