Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

tutorial Agar artikel Tampil di Halaman Pertama (page one) Google

Hay sahabat elinotes kalian sedang pusing bagaimana agara artikel bisa halaman pertama google. Apakah Anda Berjuang untuk mendapatkan artikel Anda di halaman 1 Google? Jika ya, berarti Anda berada di tempat yang tepat. Karena pada artikel kali ini admin blog elinotes akan membagikan tips dan tutorial agar artikel pada blog atau website bisa bersaing di halaman pertama google (page one). teknik ini menggunakan SEO On Page. 


Percayalah, Jika Anda menggunakan tip-tip ini dalam artikel atau postingan blog Anda, maka ada kemungkinan besar muncul dihalaman pertama google. 

Jadi, apakah kamu sudah siap? oke langsung saja tips agar Tampil di Halaman Pertama google

cara agar blog tampil  di google halaman pertama

cara Agar artikel Tampil di Halaman Pertama (page one) Google
cara Agar artikel Tampil di Halaman Pertama (page one) Google
secara garis besar ada 10 langkah agar muncul dihalaman pertama google yaitu:

  • Mulai Judul Anda Dengan keyword (Kata Kunci) Target
  • Harus Menyertakan keyword (Kata Kunci) Target di Paragraf Pertama dan Terakhir
  • Gunakan Teknik Skyscraper
  • Gunakan URL yang Ramah SEO
  • Optimasi Gambar
  • Gunakan Tautan Internal
  • Harus Menyertakan 4-5 Tautan Keluar (Outbound Link)
  • Gunakan Kata Kunci Long Tail keyword
  • Target Kata Kunci dalam Tag H2
  • Gunakan Kata Kunci LSI
langsung saja kita bahas secara detail.

Mulai Judul Anda Dengan keyword (Kata Kunci) Target 

Jika Anda akan menggunakan kata kunci target Anda di awal judul posting blog Anda, hal ini akan sangat membantu merangking di halaman depan google. sebagai contoh bisa lihat gambar berikut ini. saya mencari di google dengan kata kunci "seo tools" maka google akan menampilkan hasil pencarian yang judul postingan menyertakan keyword target dijudulnya.
gunakan keyword di judul postingan

teknik memasukan keyword target di judul posting blog sudah digunakan oleh  blogger pro seperti Brian Dean pemilik website Backlinko.com. para blogger profesional menyarankan untuk menggunakan keyword target dijudul postingan mereka.  

Harus Menyertakan keyword (Kata Kunci) Target di Paragraf Pertama dan Terakhir

Jika Anda benar-benar ingin teknik SEO On-Page bekerja agar bisa dihalan pertama google maka saat menulis posting blog Anda, Anda harus mengikuti 2 tips ini:
  • Target Kata Kunci dalam 100 Kata pertama artikel Anda.
  • Target Kata Kunci dalam 100 Kata Terakhir artikel Anda.
contoh kasusnya saya mencari di google dengan kata kunci "seo tools" hasil halaman pertama google menampilkan website niagahoster ternyata setelah diamati ternyata artikel blognya menyertakan kata kunci (keyword) "seo tools" . bisa dilihat gambarnya 
keyword target di 100 kata pertama dan terakhir artikel blog
keyword target di 100 kata pertama dan terakhir artikel blog

dengan keyword target di 100 kata pertama dan terakhir artikel blog Ini akan membantu Anda dengan cepat meningkatkan peringkat Anda di Hasil Pencarian Google.

Gunakan Teknik Skyscraper

menggunakan Teknik Skyscraper adalah cara terbaik untuk mengalahkan pesaing Anda di hasil Google Penelusuran. pasti banyak yang belum tahu apa itu teknik Skyscraper. teknik Skyscraper dalam dunia seo adalah sebuah teknik untuk mengubah konten menjadi backlink berkualitas tinggi. Teknik ini diciptakan oleh Brian Dean, seorang ahli SEO. 
teknik skyscraper pada blogger
teknik skyscraper pada blogger

Secara sederhana, cara kerja teknik Skyscraper :

  • Pertama, cari link atau topik yang bermanfaat (dan sudah terbukti).
  • Kedua, buatlah konten yang lebih baik dari itu.
  • Kemudian, jangkau orang yang tepat.

