Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Microsoft Clarity Tools Analytics untuk blogger

halo pembaca elinotes  kali ini saya akan review dan membahas sebuah Tools Analytics yang mirip seperti google analytics yaitu nama "Microsoft Clarity". 

Apa Itu Microsoft Clarity?

Microsoft Clarity  adalah tools  gratis dari microsoft yang berfungsi sebagai tools Analytics, heatmap dan record visitor di website. kita bisa mengetahui perilaku pengguna seperti mengklik, menggulir atau scroll halaman, dan berinteraksi dengan halaman tersebut.

apa itu microsoft Clarity
apa itu microsoft Clarity

jadi intinya semua perilaku vsitor dapat terekam dengan tools Microsoft Clarity.

Microsoft Clarity dapat  menganalisa dan memberikan gambaran bagaimana visitor berinteraksi dalam satu website, gratis tanpa ada batasan visitor ataupun halaman yang bisa kita analisa. Clarity adalah alat analitik perilaku pengguna website yang membantu Anda memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web Anda melalui fitur seperti tayangan ulang sesi dan peta panas.

Rada mirip dengan Google Analytics dan sejenisnya, tapi Clarity lebih fokus ke user behaviour; apa yang dilakukan visitor di website kita. tools ini bisa dikatakan unlimited ditulis di blog resminya Microsoft Clarity mau itu web dengan 10 visitor/day, atau 1 juta visitor/day, tetap gratis, dan yang paling penting bisa dipasang untuk platform blogger atau blogspot hehheehe. 


Fitur Microsoft Clarity

ada banyak fitur menarik yang dimiliki Microsoft Clarity seperti Session Playback, Heatmap dan 
Insight. semua data pelacakan klik, laporan peta panas, rekaman sesi, dan banyak lagi akan di visualisasi oleh Microsoft Clarity. 
fitur fitur dari microsoft Clarity
fitur fitur dari microsoft Clarity

Session Playback

semua sesi pengunjung blog atau website yang memasang Microsoft Clarity akan direkam seperti vidio. Jadi Kamu bisa lihat aktifitas user yang datang ke website mu dan di rekam. Microsoft Clarity layaknya memasang cctv di website, bahkan kita bisa melihat hasil rekaman atau recording vidio aktifitas pengunjung. 

Contoh recording sesseon playback ada di gambar dibawah ini

vidio recording microsoft Clarity elinotes
vidio recording microsoft Clarity elinotes


Heatmap

Fitur ini untuk suatu tools analytics dan tracking user behaviour uda menjadi tools wajib
Apalagi pas awal-awal sedang tahap testing. Kepake banget fitur ini..

Jadi kita tau variable-variable apa aja yang bisa kita benahi atau metrik apa aja yang bisa kita dapatkan dari hasil disini
heatmap Microsoft Clarity
heatmap Microsoft Clarity


Heatmaps memviualkan interaksi pengunjung website dalam dua bentuk yaitu peta klik dan peta gulir. jadi pergerakan mouse pengunjung akan dipetakan. Kedua tampilan ini mengemas banyak data ke dalam laporan yang dapat ditinjau dan mudah dipahami. 
H

Clickmaps

Clickmaps memberi tahu Anda konten apa yang penting bagi pengguna Anda, dan konten apa saja yang di klik atau dipilih pengunjung.

Hot map

Hot map menunjukkan laporan visual tentang bagaimana pengguna menggerakkan mouse mereka, di mana mereka mengklik, memilih atau menggulir.

filter filter khusus

anda dapat memfilter data dengan filter filter khusus yang telah disediakan
  • Quick Back. Ini menunjukan visitor yang klik satu link, terus cepat-cepat klik tombol back untuk kembali ke halaman sebelumnya.
  • Popular Pages. Jelas ini mah ya, menunjukan halaman populer di website kita.
  • Refferers. Dari mana visitor datang ke website kita.
  • Devices. Apa saja perangkat yang dipakai visitor buat akses website kita.
  • Browsers. Jenis browser apa saja yang dipakai oleh visitor.
  • Operating System. Jenis OS yang digunakan oleh visitor saat akses web kita.
  • Countries. Dari mana saja visitor yang datang.

