Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

alasan mengapa orang enggan membayar pajak

halo pembaca elinotes,com kali ini aku akan membagikan keluhkesahku mengenai alasan orang enggan membayar pajak. 

mengapa orang enggan membayar pajak

masyarakat indonesia terkenal enggan membayar pajak ke negara, tentunya bukan tanpa sebab.sejak lahir kedunia hingga mati kita tidak lepas dari yang namanya pajak. membayar pajak masih belum menjadi budaya di indonesia dan ada yang sebagian orang menedengar kata pajak akan merasakan alergi ketika mendengar kata ini. bagi sebagian orang membayar pajak seperti palak negara.

alasan orang enggan membayar pajak negara
alasan orang enggan membayar pajak negara

membayar pajak seperti dipalak negara

ya alasan orang kerana merasa dipalak negara, coba bayangkan setiap hari bekerja keras siang dan malam demi mendapatkan gaji dan memenuhi kebutuhan hidup. tiba tiba setiap tanggal gajian kita harus membayar pajak sekian persen sehingga uang gajian yang kita peroleh terpotong kerana pajak. tentu ada sebagian orang yang tidak rela kerana pajak tiba tiba datang negara seperti pereman yang meminta jatah setiap kali gajian. 

hal ini mudah kita jumpai, contohnya para blogger atau pelaku internet marketing yang merasa keberatan dengan pajak fb ads, bahkan yang terbaru ada kabar pajak untuk pembelian pulsa

birokrasi membayar pajak yang rumit

sudah bukan rahasia lagi birokrasi indonesia memang masih belum baik,  banyak hal yang perlu diperbaiki. terkadang ada ada saja hal hal yang sebenarnya mudah tetapi oleh aturan birokrasi dipersulit agar merekan mendapatkan untung. contohnya pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh)‎ yang dinilai ribet. tetapi pemerintah tentunya terus berinovasi dalam hal ini Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan membuat sistim online.birokrasi yang panjang akan dipermudah dan dipersingkat.

untuk memudahkan membayar pajak segala urusan administrasi perpajakan Indonesia. Mulai dari penggunaan teknologi IT dan internet, meningkatkan infrastruktur di bidang pelayanan perpajakan, hingga penyederhanaan peraturan perpajakan.

Sekarang, kegiatan menghitung, menyetorkan dan melaporkan pajak penghasilan mayoritas sudah bisa dilakukan melalui sambungan internet, kantor-kantor pajak di seluruh Indonesia juga berbenah meningkatkan pelayanan mereka. Tidak lupa DJP juga melakukan penyederhanaan peraturan perpajakan, menurunkah tarif pajak UKM, dan memberikan insentif perpajakan untuk badan-badan usaha yang melakukan investasi besar di berbagai sektor Industri strategis di Indonesia.

membayar pajak bukan budaya kita

tidak seperti negara negara maju yang sadar akan pentingnya membayar pajak,negara indonesia masih belum sadar pajaklah yang menggerakan negara ini. Bagi penduduk negara maju mereka sudah sadar pajaklah yang menggerakan ekonomi negara, memberikan fasilitas fasilitas., dan menjamin hak hak mereka dll sehingga budaya membayar pajak menjadi budaya negara maju.

mereka sadar selain meminta  hak hak warga negara akan terpenuhi jika mereka melakasanakan kewajiban warga negara seperti contohnya membayar pajak.

membayar pajak toh dikorupsi juga

ini alasan yang cukup kuat membuat orang enggan membayar pajak, kerana kalaupun payar pajak toh dikorupsi sama pejabat negara. sudah banyak kasus pejabat negara yang mengorupsi uang negara, jumlah uang negara yang dikorupsi oleh pejabat angkanya ngga main main bisa sampai triliunan rupiah, uang negara yang asalnya dari pajak rakyat masuk kekantong pribadi pejabat. 

kasus yang hangat saat ini contohnya adalah mentri sosial yang mengkorupsi uang bantuan sosial. 

kita harus bayar pajak

kita harus sadar negara ini butuh pajak agar bisa berjalan, uang yang disetorkan pastinya ada yang bermanfaat untuk rakyat seperti untuk membuat jalan raya,biaya pendidikan, kesehatan dll. 

Ketika kamu ingin berpergian, jalan mulus yang kamu lalui, bandara atau pelabuhan yang kamu gunakan, itu semua sebagian besar dibayar menggunakan pajak yang kamu setorkan. Ketika kamu mengalami tidakan kriminalitas, polisi yang datang untuk menolong kamu, gaji mereka dibayarkan sebagian besar menggunakan pajak yang kamu setorkan. Ketika kamu sedang sakit, lalu kamu memanfaatkan fasilitas kesehatan dari pemerintah, sadarilah bahwa sebagian besar fasilitas kesehatan yang kamu nikmati dibiayai oleh pajak yang kamu setorkan.

enggan membayar pajak tidak bisa menjadikan kewajiban warga negara akan perpajakan kita hilang begitu saja. Kewajiban perpajakan tersebut akan selalu ada selama Undang-Undang Perpajakan Indonesia masih berlaku. harus disadari bahwa pajak adalah konsep berbagi dengan sesama warga negara, sadar atau tidak sadar kita memanfaatkan hasil dari pajak secara langsung ataupun tidak langsung.

kita harus sadar bahwa negara ini dibiayai oleh pajak


elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "alasan mengapa orang enggan membayar pajak"