Cukup masukkan kata kunci target Anda di Google dan periksa 5-6 artikel teratas pencarian google. lihat dan amati lalu buatlah  artikel yang lebih detail dan bermanfaat daripada artikel pesaing tadi

Jika saingan Anda menerbitkan posting blog 1000+ kata maka Anda harus melakukannya
menerbitkan artikel 2000+ kata lebih syukur syukur dengan  penjelasan yang lebih detail.
Jika pasti akan membantu pembaca maka pasti artikel postingan  Anda untuk mendapatkan pioritas di halaman pertama Google.

Gunakan URL yang Ramah SEO

Menurut Google, 3-5 kata pertama di URL diberi bobot lebih.  Jadi, sangat penting untuk membuat URL blog anda (Permalink)Anda Pendek dan menyertakan keyword yang dibidik.
contohnya  saya akan membidik kata kunci on-page-seo maka urlnya sebagai berikut:
  • URL buruk: situswebanda.com/p=123
  • URL buruk (URL Panjang): yourwebsite.com/seo-is-so-amazing-its-the-best
  • URL BAIK: yourwebsite.com/on-page-seo
Catatan: ingat Harus menyertakan kata kunci target Anda di URL Anda.

Optimasi Gambar

Pastikan bahwa setidaknya satu gambar posting blog Anda menyertakan target Anda kata kunci. dengan menyertakan gambar di sebuah postingan blog maka semakin besar kemungkinan masuk dihalaman pertama google. 

contoh Optimasi Gambar

sebagai contoh saya ingin menarget kata kunci keyword  on-page seo maka nama file gambarnya kita kasih nama  On-page-seo.png
optimalisasi gambar pada artikel postingan blog
optimalisasi gambar pada artikel postingan blog


Selain itu, gunakan fitut propertis gambar dan gunakan kata kunci target di Tag ALT dan deskripsi gambar Anda. Jika Anda menggunakan tips ini maka itu juga akan meningkatkan peringkat Google Anda.

agar gambar cepat dimuat atau diloading maka sebaiknya kompres dulu gambarnya agar menjadi lebih kecil ukurannya. Kiat PRO: Buka imageresize.org/compress-image/ untuk mengompres file gambar tanpa mempengaruhi kualitas gambar.

Gunakan Tautan Internal (internal link) dalam artikrl

apa itu internal link atau tautan internal? Internal link adalah tautan link yang mengarah ke halaman lain,dari satu halaman ke halaman lainnya namun masih berada pada domain website yang sama. 

internal link yang bagus pada sebuah artikel setidaknya Harus menyertakan 3-4 link internal di postingan blog Anda yang relefan. 

contoh yang gampang bisa lihat wikipedia.org Mereka menggunakan banyak tautan internal di setiap artikel.
internal link di wikipedia
internal link di wikipedia

tips membuat internal link yang baik:

  • Maksimalkan jumlah internal link (jumlah internal link tidak ada batasan \)
  • Hindari penggunaan internal link dengan meletakkan kalimat “baca juga” dan sejenisnya
  • Hindari penyisipan internal link yang tidak relevan dengan konten
  • Tautkan link pada anchor text yang relevan
  • Tautkan link kategori pada konten (bila memiliki frasa yang sesuai)
  • Jangan tambahkan rel nofollow pada internal link
internal link yang benar dan baik untuk seo
internal link yang benar dan baik untuk seo

Menyertakan 4-5 Tautan Keluar (Outbound Link) dalam artikel

mungki banyak yang belum tahu apa itu outbound link?  outbound link artinya link keluar atau tautan yang dibuat oleh pengelola website, dimana tautan tersebut dibuat agar mengarah ke website lain atau website eksternal. Secara umum, outbound link berfungsi sebagai tautan referensi. 

