Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan lengkap Perkembangbiakan vegetatif alami pada tanaman

Perkembangbiakan vegetatif alami pada tanaman

tumbuhan atau tanaman memiliki berbagai macam cara perkembangbiakan, salahsatunya adalah secara vegetatif alami. Pembiakan atau perkembangbiakan vegetatif pada tanaman dibagi menjadi dua yaitu pembiakan vegetatif alami dan pembiakan vegetatif buatan. 

Pembiakan vegetatif alami adalah perkembang biakan tanpa bantuan campur tangan manusia atau berlangsung alami. Alat pembiakannya alami tumbuh dengan sendirinya dari tumbuhan melalui tunas, umbi, geragi (stolon), spora, dan rhizoma.

berikut akan saya bahas perkembangbiakan tumbuhan melalui tunas, umbi, geragi (stolon), spora, dan rhizoma. 

Tunas

Alat perkembangbiakan vegetatif alami yang pertama adalah Tunas. Pernahkah kamu memperhatikan tanaman cocor bebek? Pada tepi dan ujung daun yang telah tua tumbuh tunas. Jika ditanam, tunas itu akan tumbuh menjadi tanaman baru. 
tunas pada tanaman cocor bebek
tunas pada tanaman cocor bebek

Tunas cocor bebek disebut tunas adventif. contoh Tanaman lain yang berkembang biak dengan tunas, yaitu pisang, cemara, bambu, sukun, dan tebu. Pada tanaman ini tunas adventif tumbuh pada akar. 

Umbi

Alat perkembangbiakan alami Umbi ada yang berupa umbi batang, umbi akar, dan umbi lapis. Sekilas umbi hampir mirip seperti alat perkembangbiakan tunas. Pernahkah anda melihat ubi jalar yang ada tunasnya?  Jika tanaman yang berkembang biak dengan umbi ditanam, dari umbi keluar akar dan tunas sehingga tumbuh tanaman baru. 
umbi jalar berkembang biak
umbi jalar berkembang biak

Umbi yang ditanam menjadi sumber makanan bagi pertumbuhan tanaman sebelum mengisap makanan sendiri dari tanah. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi: Umbi batang : kentang, Umbi lapis : bawang merah, bawang putih. Umbi akar : wortel. 
berikut adalah Macam-macam Umbi : 

umbi lapis

Umbi lapis merupakan umbi yang berlapis-lapis dan tumbuh tunas di tengahnya. Umbi lapis baru yang
berasal dari ketiak terluar akan tumbuh membentuk tunas. Pada umbi lapis, tunas tumbuh diantara daun dan cakram.
bawang bombay berkembangbiak dengan umbi lapis
bawang bombay berkembangbiak dengan umbi lapis
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah: bawang bombay, bawang merah, bawang putih, bunga bakung, bunga tulip, bunga november dll.

Umbi batang 

umbi batang adalah batang tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan dan sekaligus alat perkembang biakan pada tanaman dimana bagian ujungnya akan menggelembung menjadi umbi. 
Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang adalah: kentang dan ubi jalar. 
kentang berkembang biak dengan umbi batang
kentang berkembang biak dengan umbi batang

Umbi akar

Umbi akar adalah akar yang membentuk cadangan makanan dan berbentuk menggembung. Umbi akar merupakan bagian akar yang membesar karena berfungsi sebagai tempat cadangan makanan dan alat perkembangbiakan tanaman
alat perkembangbiakan umbi akar
alat perkembangbiakan umbi akar

Ciri-ciri umbi akar:

  • tidak berbuku-buku
  • tidak mempunyai kuncup dan daun
  • tidak mempunyai mata tunas
contoh Tanaman yang berkembang biak dengan umbi akar, misalnya wortel, lobak, singkong dan bunga dahlia 

Geragih (Stolon)

Geragi atau stolon adalah batang yang tumbuh dan menjalar di permukaan tanah. Stolon tersusun atas ruas-ruas, setiap ruas yang menempel pada tanah akan membentuk akar dan tumbuh tunas baru. Tanaman baru akan tumbuh pada ruas-ruasnya dan tidak bergantung pada induknya. 
stroberi dan pegaagan berkembang biak dengan stolon

contoh tanaman yang berkembang biak dengan stolon adalah stroberi, pegagan atau antanan dan rumput teki. 
rumput teki berkembang biak dengan stolon
rumput teki berkembang biak dengan stolon

Spora

spora adalah alat perkembang biakan tanaman berupa titik-titik berwarna cokelat Pada bagian bawah daun. Spora berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Jika spora jatuh ke tanah, maka akan tumbuh tanaman baru.
spora pada daun tanaman paku
spora pada daun tanaman paku
spora terdapat pada tumbuhan paku, lumut , jenis tanaman paku-pakuan sering ditanam orang sebagai tanaman hias, contohnya suplir. 

Rhizome

Rhizome (akar tinggal atau rimpang) adalah batang yang tumbuh menjalar dalam tanah atau disebut akar tinggal, akar rimpang, atau akar tongkat. 
jahe berkembang biak dengan rhizome
jahe berkembang biak dengan Rhizome

Tanaman yang berkembang biak dengan akar tinggal Rhizome contohnya lengkuas, jahe, alang-alang,kunyit, dan temulawak dan lain-lain.
lenguas berkembang biak dengan Rhizome
lenguas berkembang biak dengan Rhizome

Ciri-ciri akar tinggal:
  • mirip akar tetapi berbuku-buku dan pada ujungnya terdapat kuncup;
  • pada setiap buku terdapat daun yang berubah menjadi sisik;
  • pada setiap ketiak sisik terdapat tunas. 
sekian Pembahasan lengkap mengenai Perkembangbiakan vegetatif alami pada tanaman, semoga bermanfaat. jika ada kesalahan atau saran jangan sungkan sungkan untuk berkomentar yah :) 
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "Pembahasan lengkap Perkembangbiakan vegetatif alami pada tanaman"