Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perisiapan Membuat Website dengan WordPress

Membangun website dengan tidak bisa asal-asalan, perlu persiapan yang matang hal ini kerana membuat website membutuhkan CMS (Content Management System). CMS yang umum digunakan adalah wordpress. untuk itulah kali ini admin elinotes akan membagikan tips Perisiapan Membuat Website dengan WordPress.

membuat website dengan wordpress
membuat website dengan wordpress

Membuat Website dengan WordPress

masih banyak yang belum tahu cara membangun website dengan WordPress untuk itulah di tutorial kali ini, kami akan membahas persiapan dalam membuat website dengan CMS wordpress. secara garis besar persiapan menggunakan wordpress untuk membuat website adalah sebagai berikut:

  • Menentukan tipe Niche dan Topik website
  • Memilh Nama Domain
  • Pilih Web Hosting
  • login cPanel
  • update Nameserver
  • Menginstal WordPress
  • Memilih Tema website
  • Install Plugin wordpress

Menentukan tipe Niche dan Topik website

Langkah pertama dan yang paling dalam membangun website menentukan tipe, niche dan topik yang akan dibahas oleh website. tipe website contohnya  blog, situs ecommerce, profil perusahaan, dll. sedangkan niche adalah topik yang akan dibahas oleh website yang akan kitabuat. 

Memilih Nama Domain

Langkah kedua dalam membangun website adalah memilih nama domain. Nama domain harus mencerminkan topik dan sebisa mungkin mudah diingat oleh orang. nama domain akan merepresentasikan brand dan website bisa diibaratkan seperti alamat rumah. Oleh karena itu, dalam pembuatannya, nama domain   harus mempertimbangkannya secara matang serta hati-hati.

Memilih Hosting

website dengan WordPress memerlukan hosting. hosting berfungsi untuk menyimpan data dan file file website yang akan kita buat. 

Login cPanel

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk masuk ke cPanel website. Anda bahkan dapat membuat URL-nya sendiri. Ikuti panduan ini guna mengetahui cara login ke cPanel.

Update Nameserver

Anda perlu memastikan nama domain telah terarah ke nameserver Niagahoster dengan benar terlebih dahulu. Ikuti panduan update nameserver ini untuk memperbarui nameserver Anda.

menginstal WordPress

Menginstall WordPress dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui control panel Hostinger. Berikut langkah-langkahnya:

Pilih Tema wordpress

setelah menginstal wordpress ada harus menginstal tema. fungsi tema pada wordpress adalah untuk mempercantik tapilan website dan mudah dalam pengoperasiannya serta fungsional.

Apa pun tipe blog atau website yang dipilih, semuanya membutuhkan layout dan tema. Situs ecommerce, misalnya, mengharuskan desain web yang lebih kompleks daripada desain blog.

WordPress menyediakan banyak tema default yang sesuai dengan tujuannya. misal tema wordpress untuk blog dengan tema wordpress untuk toko online tentu berbeda. tema tema tersebut ada yang gratis dan ada yang berbayar. 

Membuat dan Posting Artikel di WordPress

Setelah tema terinstal maka tinggal mengisi website dengan konten. konten bisa berupa postingan yang berisi text gambar, audio maupun vidio

Mengubah URL WordPress

Secara default, URL website WordPress sulit dibaca pengunjung awam. Selain itu, URL default website Wordptess juga tidak ideal untuk keperluan SEO. Anda dapat melakukan kustomisasi sendiri sesuai keinginan. Ikuti panduan ini untuk mengubah URL website WordPress Anda.

Install Plugin

CMS wordpress memiliki kelebihan yaitu  dapat menginstal plugin. fungsi plugin pada wordpress adalah untuk menyempurnakan kinerja dan fungsional sebuah situs. 

misalkan sebuah blog maka membutuhkan plugin share kemedsos. toko online memerlukan plugin ecommerce agar toko onlinenya berfungsi dengan baik. agar website cepat ditemukan mesin pencarian maka menggunakan Yoast SEO plugin, tidak lambat bisa menggunakan plugin khusus page speed dll. 

sekian langkah langkah  Perisiapan dalam Membuat Website dengan WordPress. senoga bermanfaat. 


elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "Perisiapan Membuat Website dengan WordPress"