Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

review printer epson L120 kelebihan kekurangan driver harga

Hay pembaca elinotes, kali ini aku akan mereview sebuah printer epson yaitu epson L120. printer epson l120 bisa dikatakan printer epson sejuta umat kerana hampir disetiap tempat ngeprint atau fotokopian  hampir saya menjumpai printer jenis ini. tentu pemilihan printer epson l120 bukan tanpa alasan kerana epson terkenal merek yang bandel tidak gampang rusak  dan garansi prinhead rusak ganti baruhehehhehe. 

printer tipe l120
printer tipe l120

review printer epson L120 

epson l120 adalah salah satu produk printer epson dari jenis L seris dimana jenis ini dilengkapi dengan tempat penyimpanan tinta atau jenis printer Epson yang menggunakan sistem ink tank. epson l120 dibuat untuk menyempurnakan versi sebelumnya yaitu epson printer L series seri sebelumnya yaitu L100 dan L110.

epson l120 review
epson l120 review

tentunya bro printer epson L120 punya kelebihan dan kekurangan. review ini jujur berdasarkan pengalamanku menggunakan printer ini. 

spesifikasi lengkap printer epson l120

spesifikasi printer epson l120
spesifikasi printer epson l120


Metode Cetak: InkJet

Maks. Ukuran Kertas: A4

Maks. Resolusi Cetak: 720

Effective Print Resolution: 720 x 720 dpi

Kecepatan Cetak B/W: 8.5 ipm

Kecepatan Cetak Warna: 4.5 ipm ppm

Konektivitas: USB Kabel

Sistem Operasi: Windows XP/XP Professional x64 Edition/Vista/7/8/8.1/10.  Mac OS X 10.5.8, 10.6.x, 10.7.x, 10.8.x, 10.9.x

Input Tray : 50 lembar, A4 Plain paper (75g/m²)

Duplex Printing: Manual

Power Consumption Printing : Approx. 10W

Power Consumption Standby : Approx. 2.0W

Power Consumption Sleep : Approx. 0.6W

Power Consumption Power Off : Approx. 0.3W

Dimensi: 461 x 215 x 130 mm (W x D x H)

Berat: 2.4 kg

Konsumable: Black Ink Cartridge (T6641), Cyan Ink Cartridge (T6642), Magenta Ink Cartridge (T6643), Yellow Ink Cartridge (T6644)

kelebihan epson l120

kelebihan epson l120
kelebihan epson l120


printer merek epson

kelebihan yang pertama adalah nama besar merek epson. dulu aku beli printer epson l120  di els komputer purwokerto. memang dari rumah sudah niat mau beli printer epson hehhehe. saat aku disana aku ditawari oleh seles cannon dibandingkan dengan tipe apa aku lupa yang punya kelebihan bisa scan. memang sudah niat sih aku tolak dan lebih memilih printer ini hhehehe

menggunakan sistim ink tank

kelebihan epson l120 menggunakan sistim tinta ink tank jadi kita tidak perlu memodifikasi sistim infus. pengalaman temanku yang membeli printer yang harus modif modif sistim infus tinta ribet, jadi aku memilih printer epson ini yang sudah terintegrasi ink tank jadi gampang apabila ingin isi dan tambah tinta .

garansi yang panjang

epson terkenal dengan garansi yang bagus bahkan termasuk print head, dimana komponen prinhead apabila rusakbiaya untuk penggantian lumanayan mahal. kalau kalian cermati tempat tempat seperti warnet, fotokopi, atau cetak foto rata rata memakai printer epson. tentunya kerana epson bandel dan apabila rusak gampang diperbaiki.

alasanku  memilih epson l120 kita bisa mendapatkan garansi selama 2 tahun  atau 40.000 lembar cetak dan tentunya termasuk garansi printhead. entah kenapa temanku terus mensugestikan merek epson heheheh

bentuk yang ringkas dan ringan

bentuk printer epson L120 ringkas dan tidak berat kerana hanya berbobot 2,4 kg. berat hanya 2 kg lebih sehingga cocok ditempatkan dimana saja baik diatas meja, atau kursi. 

bisa cetak warna

printer epson l120  bisa cetak warna berkat tinta berkat perpaduan  tinta Black Ink Catridge [T6641], Cyan Ink Catridge [T6642], Magenta Ink Catridge [T6643], Yellow Ink Catridge [T6644].  epson l120 juga bisa untuk ceta foto walaupun hasilnya tidak terlalu bagus.

