Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

tepung ikan cara membuat dan prospek usahanya

elinotes tepung ikan sering digunakan sebagai sumber protein karena terbuat dari ikan yang proteinnya tinggi. tepung ikan sering digunakan sebagai pakan ternak diurutan teratas dalam menyusun ransum pakan ternak. Pembuatan atau pengolahan tepung ikan ini bisa dilakukan bagi daerah yang berlimpah limbah ikan, ikan lemuru, ikan rucah terutama daerah pinggir laut yang memiliki pelabuhan ikan. Tepung ikan telah digunakan sebagai bahan makanan sejak abad ke-19 di Eropa Utara dan sekarang digunakan di seluruh dunia.

apa itu tepung ikan

Tepung ikan adalah produk samping pengolahan ikan berkadar air rendah yang diperoleh dari penggilingan ikan.  Tepung ikan diperoleh dengan memasak, menekan, mengeringkan dan menggiling ikan mentah segar atau pemangkasan ikan (IFFOO, 2006). Ada beberapa jenis tepung ikan di pasaran tergantung pada sumber ikan atau produk oleh perikanan yang digunakan dan pada teknologi pengolahan yang terlibat. Tepung ikan berwarna coklat yang kurang lebih kasar. Produk yang kaya dengan protein dan mineral ini digunakan sebagai bahan baku pakan ternak. Tepung ikan merupakan salah satu bahan pakan yang berpotensi sebagai sumber protein maupun lemak terutama asam lemak tak jenuh rantai panjang (poly-unsaturated fatty acids–PUFA) yang diketahui banyak berperan dalam memperbaiki penampilan reproduksi ternak (Ashes et al., 1992).

gambar tepung ikan atau fish meat
tepung ikan fish meal
Tepung ikan yaitu salah satu product hasil dari pengolahan ikan yang mempunyai kadar air rendah. Diantara keunggulan tepung ikan di bandingkan tepung-tepung yang lain yakni dirinya mempunyai kandungan protein & mineral yg amat tinggi. Sehingga, tidak heran jikalau tepung ikan tidak jarang difungsikan oleh para peternak yang merupakan salah satu bahan pokok utk pakan ternak.

Tidak Hanya itu, tepung ikan pun sanggup difungsikan yang merupakan sumber lemak & protein, apalagi kusus lagi asam lemak tidak jenuh rantai panjang. Kandungan ini mempunyai peran yangg teramat mutlak terhadap perbaikan penampakan reproduksi binatang ternak.

kandungan tepung ikan

Mandell et al. (1997) melaporkan bahwa tepung ikan banyak mengandung asam lemak esensial eicosapentaenoic acid (EPA, C20:5n-3) yaitu sebanyak 5,87 g dan docosahexanoic acid (DHA, C20:6n-3) sebanyak 9,84 g/kg. Asam lemak esensial tersebut dilaporkan oleh banyak peneliti mempunyai fungsi unik dalam meningkatkan produktivitas, kualitas produk, dan penampilan reproduksi ternak (Pike et al., 1994). 

Kandungan nutrisi tepung ikan adalah protein 66,02 % ; lemak 10,82 %, dan abu 21,82 %. Komposisi asam amino terdiri dari arginin 3,44 %, sistin 0,49 %, histidin 1,42 %, isoleusin 2,64 %, leusin 3,25 %, lisin 4,8 %, methionin 1,62 %, fenilalanin 2,59 %, threonin 2,91 %, triptofan 0,84 %, tirosin 1,89%, serta valin 3,1%.

 Tepung ikan yang bermutu baik harus bebas dari kontaminasi serangga. Jamur, mikroorganisme pathogen. Dalam susunan makanan ternak, tepung ikan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan terutama ternak ayam dan babi selain itu juga sebagai komponen makanan ikan. Tepung ikan dapat dibuat dengan cara basah, kering dan dengan cara penyulingan. Tetapi cara kering paling cocok dilakukan untuk industri kecil karena lebih sederhana dan lebih murah.

cara membuat tepung ikan

pembuatan tepung ikan terdiri dari berbagai tahapan mulai dari penggilingan, pengukusan, pengeringan, pemersan minyak, penggilingan cake hingga pengemasan tepung ikan. 


Penggilingan ikan 

ikan yang akan dibuat tepung ikan terlebih dahulu dipilih dan dipilah.Penggilingan atau penghancuran ikan ini umumnya dilakukan terhadap ikan-ikan yang berukuran sedang hingga besar, sementara ikan-ikan kecil tidak mesti harus dilakukan penggilingan. Sebelum dilakukan penggilingan ada baiknya ikan yang berukuran sedang ataupun besar tersebut dilakukan pembersihan pada bagian dalamnya terutama untuk membuang jeroannya. Bahan ikan yang telah dicuci tersebut kemudian dimasukkan ke dalam penggilingan sehingga akan diperoleh bubur mentah berbahan ikan.

Tahap Pengukusan

Setelah melakukan proses penggilingan dan memperoleh bubur mentah berbahan ikan tersebut harus dikukus tujuannya menghilangkan lemak ikan yang membuat tengik dan mematikan patogen pembusuk. proses pengukusan dilakukan selama 1 jam dengan uap panas sehingga menghasilkan bubur ikan yang matang secara sempurna. Hasil kukusan tersebut berupa bubur matang ikan.

Tahap Pengeringan

proses pengeringan tujuannya untuk mengurangi kadar air dalam tepung ikan. Untuk proses pengeringan ini ada baiknya menggunakan alat pengeringan seperti oven sehingga dapat menghasilkan adonan atau cake ikan kering yang berkadar sekitar 8 persen. 

