Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara backup data komputer ke hardisk

elinotes.com Data di komputer haruslah sering sering di backup ke hardisk external atau cadangan agar data di komputer tetap aman dan terjaga.untuk backup data ke hardisk kita bisa menggunakan tools bawaan Windows yaitu Backup and Restore.  berikut adalah tutorial backup data komputer ke hardisk yang sahabat bisa praktekan dengan mudah.

cara backup data windows 10 ke hardisk

pastikan hardisk terhubung dengan komputer

langkah pertama adalah sambungkan hardisk untuk bacaup, lalu pastikan hardisk telah terhubung dan terbaca oleh komputer windows 10. Lalu klik kanan pada ikon windows atau start  lalu klik Setting maka akan membuka jendela seting windows 10. 

jendela setting pada windows 10

masuk ke wizard setting windows

langkah kedua pada jendela setting windows 10 Maka akan muncul wizard Settings. Klik pilihan tombol Update and Security.

jendela update&security untuk backup data
jendela update&security untuk backup data 

pilih dan Klik tab menu Backup pada menu seting windows. lihat disebelah kanan, akan ada beberapa opsi. Pilih bagian Back up using File History dan terdapat tombol “Add a drive” untuk memabahkan hardisk yang aka digunakan untuk backup. Klik tombol tersebut untuk melihat device yang telah dihubungkan.

pilih hardisk untuk backup

pilih nama device hardisk

klik pada nama device hardisk tersebut, disini saya kasih nama linux mint, maka saya klik device linux mint.

baca juga : cara backup data di windows 7 dan xp

Anda akan diarahkan kembali ke tab menu Backup. Disana Anda akan melihat fungsi backup otomatis telah diaktifkan. Kemudian, klik tombol “More options” untuk melanjutkannya.

pilih more options untuk backup
pilih more options untuk backup


Pada jendela "BACKUP OPTIONS" Anda dapat melihat daftar folder yang akan dibackup ke device tersebut. Jika Anda ingin menambahkan folder lain, tekan tombol Add a folder.

menambah folder untuk backup
menambah folder untuk backup

proses backup ke hardisk

Apabila sudah selesai memilih backup options, klik tombol Back up now untuk mulai melakukan backup data windows 10 nya kedalam hardisk

pilih hardisk untuk backup ke hardisk
pilih hardisk untuk backup ke hardisk
selesai data berhasil dibackup. apabila belum jelas silakan tonton vidio cara backup data ke hardisk berikut ini

 selamat anda sudah selesai backup data windows 10 ke dalam hardisk :) 

elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "cara backup data komputer ke hardisk"