Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

perbedaan bulu dan rambut menurut anatomi biologi, struktur dan ahli

masyarakat indonesia sering salah kaprah dalam membedakan bulu dengan rambut. Padahal menurut para ahli antara bulu dan rambut itu memiliki perbedaan yang signifikan terutama secara antomi biologi, dan struktur. penggunaan penyebutan bulu dan rambut  di indonesia sering tertukar yang seharusnya disebut dengan dengan bulu justru disebut dengan rambut begitu juga sebaliknya. salah kaprah diindonesia ini haruslah di luruskan

perbedaan bulu dan rambut
perbedaan bulu dan rambut

Bulu adalah satu struktur kedap pada burung dan unggas. 

menurut para ahli biologi Bulu adalah satu struktur kedap air yang menutupi permukaan  unggas seperti ayam, itik maupun pada burng seperti bangau hantu dll. sedangkan menurut bahasa indonesia struktur lapisan luar kulit yang membentuk penutup tubuh bangsa unggas; kumpulan rambut banyak dan bertangkai seperti pada unggas bulu ayam.

struktutr bulu unggas dan burung

Secara anatomi biologi bulu disusun dari barbules yang melekat pada barbs. Barbs merupakan percabangan dari rachis yang merupakan sumbu utama dari bulu. 

gambar struktur anatomi biologi dari sehelai bulu
struktur anatomi biologi dari sehelai bulu

struktur terkecil dari bulu adalah barbules yang melekat pada barbs, cabang ke samping dari rachis, sumbu utama dari bulu. Sekumpulan barbs ini akan membentuk bulu-bulu halus yang disebut dengan vane. Calamus adalah tangkai pangkal dari bulu yang menghubungkan bulu dengan folikel kulit.

struktur biologi dari bulu burung dan unggas bagian terkecil
struktur biologi dari bulu burung dan unggas bagian terkecil

menurut para ahli bahwa bulu sebenarnya adalah perkembangan dari sisik reptil. Adaptasi untuk terbang dan pengaturan suhu tubuh dijadikan dasar teori yang memicu perkembangan bulu.

bulu adalah perkembangan dari sisik
bulu adalah perkembangan dari sisik

warna bulu dan fungsi bulu pada burung dan unggas

warna bulu pada unggas

Warna-warna ada bermacam macam tetapi secara umum faktor genetik yang membentuk warna bulu berasal dari tiga pigmen warna utama yaitu melanin (hitam, kelabu, coklat), prophyrin (variasi warna merah, coklat, hijau), dan karotenoid (merah pekat, oranye).

fungsi utama bulu pada unggas: 

  • untuk insulasi (mengatur suhu tubuh) agar tidak kedinginan , aerodinamika, komunikasi, dan kamuflase 
  • Bulu pada burung yang mengalami modifikasi dapat digunakan untuk berenang, seperti pada pinguin 
  • bulu pada unggas dan burung untuk menyesuaikan lingkungan hidup seperti memproduksi suara, mendengar (pada burung hantu), sensasi tactil (burung elang)
  • bulu unruk menarik lawan jenis misalnya pada bulu burung merak.

Rambut helaian halus yang menutupi kulit mamalia

rambut menurut para ahli adalah lapisan tebal dari rambut-rambut halus yang menutupi kulit dari mamalia termasuk manusia. sedangkan menurut kamus bahasa indonesia rambut adalah bulu yang tumbuh pada kulit manusia (terutama di kepala).

struktur anatomis rambut

 secara secara anatomi rambut tersusun dari akar rambut (root, bulb atau knob), batang rambut (shaft), dan ujung rambut (top). Umumnya baik manusia maupun hewan memiliki struktur bagian rambut yang sama yakni kutikula, korteks, dan medulla.
struktur umum anatomi dari rambut hewan dan manusia
struktur anatomi dari rambut hewan dan manusia


persamaan dan perbedaan rambut hewan dan manusia

persamaan Rambut hewan mamalia maupun manusia adalah setiap helai rambut akan tertanam pada kulit. umumnya rambut yang tertanam pada kulit akan bentuk kurus dan meruncing.  

perbedaan rambut hewan mamalia dengan manusia terletak pada tingkat ukuran dan kehalusan rambut. umumnya rambut manusia kecil dan halus apabila diraba rambut manusia akan halus. berbeda dengan rambut manusia, rambut hewan apabila teraba lebih kasar dengan pigmen seragam yang terletak di tengah atau tepi. Sedangkan pada manusia rambut lebih lembut dan pigmen tersebar sepanjang batang rambut. 

Kutikula rambut hewan memiliki sisik yang besar, dengan medula yang lebar menyambung dan korteks yang tipis. Pada manusia kutikula lebih kecil, dengan medula sempit terputus atau menyambung, dan korteks yang tebal.

penggunaan istilah rambut dan bulu dalam bahasa

penggunaan istilahnya pun berbeda menurut bahasa inggris dimana kata 'hair' digunakan untuk menyebut rambut pada manusia. Sedangkan untuk hewan kata yang tepat untuk 'rambut' adalah 'fur' walaupun terkadang orang menyebutnya 'hair'. Lain halnya dengan 'bulu' yang dalam bahasa inggris disebut dengan 'feather'. 

anda tidak akan pernah mendengar ada orang asing yang mengatakan bulu kucing dengan sebutan feather atau bulu ayam dengan hair dalam bahasa inggris.

penggunaan dalam bahasa inggris ini adalah penggunaan bahasa untuk istilah rambut dan bulu yang benar. hal ini tentu berbeda dengan bahasa indonesia yang masih salah kaprah dalam penggunaan istilah rambut dan bulu pada bahasa indonesia hehehhehe.

kesimpulan

secara struktur morfologi rambut dan bulu sangat berbeda, dimana menurup ahli biologi  rambut digunakan untuk hewan mamalia termasuk manusia, sedangkan bulu digunakan untuk penyebutan  pada hewan bangsa unggas dan burung. 

sekian semoga artikel perbedaan bulu dan rambut menurut anatomi biologi, struktur dan ahli bermanfaat untuk kita semuanya. semoga bermanfaat.
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, jaweng atau wawan. saya adalah admin dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll.

Posting Komentar untuk "perbedaan bulu dan rambut menurut anatomi biologi, struktur dan ahli"