Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

alasan mengapa prosesor amd lebih murah dari intel

Hay sahabat elinotes kali ini admin akan membahas alasan mengapa prosesor amd lebih murah dari intel. 

mengapa prosesor amd lebih murah dari intel

berbicara soal prosesor untuk komputer, yang terlintas dikepala adalah perusahaan AMD dan intel. kedua perusahaan prosesor tersebut bersaing dalam dunia prosesor untuk urusan harga AMD terkenal harganya lebih murah daripada intel, sedangkan Intel terkenal akan harganya yang lebih mahal dari AMD. mengapa bisa terjadi perbedaan harga jual antara masing masing merek prosesor intel dan amd ? mari kita bahas alasan mengapa harga prosesor amd cenderung lebih murah dipasaran.

penyebab harga prosesor AMD lebih murah dari intel
penyebab harga prosesor AMD lebih murah dari intel

popularitas merek prosesor

untuk popularitas prosesor Intel lebih banyak dikenal masyarakat dari pada adm. hal ini wajar komputer identik dengan prosesor intel. kalau bukan Intel Inside ®™ bukan prosesor namanya" itu persepsi kebanyakan orang. Jika dilihat dari jumlah pengguna di dunia, AMD masih tertinggal jauh dari Intel. Hal itulah yang membuat merek AMD belum terlalu dikenal oleh masyarakat awam. 

teknik produksi prosesor

salah satu faktor yang menentukan harga jual prosesor menjadi lebih murah adalah dalam  hal proses pembuatan prosesor. antara AMD dan intel memiliki perbedaan cara produksi dan pembuatan produk prosesornya.

teknik produksi prosesor AMD

Pembuatan prosesor AMD menggunakan cara yang lebih efisien dalam menggunakan bahan baku dan cara membuat prosesor, sehingga  secara biaya produksi bisa ditekan seminimal mungkin. 

dalam pembuatan prosesor ada yang namanya yield rate, ini adalah wafer hasil produksi pabrik semikonduktor yang bertugas "memahat" silikon. Apa itu yield rate?  yield rate adalah tingkat keberhasilan produksi. 

dari wafer untuk pembuatan prosesor  diatas akan dipotong dan diolah untuk membuat prosesor. setiap wafer yang diolah tentu tidak semuanya memenuhi kelayakan atau akan ada hasil produksi yang gagal.

misal rencana produksi untuk membuat prosesor  AMD Ryzen 9 3950X dengan isi 8 core kecepatan sekian GHz, namun karena yield rate tidak 100%, maka akan ada barang yang cacat. 

 dari wafer bahan baku prosesor yang cacat produksi tadi akan ada yang tidak memenuhi standar, misal kecepatan  GHz nya kurang, core yang bisa dioperasikan kurang, atau bahkan tidak bisa dipakai sama sekali.

 Nah yang "cacat" ini bisa dimanfaatkan kembali menjadi chiplet prosesor AMD untuk Ryzen seri dibawahnya, misal Ryzen 9 3900X yang satu chiplet isinya 6 core (dikali dua total 12). 

proses Daur ulang  inilah yang membuat prosesor AMD bisa lebih murah mengurangi kerugian dan menambah keuntungan

Teknik pembuatan prosesor Intel

prosesor intel dibuat dengan teknik Monolithic. teknik Monolithic berarti satu chip prosesor intel mengandung semua yang ada, baik Core, L1-L2-L3 cache, dan I/O, bahkan untuk Intel juga memasukkan GPU internal UHD Graphics disitu. 

Dengan teknik Monolithic prosesor intel dibuat dengan proses yang singkat atau sekali kerja tetapi teknik ini membuat luasan chip prosesor intel menjadi besar.

semakin besar luasan chip sebuah prosesor maka tingkat yield rate (keberhasilan pembuatan prosesor) juga menjadi tidak efisien. faktor ketidak efisien dalam produksi prosesor intel inilah yang membuat harganya menjadi mahal tidak semurah prosesor AMD.

teknik Monolithic Intel akan menghasilkan prosesor dengan kualitas pemrosesan data yang cepat atau minim latency (keterlambatan) kerana semuanya terintegrasi dalam 1 chip prosesor.

faktor keuangan perusahaan intel dan AMD

Secara keuangan perusahaan Intel lebih memiliki dana atau uang yang banyak dari perusahaan AMD. 

Intel percaya diri dengan menjual produknya serta memasang banderol harga prosesor yang tinggi, berkat prosesor intel yang kualitas pemrosesan data bagus, sehingga tidak heran berani menjual produknya dengan mahal.

sedangkan prosesor AMD menang dijumlah core atau inti. jumlah core yang banyak akan membuat prosesor AMD melakukan banyak tugas yang cocok untuk pekerjaan yang memang butuh banyak core seperti editing video. 


elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "alasan mengapa prosesor amd lebih murah dari intel"