Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

menulis aksara jawa dengan aplikasi gboard (Google Keyboard)

Hai, pada artikel ini elinotes.com akan membahas bagaimana caranya menulis aksara jawa dengan aplikasi gboard (Google Keyboard)

aksara jawa aplikasi gboard (Google Keyboard)

smartphone android umumnya dibekali aplikasi bawaan yaitu gboard (Google Keyboard). taukah anda bahwa kita bisa menulis tulisan jawa dengan font aksara jawa yang indah.

menulis aksara jawa dengan google keyboard
menulis aksara jawa dengan google keyboard

pada artikel ini akan dibahas mengenai keyboard aksara Jawa serta bagaimana cara seting  memasangnya di smartphone Android kita. Bagi Anda yang sedang ingin belajar menulis aksara Jawa di perangkat Android, tentunya pembahasan kita kali ini akan bisa sangat membantu Anda.

aplikasi gboard (Google Keyboard)

Gboard adalah aplikasi papan ketik virtual yang dikembangkan oleh Google untuk perangkat Android dan iOS. Pertama kali dirilis di iOS pada Mei 2016, diikuti oleh rilis di Android pada Desember 2016, memulai debutnya sebagai pembaruan besar untuk aplikasi Google Keyboard yang sudah stabil di Android. salahsatu fitur tersembunyi Google Keyboard adalah kemampuannya untuk menulis dan mengetik aksara jawa.

cara mengatur aksara jawa di gboard (Google Keyboard)

mengetik di smartphone kita membutuhkan aplikasi keyboard atau papan ketik. yang paling umum dan bawaan dari smartphone android adalah aplikasi gboard. untuk menulis aksara jawa dengan aplikasi gboard kita harus mengatur setelan bahasa gboard ke pengaturan bahasa jawa. berikut adalah langkah langkah mengatur ap;ikasi gboard agar bisa menulis tulisan dengan font aksara jawa:

  • Buka Setelan android > Setelan tambahan > Bahasa & masukan pada smartphone Android Anda.
    cara ubah bahasa sistem android ke bahasa jawa
    cara ubah bahasa sistem ke bahasa jawa

  • pada Bahasa & masukan kalian pilih papan ketik layar  dan pilih Gboard. Pastikan pada keyboard saat ini yang terpilih adalah Pengetikan multibahasa - Gboard, kemudian ketuk menu Gboard di bawahnya.
    pilih papan ketik layar android
    pilih papan ketik layar android

  • Setelan Google Keyboard akan terbuka. Sekarang, pilih dan buka menu Bahasa untuk menambahkan aksara Jawa di dalamnya.
  • Daftar bahasa yang digunakan oleh GBoard pada smartphone Android Anda saat ini akan terlihat. Ketuk tombol Tambahkan Keyboard.
    tambahkan google keyboard Gboard bahasa jawa
    tambahkan google keyboard Gboard

  • scroll kebawah dan Carilah bahasa Jawa, kemudian pilih Jawa (Aksara Jawa) di dalamnya. pastikan kalian terkoneksi dengan internet kerana akan mendownload data gboard berbahasa jawa.
  • setelah file terdownload Pastikan bahasa aksara Jawa telah tercentang dan ketuk Selesai.

  • Dengan langkah-langkah di atas, maka aksara Jawa berhasil ditambahkan pada daftar bahasa tampilan Google Keyboard berbahasa jawa di smartphone Android Anda tampilannya seperti gambar dibawah ini. 
    tampilan google keyboard Gboard dengan font bahasa jawa
    tampilan google keyboard Gboard dengan font bahasa jawa

cara menulis aksara jawa di gboard (Google Keyboard)

Untuk mengetik aksara Jawa menggunakan aplikasi Google Keyboard yang telah kita tambahkan bahasanya tadi, ikuti tutorialnya berikut ini.

  • Buka aplikasi  yang biasa untuk menulis  seperti pesan, catatan, WhatsApp, atau aplikasi apapun yang biasa Anda gunakan untuk mengetik dengan aplikasi keyboard.
  • Untuk mengganti bahasa keyboard dari latin menjadi aksara Jawa, tekan lama tombol spasi dan pilih Jawa (Aksara Jawa) maka secara otomatis Tombol-tombol pada GBoard akan berubah menjadi font aksara Jawa
  • Sekarang, mulailah mengetik kata, kalimat, atau tulisan yang Anda inginkan dengan keyboard aksara Jawa tersebut.

kembali dari aksara jawa ke aksara latin

Untuk mengganti kembali dari setelan aksara jawa ke font tombol-tombol keyboard tersebut menjadi huruf latin sebagi berikut:

  • tekan lama menekan tombol spasi 
  • geser dan pilih bahasa indonesia.

vidio menulis aksara jawa dengan aplikasi gboard (Google Keyboard)

jika tutorial diatas masih kurang paham atau  bingung dengan cara memasang dan menggunakan keyboard aksara Jawa di atas? Anda bisa menonton video di bawah ini untuk lebih jelasnya.



kalau kalian tidak ingin repot repot mengubah pengaturan google keyboard, kalian membaca artikel saya sebelumnya yaitu  aplikasi keyboard bahasa jawa android  sedangkan untuk pengguna apple ios kalian bisa membaca artikel saya sebelumnya yaitu  aplikasi keyboard aksara jawa untuk apple


Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini tentang aplikasi keyboard aksara Jawa serta bagaimana cara memasang dan menggunakannya di smartphone Android. Silahkan tinggalkan jejak Anda melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Sekian dan terima kasih.

elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "menulis aksara jawa dengan aplikasi gboard (Google Keyboard)"