Insight (ringkasan)

insight menampilkan data data ringkasan. Anda akan dapat melihat berapa banyak pengguna yang mengklik tautan yang tidak ada atau berapa banyak orang yang menggulir ke atas dan ke bawah halaman untuk mencari sesuatu yang tidak dapat mereka temukan dengan mudah. 

contoh insight microsoft clarity elinotes
contoh insight microsoft clarity elinotes

Anda juga dapat melihat hal-hal seperti berapa banyak kesalahan javascript bersamaan yang terjadi di seluruh klien Anda atau berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna rata-rata untuk menavigasi situs Anda.


memasang Microsoft Clarity untuk blogger blogspot

Mendaftar Microsoft Clarity untuk blogger blogspot caranya gampang yaitu:

  • Pertama, buka Situs web Microsoft Clarity dan klik tombol Memulai atau daftar. kalian akan disuguhkan cara untuk mendaftar Anda memerlukan akun Microsoft, Facebook, atau Google untuk mendaftar. silakan pilih salah satu akun untuk mendaftar.
    cara mendaftar microsoft clarity
    cara mendaftar microsoft clarity

  • Segera setelah Anda mendaftar, Anda akan melihat dasbor Clarity dengan popup untuk menambahkan proyek baru.
    add project microsoft clarity

  • Silakan masukkan nama untuk proyek Anda. Anda dapat menggunakan nama situs web Anda agar mudah dikenali. Selanjutnya, masukkan URL situs web Anda dan pilih kategori situs. jika anda menggunakan blogspot silakan masukan url blogspot kalian. 
    mendaftar microsoft clarity untuk blogspot
    mendaftar  microsoft clarity untuk blogspot

  • Setelah Anda membuat proyek baru Anda, itu kemudian akan terdaftar di dasbor Anda.
  • Anda harus menyalin kode pelacakan yang harus Anda tambahkan di situs blogspot anda. 
    menginstal kode pelacakan microsoft clarity untuk blogspot
    menginstal kode pelacakan microsoft clarity untuk blogspot

  • Buka blogspot dan login ke akun anda. silakan kalian masuk ke tema, lalu pilih edit html pada dasbord blogspot
  • tempel atau letakan kode pelacak dibawah kode <head> jika sudah silakan simpan atau save.


Beda Microsoft Clarity dengan Google Analytics

Google Analytics adalah solusi analitik terbaik di pasar karena menawarkan banyak fitur pelacakan mendalam. Microsoft Clarity, di sisi lain, berfokus pada visualisasi interaksi pengguna dengan peta panas dan rekaman sesi.

Google Analytics membantu Anda melacak hampir semua hal di situs web Anda. Ini juga memiliki pelacakan eCommerce yang ditingkatkan, pelacakan konversi, laporan terperinci, dll.

Microsoft Clarity adalah platform baru, dan saat ini bukan merupakan alternatif dari fitur Google Analytics yang jauh lebih unggul. Namun, Anda dapat menggunakan Microsoft Clarity bersama Google Analytics untuk membuka fitur seperti peta panas dan rekaman sesi pengunjung karena Google belum menawarkan fitur tersebut.

Sebelum fitur analitik Microsoft, banyak pemilik situs web akan menggunakan solusi peta panas berbayar seperti Hotjar atau CrazyEgg bersama Google Analytics, tetapi sekarang Anda memiliki alternatif gratis untuk alat tersebut.

Kesimpulan 

Tools Analytics Microsoft Clarity memungkinkan Anda untuk menelusuri detail pola perilaku pengguna tertentu yang dapat memberikan dasar untuk membuat keputusan yang lebih baik lagi. 

anda dapat memperbaiki halaman webiste dengan data yang disediakan Microsoft Clarity agar kepuasan pengunjung menjadi tinggi.

Microsoft Clarity dapat digunakan bersama Google Analytics agar website makin banyak pengunjung dan kepuasan pengunjung menjadi tinggi.


elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "Microsoft Clarity Tools Analytics untuk blogger"