Jika Anda serius ingin artikel Anda di halaman pertama Google maka sebaiknya memberikan 4-5 tautan keluar ke situs yang otoritasnya bagus dan relefan.

Memasukan Kata Kunci Long Tail keyword diartikel

kata kunci umumnya terdiri dari 2 yaitu sort tail keyword (kata kunci pendek) dan long tail keyword (kata kunci panjang). 

Pasti banyak yang belum tau apa itu long taill keyword ? Long Tail Keyword (kata kunci panjang) adalah keyword turunan yang terperinci dan detail. biasanya long tail  keyword yang memiliki jumlah kata lebih dari tiga.
sedangkan sort tail keyword (kata kunci pendek) adalah keyword induk terdiri dari 1-3 kata. semakin pendek kata kuncinya maka akan semakin banyak pesaingnya dihalaman depan google. 

Kelebihan Long Tail keyword

Kelebihan Long Tail keyword adalah kata kunci yang ditarget akan menjadi spesifik dan umumnya lebih mudah untuk pengguna sekaligus efektif meningkatkan trafik kerana minim persaingan dan tentunya lebih mudah bersaing dihalaman pertama google
Jika Anda ingin cepat mendapatkan peringkat yang baik di Google, maka gunakan Long Tail keyword

Kata kunci long tail keyword dapat memberi Anda peringkat yang lebih baik daripada short tail keyword (kata kunci)

Contoh long tail keyword dan short tail keyword:

Kata Kunci Short Tail keyword: SEO On Page
Kata Kunci Long Tail keyword : cara menggunakan SEO On Page, cara menerapkan On Page SEO terbaru dll.

Target Kata Kunci dalam Tag H2 dan masukan dalam artikel

artikel web atau blog yang baik harus menyertakan kata kunci target Anda sekali dalam H2 Tag, gunanya agar semakin mudah bersaing dihalaman depan google.

Semua blogger profesional  merekomendasikan untuk memasukkan kata kunci target dalam tag H2 gunanya untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam seo dan berdampak pada posisi artikel pada halaman depan.

masukan Kata Kunci LSI (Latent Semantic Indexing) dalam artikel

Kata kunci LSI (Latent Semantic Indexing) adalah sinonim dari kata kunci target Anda. bisa juga diartikan kata kunci yang mirip atau kalimat yang dianggap relevan secara semantik oleh mesin pencari. 

fakta tentang LSI

google sendiri  memang tidak menggunakan teknologi LSI Untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan, mereka menggunakan teknologi Word2vec yang dikembangkan oleh tim Google Brain. 
namun Word2vec pada dasarnya memiliki cara kerja dan sifat yang sama seperti pendahulunya (LSI). Mereka sama-sama memanfaatkan kata-kata yang terhubung secara semantik. 

Istilah lain LSI

dalam dunia seo ada yang mengatakan LSI sebagai Related Keywords atau Semantic keyword, tetapi itu hanya istilah saja pada dasarnya maksudnya sama.

Google menggunakan Kata Kunci LSI untuk relevansi halaman. Jadi, sangat penting untuk menemukan kata kunci LSI untuk kata kunci target Anda.

Cara menemukan kata kunci LSI

Bagaimana menemukan Kata Kunci LSI untuk kata kunci target Anda? Jawabannya sederhana:Tulis kata kunci utama Anda di Google dan di bawah hasil pencarian Anda bisa temukan kata kunci LSI yang terkait dengan kata kunci target Anda. Lihat contoh di bawah ini.
contoh LSI keyword
contoh LSI keyword  Related Keywords atau Semantic keyword

Sekian tutorial Agar artikel Tampil di Halaman Pertama (page one) Google yang admin blog elinote bisa bagikan. semoga pembahasan ini bermanfaat untu kita semuanya .

elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "tutorial Agar artikel Tampil di Halaman Pertama (page one) Google"