Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara mengubah kecepatan crawling (perayapan) google webmaster

halo sahabat blogger kali ini admin elinotes akan membahas tutorial bagaimana cara mengubah kecepatan perayapan crawling google webmaster. dengan mengubah setelan kecepatan crawling akan akan mempermudah google untuk mengindex arikel dengan lebih cepat dan muncul dihalaman google search.

apa itu crawling google?

mungkin banyak kawan kawan yang belum tahu apa itu crawling? crawling yaitu proses dimana mesin pencarian (google) sedang melakukan perayapan dan memindai data pada sebuah situs web yang nantinya data tesebutakan disimpan di server. data pada server google kan digunakan untuk menampilkan hasil pencarian di google search. proses crawling oleh botgoogle sering juga disebut dengan proses spiders.

cara mengubah kecepatan crawling google webmaster

dalam proses crawling, google akan mengirimkan robot pemindai (googlebot) yang akan membaca link link pada sebuah blog atau web, kemudian google akan memindai data apa saja yang ada pada link tersebut misalnya gambar, vidio, dll. 
pada kesempatan kali ini elinotes akan menjelaskan langkah langkah bagaimana cara mengubah kecepatan crawling google webmaster, berikut adalah tutorialnya:

login ke Google Search Console

untuk mengubah kecepatan crawling dan perayapan google terlebih dahulu harus masuk dan login ke Google Search Console atau google webmaster. 

masuk atau login ke search console google webmaster
masuk atau login ke search console google webmaster

pilih situs web yang akan diubah 

setelah berhasil masuk search consol google pilih situs blog atau website yang ingin di ubah kecepatan crawling nya. apabila kalian belum mendaftar webmaster google silakan daftar dulu. untuk menggunakan tutorial ini pastikan kalian sudah mendaftar google webmaster dan situs sudah terverifikasi.

pilih situs yang akan diubah kecepatan crawling
pilih situs yang akan diubah kecepatan crawling

setelah memilih situs yang akan diubah, kalian masuk dan klik "firur lama" dan pilih "statistik perayapan" seperti pada gambar dibawah.

laporan dan fitur lama statistik perayapan
laporan dan fitur lama statistik perayapan
setelah mengklik "statistik perayapan" maka akan membuka jendela baru atau new tab halaman statistik perayapan.
halaman statistik perayapan google
halaman statistik perayapan google
pada halaman "statistik perayapan google" kalian klik ikon bantuan maka akan muncul popup untuk mengubah kecepatan perayapan crawling google. 
popup bantuan untuk mengubah kecepatan crawling google
popup bantuan untuk mengubah kecepatan crawling google

mengubah kecepatan craweling googlebot

pilih mengubah kecepatan craweling googlebot lihat contoh gambar diatas, dan akan membuka halaman baru scrol terus kebawah sampai menemukan "Membatasi kecepatan crawling"
mengubah kecepatan perayapan google
scrol terus kebawah sampai menemukan Membatasi kecepatan crawling


setelan kecepatan craweling perayapan google
setelan kecepatan craweling perayapan google

pilih "setelan kecepatan craweling" seperti pada gambar diatas maka akan membuka tab baru properti terverifikasi webmaster seperti gambar dibawah ini.

properti terverifikasi webmaster
properti terverifikasi webmaster

pilih web yang akan diubah kecepatannnya, kalian bisa lihat panduan gambar dibawah.

langkah selanjutnya adalah tinggal ubah perintah crawling google, mau yang rendah atau yang tinggi. saya sarankan apabila ingin cepat dirayapi oleh bot google kalian pilih yang tinggi.
mengubah kecepatan craweling situs website
mengubah kecepatan craweling situs website
kecepatan perayapan tertinggi google webmaster adalah 2 permintaan perdetik 0,5 detik antara permintaan. jika sudah kalian tinggal simpan. 

selamat kalian sudah selesai mengubah kecepatan craweling situs website, dengan tutorial ini diharapkan proses perayapan oleh bot google akan menjadi lebih cepat dan mudah terindex di mesin pencarian google. 

sekian tutorial cara mengubah kecepatan perayapan robot google webmaster, semoga bermanfaat.

elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "cara mengubah kecepatan crawling (perayapan) google webmaster"