Hasil pengeringan disebut cake kering ikan. Cake kering ikan mempunyai kadar lemak tinggi (di atas 30%). kelemahan Pengeringan dengan menggunakan sinar matahari kurang efektif karena memerlukan waktu yang lebih lama sehingga proses produksinya menjadi kurang efisien, selain itu juga sulit mengukur kadar air yang terkandung dalam cake ikan tersebut.

Pemerasan Kadar Minyak

minyak atau lemak pada tepung ikan dapat membuat cepat tengik sehingga kandungan minyak harus dikuangi. Kandungan kadar minyak atau lemak ikan yang masih tinggi perlu dikurangi agar menghasilkan produk tepung ikan yang lebih awet. Dengan memerasnya, baik itu secara manual ataupun menggunakan mesin, akan menghasilkan cake ikan yang lebih sempurna. untuk hasil yang lebih baik Cake kering ikan diperas dengan alat pres sehingga sebagian dari minyak keluar.

Penggilingan Cake (Penepungan)

tepung ikan yang sudah dikeluarkan kadar minyaknya selanjutnya adalah penepungan Cake dengan mesin penggiling sehingga diperoleh tepung ikan yang cukup halus berbentuk tepung (lolos ayakan 40-60 mesh) atau dengan ukuran yang diinginkan.

Tahap Pengemasan dan Pemasaran

Setelah mendapatkan produk tepung ikan yang halus, maka tahap berikutnya adalah pengemasan dan juga pemasaran. Tepung ikan sebaiknya disimpan dalam karung plastik atau di dalam wadah yang kedap air. Sebelum melakukan pemasaran atau penjualan, pastikan terlebih dahulu bahwa kadar air yang terkandung dalam produk tersebut berada di bawah 8% agar bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Di pasaran harga tepung ikan rata-rata Rp 10.000 – 20.000 per kg, tergantung kadar proteinnya.

membuat tepung ikan dengan mesin

pada perinsipnya membuat tepung ikan dengan msin hampir sama dengan cara diatas hanya saja jika menggunakan mesin pembuat tepung ikan prosesnya akan lebih mudah dan meminimalisir penggunaan tenaga manusia sehingga tidak cape dan lelah. 


Mesin Pembuat Tepung Ikan

 mesin tepung ikan adalah merupakan mesin yang dapat digunakan untuk membuat ikan menjadi tepung. Mesin ini bekerja dengan cara menggiling/ melumatkan daging ikan sehingga menjadi butiran daging yang halus sehingga menjadi tepung ikan.

Mesin tepung ikan ini memiliki kandungan protein dan mineral. Kandungan ini sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak. Dan dalam mesin pembuat tepung ini, anda dapat memproduksi tepung ikan dalam jumlah yang besar.

Cara Pengoperasian Alat Pembuat Tepung Ikan

Cara Pengoperasian Alat pembuat tepung ikan ini sangat mudah kok dengan cara pertama-tama anda siapkan dulu ikan segar, setelah itu ikan-ikan segar ini oven pengering. Fungsi pengeringan ini adalah mengurangi kadar air yang ada di dalam ikan sebelum diproses menggunakan mesin tepung ikan. Setelah ikan kering, barulah masukkan ikan-ikan tersebut ke dalam alat tepung ikan untuk digiling menjadi potongan-potongan halus.



Kelebihan mesin Pembuat Tepung Ikan

  • Hemat tenaga karena penggilingan dilakukan secara otomatis menggunakan alat penepung ikan, bukan dengan manual
  • Menggiling dengan menggunakan alat memudahkan anda untuk meningkatkan produktivitas dalam menghasilkan tepung-tepung ikan berkualitas untuk hewan ternak
  • Dengan mudah penggunaan mesin penepung ikan ini juga mampu menggiling dengan secara otomatis
  • Untuk hasil akhirnya adalah tepung ikan dengan jumlah besar ini dapat digiling dengan cepat dan juga bisa hemat tenaga.

ciri ciri tepung ikan yang baik dan berkualitas baik

tepung ikan yang bermutu baik harus mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :
1.   Butiran – butirannya harus seragam.
2.   Bebas dari sisa – sisa tulang, mata ikan dan benda asing, warna halus bersih, seragam, serta bau khas ikan amis (Afrianto dan Liviawaty, 2005).

gambar tepung ikan yang bagus untuk pakan ternak
gambar tepung ikan yang bagus dan berkualitas baik

potensi bisnis tepung ikan

 bisnis tepung ikan sangat menjanjikan kerana mengolah limbah ikan menjadi barang dengan nilai ekonomi yang tinggi. Harga ikan lemuru basah dipelabuhan ditingkat pengepul berkisar Rp.18700-Rp.2200 perkg (bulan ini Agustus 2015, di pelabuhan puger Jember) bagi yang jeli menangkap peluang ini bisnis membuat tepung ikan bisa dijadikan sandaran penghasilan. proses pembuatan ikan menjadi tepung mengalami penyusutan menjadi 30-35% bisa mendapatkan laba menggiurkan, kebutuhan akan tepung ikan tidak pernah habis.


Gambaran harga tepung ikan per kilo gram di wilayah Jawa Timur


Protein 30%       Rp.5.000

Protein 40%       Rp.5.500

Protein 50%       Rp.6500

Protein 60%       Rp.7500

Protein 70%       Rp.8500
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, jaweng atau wawan. saya adalah admin dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll.

Posting Komentar untuk "tepung ikan cara membuat dan prospek usahanya"