Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kelebihan SSD (Solid state drive) untuk komputer yang perlu anda ketahui

media penyimpanan data Solid state drive atau yang sering disebut SSD akhir akhir ini sedang mengalami pekembangan yang pesat, sehingga admin elinotes akan membahas mengenai Kelebihan SSD (Solid state drive). bagi kalian yang masih memakai penyimpanan biasa (hardisk) segeralah beralih memakai SSD kerana SSD memiliki beberapa kelebihan yang akan membuat performa komputer laptop kalian menjadi kencang seperti laptop mahal.

kelebihan SSD (Solid state drive) 

oke langsung saja berikut daftar kelebihan jika memakai ssd dkomputer atau laptop kalian.

Performa ssd lebih ngebut dari HDD

Ada istilah Sejelek jeleknya ssd masih lebih baik performanya SSD daripada hardisk kela tinggi sekalipun. Hal ini ada benarnya kerana SSD menawarkan performa yang lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD. 

performa komputer yang menggunakan ssd
performa komputer yang menggunakan ssd kelas tinggi

Hal yang paling mudah contohnya dalah hal Copy file dengan SSD hanya membutuhkan waktu 50 persen dari hard disk. SSD SATA adalah kelas ssd paling rendah, memiliki  kecepatan baca (read) dan tulis (write) berkisar antara 400 sampai 500-an mb/s. untuk ssd kelas tinggi bisa memcapai 2000 sampai 3000mb/s. coba bandingkan dengan kecepatan baca tulis HDD umumnya berkisar di angka 150 mb/s pastinya performa komputer akan terlihat sangat jauh dan sangat sedikit kekurangan ssd.

dalam hal booting atau startup menyalakan komputer, yang laptop yang memakai SSD kecepatan startup Komputer menjadi cepat. dalam hitungan beberapa 3-4 detik sebuah komputer yang memakai SSD sudah bisa menyala dan login windows siap untuk digunakan. bandingkan jika menggunakan memori HDD bisa lebih dari 7 detik atau bisa lebih panjag dan lama lagi.


untuk urusan multitasking komputer yang menggunakan memori SSD tentunya memiliki performa yang lebih bagus. multitasking komputer bekerja dengan mengambil data dari media penyimpanan memori, SSD menawarkan kecepatan transfer data yang cepat yang tentunya berpengaruh ke multitasking menjadi ringan performa cepat.


perbedaan kecepatan antara ssd dan hdd pastinya akan membuat performa laptop menjadi berbeda. laptop yang menggunakan ssd secara umum akan lebih cepat daripada menggunakan hdd.

SSD cocok untuk penggunaan extrim

Penggunaan komputer atau laptop yang extrim biasanya menghasilkan getaran dan guncangan.  pada perangkat penyimpana data hdd guncangan akan menyebabkan kerusakan dan kehilangan data kerana cara kerja hdd adalah dengan memutar disk (piringan cakram) data apa bila terguncang akan ada potensi kehilangan data dan rusak. 
piringan cakram pada hdd
piringan cakram pada hdd


ssd menggunakan chip memori yang berbasis silikon tahan guncangan sebagai media penyimpanan data. SSD bekerja dengan listrik yang mengliri silikon flash memory tanpa ada gerakan/ mekanikal di dalamnya. 

chip memori pada ssd
chip memori pada ssd

apa bila terguncang atau bergetar SSD tidak ada potensi kehilangan data atau kerusakan, sehingga cocok digunakan untuk penggunaan komputer yang extrim. 

Suhu SSD stabil dingin

Suhu SSD lebih dingin karena SSD tidak mempunyai proses mekankal perangkat bergerak sehingga suhunya tidak panas alias stabil.  penyimpanan biasa seperti memori  HDD akan menimbulkan panas berlebih karena putaran cakram spindle. Semakin besar putaran RPM HDD semakin banyak panas yang dihasilkan.

Hemat daya dan tanpa suara

SSD menggunakan listrik dan daya yang rendah berkisar antara 2-3 watt sedangkan HDD menggunakan 6-7 watt. hal ini kerana menggunakan chip memori sebagai media penyimpanan data dan tentunya tanpa proses mekanikal penghasilkan suara.
perbandingan daya ssd dengan hdd memori
perbandingan daya ssd dengan hdd memori


menggunakan SSD berarti tanpa suara kerana semuana kerjanya baik proses proses membaca dan menulis data pada SSD seemuanya menggunakan proses elektrikal atau dengan listrik. Berbeda apabila menggunakan HDD yang menggunakan proses mekanikal akan mengghasilkan suara bisik “ctek…ctek…ctek” pada saat proses membaca dan menulis data.

ukuran ssd lebih kecil dan ringan

bentuk dan bobot ssd memiliki berbagai macam mulai dari yang SSD sata hingga SSD NVMe yang ukuran yang paling kecil.
macam macam ukuran ssd
macam macam ukuran ssd

bentuk ssd yang kecil akan mempengaruhi berat ssd. umumnya berat HDD rata-rata mempunyai berat 780 gram sedangkan SSD 100 gram. ukuran ssd yang kecil membuatnya mudah dibawa kemana mana.

ukuran ssd sata sama seperti hdd 2,5 inci dengan berat yang ringan ukuran  SSD M.2 2230 (22mm lebar, 30mm panjang),  2242 (22mm lebar, 42mm panjang), 2260 (22mm lebar, 60mm panjang), 2280 (22mm lebar, 80mm panjang) dan seterusnya

seian kelebihan SSD (Solid state drive) untuk komputer yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat.

elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "kelebihan SSD (Solid state drive) untuk komputer yang perlu anda ketahui"