Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

perinsip trickle down ekonomi yang dianut indonesia

Halo sahabat elinotes, aku baru saja menonton vidio dokumenter Watchdoc Documentar di youtube yang membahas tentang kebakaran hutan, setelah aku menonton ada yang menarik perhatianku yaitu istilah konsep ekonomi trickle-down yang menyebab ketimpangan sosial antara yang kaya dengan yang miskin.

trickle down ekonomi
trickle down ekonomi


Perinsip triker down ekonomi

Perinsip trickle down ekonomi ekonomi yang dianut indonesia akan membawa trickle-down effect. 

pemerintah indonesia menganut cara pandang ekonomi yang disebut "trickle-down" artinya bahwa pelaku usaha dari ekonomi ekonomi itu adalah perusahaan-perusahaan besar yang bisa melakukan usaha ekonomi terutama di sektor ekonomi ekstraktif yang kemudian ini diharapkan bisa menetes keuntungannya atau manfaatnya ke kelompok masyarakat lainnnya. sehingga kerana itulah pemeritah memberikan konsesi dalam luasan yang sangat besar kepada perusahaan tersebut yang itu diberikan tanpa berkonsultasi kepada ataupun mendapat persetujuan dari perusahan lokal dan ini bukan hanya menimbulkan konflik. perinsip ekonominya juga destruktif mengeruk sebanyak banyaknya sumberdaya alam sehingga mengakibatkan kerusakan alam, pencemaran, kehilangan hutan, kehilangan keanekaragaman hayati dll. begitulah kira kira isi yang berhasil aku tangkap dari vidio dokumenter Watchdoc Documentar pada menit 9:55.

sejarah konsep ekonomi trickle-down

aku mencari cari lagi bagaimana sih sejarah konsep ekonomi trickle-down ? aku iseng iseng search google dan lumayan menemukan artikel yang bagusdi wikipedia, ternyata asal Istilah "trickle-down" berasal dari lelucon oleh humoris Will Rogers dan hari ini sering digunakan untuk mengkritik kebijakan ekonomi yang berpihak pada orang kaya atau istimewa sementara dianggap baik untuk warga negara pada umumnya.

kenyataan Efek trickle-down

Efek trickle-down menyatakan bahwa jalan terbaik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi adalah dengan membiarkan orang kaya atau pemilik modal (investor dan pengusaha) berkembang.

aku tidak puas mencari cari di google pada kenyataannya teori ini sudah tidak berjalan seperti sebagaimana mestinya. Kenyataannya yang terjadi justru trickle up effect atau efek muncrat ke atas. Orang-orang kaya cenderung lebih mendapatkan kemudahan secara ekonomi, justru lupa untuk membangun perekonomian kecil yang berada di bawahnya. Akibatnya, yang kaya menjadi semakin kaya, dan yang miskin menjadi semakin miskin sehingga terjadilah ketimpangan sosial. 

ganti triker down ekonom dengan ekonom kerakyatan

Ekonomi Kerakyatan merupakan usaha-usaha di bidang ekonomi, dimana target pencapaian utamanya bukanlah keuntungan finansial semata. Apa yang ingin diraih dari Ekonomi Kerakyatan adalah pemenuhan kebutuhan pokok anggotanya. Ekonomi Kerakyatan muncul akibat pandangan ketidakcocokan sistem ekonomi kapital untuk diterapkan di Indonesia.

Kalau melihat historiografi rakyat Indonesia, maka kita akan melihat penggerak ekonomi negeri ini sedari dulu adalah profesi seperti petani, nelayan, pedagang, peternak, dan sebagainya. Padahal, sektor-sektor tersebut kerap luput diperhatikan dalam pengembangan ekonomi nasional. Karena itu, Ekonomi Kerakyatan hadir untuk mengakomodir kepentingan-kepentingan rakyat yang seringkali kurang mendapat perhatian pemerintah. Kurangnya perhatian tersebut, menunjukkan potensi ekonomi kerakyatan Indonesia sangat besar namun dinilai belum dikelola secara maksimal.
ekonomi kerakyatan indonesia
ekonomi kerakyatan indonesia

Ekonomi kerakyatan, sebagaimana dikemukakan dalam Pasal 33 UUD 1945, adalah sebuah sistem perekonomian yang ditujukan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam bidang ekonomi.
 

perinsip dasar ekonomi kerakyatan

  • Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan
  • Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara; dan 
  • Bumi, air, dan segala kekayaan yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. 

Tujuan Ekonomi Kerakyatan

Penerapan ekonomi kerakyatan memiliki tujuan khusus, yakni demi mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan melalui peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengendalikan kegiatan perekonomian.


Tujuan ekonomi kerakyatan ini juga dapat dijabarkan lagi ke dalam lima sasaran pokok ekonomi kerakyatan. Secara garis besar, berikut adalah lima sasaran pokok ekonomi kerakyatan :
1. Ketersediaan peluang kerja serta penghidupan yang layak bagi seluruh anggota masyarakat.
2. Terselenggaranya sistem jaminan sosial yang untuk anggota masyarakat yang membutuhkan, terutama bagi fakir miskin dan anak-anak terlantar.
3. Distribusi kepemilikan modal material yang berlangsung relatif merata di antara anggota masyarakat.
4. Penyelenggaraan pendidikan nasional secara cuma-cuma bagi anggota masyarakat.
5. Terjaminnya kemerdekaan bagi setiap anggota masyarakat dalam mendirikan serikat-serikat ekonomi, atau menjadi anggota di dalamnya.




elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, jaweng atau wawan. saya adalah admin dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll.

Posting Komentar untuk "perinsip trickle down ekonomi yang dianut indonesia"