tinta epson l120
tinta epson l120

hemat kertas 

pihak epson mengklaim epson l120 hemat tinta  Hanya dengan 75rb perbotol (saat isi ulang) dengan isi masing-masing 70 ml kamu bisa mencetak maksimal 4500 lembar untuk tinta hitam, 7500 lembar tinta Cyan, 7500 lembar tinta Magenta dan 7500 lembar tinta Yellow. 

printer yang hemat dengan biaya operasional sekitar Rp35 per halaman warna. Sebagai penerus dan sudah melalui berbagai peningkatan mutu, Epson L120 tentu lebih hemat lagi.

Tangki tinta bawaan printer Epson L120 ini memiliki kapasitas 40 ml untuk setiap warna. Total warna yang digunakan ada 4, yaitu cyan, magenta, kuning, dan hitam karena printer ini menganut sistem warna CMYK.

kecepatan cetak lumayan 

epson l120 diklaim memiliki  Print speed sekitar 8,5 IPM untuk warna hitam dan 4,5 IPM untuk warna. Epson L120 sudah termasuk printer dengan kecepatan yang mumpuni. dari pengalaman saya ngeprin dengan printer ini lumayan cepat hehehehe.

kekurangan epson l120

kekurangan printer epson l120
kekurangan printer epson l120


tidak bisa scan 

Kekurangan yang paling terasa menurutku adalah tidak bisa scan dokumen. hal ini memang kerana epson L120 dirancang untuk keperluan print saja jadi wajar tidak bisa scan dokumen.

hasil print foto yang kurang tajam

kekurangan epson L120 yang lainnya menurutku adalah hasil print foto yang kurang tajam. hal ini dikeranakan resolusi printer epson l120 yang masih rendah yaitu 720 x 720 dpi. tetapi untuk cetak atau print dokumen seperti tugas tugas kuliah atau skripsi menurutku masih sanga mumpuni. 

tidak bisa cetak bolak balik

Kekurangan selanjutnya pada printer Epson L120 ini adalah tidak dilengkapi dengan fitur print bolak-balik secara otomatis (Automatic Duplex Printing). Sehingga, bagi pengguna yang ingin print bolak-balik, harus melakukannya secara manual. 

kapasitas kertas rendah

ini yang sering membuatku kesal, epson l120 Kapasitas Inputan Lembar Kertas maximal 50 lembar. seringkali saat ngeprint banyak kertas keburu habis dan harus terjeda padahal proses printing masih berlangsung. untuk mengakalinya kalian bisa menambahkan secara manual apabila kertas udah mau abis hehehehe.
daya tampung kertas printer epson l120
daya tampung kertas printer epson l120

kabel power yang longgar

ini hanya pengalaman pribadiku, selama aku mengunakan epson l120 bagian kabel power sering terasa longgar, apabila printer tersenggol tiba tiba mati, setelah aku cek ternyata kabel powernya longgar, untuk mengatasinya aku biasanya mengencangkan kabel power sebelum ngeprint. 

Download Driver Epson L120

biasanya apabila anda membeli printer epson l120 akan mendapatkan cd  yang berisi driver epson L120, Tetapi jika laptop atau komputer anda tidak ada cd drivernya Anda bisa mendownload driver epson L120 secara onlne lewat website web Epson berikut: Download Driver L120

harga printer epson l120

harga printer epson tipe l120 diberbagai toko online seperti tokopedia, shopiee, blibli, lazada, bukalapak dll  berkisar antara 1,4-1,5 juta rupiah.

kesimpulan 

printer l120 dikususkan untuk keperluan dasar yaitu cetak dokumen, saya tidak merekomendasikan untuk cetak foto  walaupun bisa sih tetapi hasilnya kurang bagus. untuk kebutuhan dasar cetak dokumen printer ini sangan mumpuni sekali. epson l120 tidak di desain untuk para pecinta fotografi atau seni. Printer ini di rekomendasikan untuk sekolah, rumah, kantor yang memerlukan kemampuan kuantitas cetak yang tinggi untuk dokumen-dokumen yang minim grafis dan di dominasi oleh banyak karakter.
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "review printer epson L120 kelebihan kekurangan driver harga"