Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara membuat custom Email Routing Gratis dari Cloudflare menggunakan domain sendiri

Halo pembaca elinotes kali ini saya akan membagikan artikel tentang Email Routing Gratis dari Cloudflare menggunakan domain sendiri. Bagi kalian yang ingin mempunyai email professional atau custom email tetapi tidak mempunyai hosting berbayar bias mencoba layanan Email Routing Gratis dari cloudflare.

Email Routing Gratis dengan domain sendiri
custom Email Routing Gratis dengan domain sendiri

Cara Mendaftar custom Email Routing Gratis Cloudflare

Email Routing cloudflare menawarkan fitur Email dengan domain milik pribadi dan menghubungkannya ke layanan emai umum seperti gmail, yahoo atau outlook secara gratis. Email Routing on Cloudflare Use Gmail to receive and send webmail Ini adalah anternatif layanan email yang tidak ribet dapat terhubung kelayanan gmail google. 

Seperti yang kita tahu Cloudflare sudah terkenal sebagai salah satu penyedia CDN terbaik yang ada dan mempercepat situs web Anda dan melindunginya dari sebagian besar ancaman keamanan. Cloudflare sudah terbukti mempercepat situs dan caching-nya juga mengurangi permintaan dan beban server.

Salah satu layanan terbaru dari cloudflare adalah Email Routing yang bias dikatakan sebagai layanan baru dari cloudflare hal ini kerana statusnya masih beta, sehingga kita bias mencobanya secara gratis. Nantinya kalian bisa membuat coustom email mengunakan domain dan menerima email dengan layanan webmail yang biasa kalian pakai seperti gmail google, maupun outlook dari Microsoft.

Kelebihan mendaftar email routing cloudflare

  • Dirancang privat dan aman Cloudflare tidak pernah melihat dan menyimpan email yang kalian kirim sehingga dipastikan aman
  • Mudah dan gratis, Setiap orang bisa membuat akun cloudflare, menghubungkan domain yang mereka punya dan membuat alamat email secara gratis
  • Mengantarkan email ke mailbox yang biasa digunakan. Layanan email cloudflare bisa digunakan untuk mengirimkan pesan email ke mailbox yang biasa kalian pakai seperti gmai, outlook ataupun mailbox lainnya.
Cloudflare Email Routing dirancang untuk menyederhanakan cara Anda membuat dan mengelola alamat email, tanpa perlu mengawasi kotak surat tambahan.

Prosesnya sederhana:
  • Anda memasukkan alamat email yang ingin Anda buat di domain Anda
  • Anda memasukkan alamat email yang Anda inginkan untuk diteruskan
Umumnya bagian mail terdiri dari amplop, header, dan body-nya. 
  • Amplop adalah bagian dari protokol transport SMTP dan memberi tahu server dari mana email itu berasal dan ke mana seharusnya dikirim.
  • Header berisi informasi terstruktur seperti jalur perjalanan pesan, tanggal, alamat pengirim dan penerima, subjek, dan metadata teknis lainnya seperti hasil kelulusan SPF, tanda tangan DKIM, dan skor anti-spam. Setiap kali pesan melewati server, ia dapat menambahkan header baru atau memodifikasi yang sudah ada hingga mencapai kotak masuk terakhir.
  • Dan akhirnya, ada isi pesan, di mana konten sebenarnya berada. Isinya dapat berupa teks biasa, HTML kaya, dapat berisi lampiran file, dan dalam beberapa kasus, dapat ditandatangani atau bahkan dienkripsi.
Layanan Email Routing cloudflare bertindak sebagai router cerdas di lapisan transport, menangani dan memodifikasi amplop SMTP untuk mengirimkan pesan di tujuan akhirnya tetapi mempertahankan header asli dan menjaga body tetap utuh. Pendekatan ini memastikan bahwa hal-hal seperti SPF, DKIM, dan protokol keamanan atau anti-spam lainnya tidak rusak dan penerima tetap terlindungi.

Selain itu, dengan mengikuti pendekatan privasi cloudflare tidak memeriksa, mengantre, atau menyimpan email di titik mana pun. Pesan diterima, ditangani sesuai dengan aturan yang dikonfigurasi, dan dikirim ke tujuan akhirnya secara real-time. jadi dipastikan menggunakan layanan ini akan aman.

Berikut akan saya bahas tutorial panduan membuat email pribadi professional menggunakan domain pribadi menggunakan cloudflare tanpa hosting berbayar dan gratis:

Menghubungkan domain ke cloudflare

Sebelum bias menggunakan email dari cloudflare terlebih dahulu kita mebuat akun dan menghubungkan domain yang kita punya ke cloudflare. Caranya gampang kalian bias daftar menggunakan email, konfirmasi dan silakan seting dns ke cloudflare. Setelah dns terhubung bias ketahap selanjutnya. 

Gabung ke layanan cloudflare email beta

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal layanan email cloudflare masih tahap beta, sehingga kalian harus join atau bergabung terlebih  dahulu,  caranya kalian pilih di menu cloudflare domain yang sudah terhubung, lalu email (beta) dan pilih access requested. 

coustom email menggunakan cloudflare
coustom email menggunakan cloudflare

Menunggu permintaan access requested email cloudflare disetujui

Butuh waktu agar permintaan akses email beta cloudflare disetujui, kalau tidak salah saya menunggu sekitah 2 harian. Tetapi jika kalian beruntung permintaan access requested email beta bisa disetujui dengan cepat. Tanda jika permintaan akses email beta cloudflare disetujui kalian akan mendapat email dari cloudflare di inbox email yang kalian gunakan untuk mendaftar akun. 

permintaan layanan email routing beta cloudflare disetujui
permintaan layanan email routing beta cloudflare disetujui

Gambarnya bisa kalian lihat dibawah. 

email verified now cloudflare
email verified now cloudflare

setelah permintaan disetujui lanjut kelangkah berikutnya.

Create custom address 

Nah Ini tahap yang penting, kalian bisa Create custom address sesuai keinginan. bisa atur nama sesuai keinginan atau semau kalian missal admin, info, contact dll, caranya bisa lihat gambar dibawah. 

pengaturan custom email sesuai keinginan
pengaturan custom email sesuai keinginan

Jangan lupa tentukan alamat kemana email akan dikirim caranya kalian pilih send to lalu isi alamat emai tujuan (destinations address) lalu klik save untuk menyimpan pengaturan akun. Pada destinations address bisa menggunakan layanan  email popular seperti gmail, outlook atau yang lainnya biasa kalian pakai. 

Verifikasi alamat tujuan (destinations address)

Untuk verifikasi alamat tujuan silakan kalian cek inbox destinations address yang sudah kalian daftarkan, jika tidak ada biasanya masuk ke folder spam, silakan cek dan jangan lupa klik verifikasi agar bisa lanjut ketahap selanjutnya. Untuk gambarnya bisa kalian lihat dibawah.

membuat alamat coustom alamat email cloudflare
membuat alamat coustom alamat email cloudflare

Seting email dns record

Agar email dapat masuk ke inbox custom email yang telah kita buat kalian harus mengatur dns record terhubung ke cloudflare. Caranya kalian seting MX record dan TXT record dengan pengaturan seperti pada gambar berikut ini

pengaturan mx record dan txt record pada custom email cloudflare
pengaturan mx record dan txt record pada custom email cloudflare

pengaturan mx record dan txt record pada custom email cloudflare yang benar adalah sebagai berikut ini 

pengaturan custom email cloudflare yang benar
pengaturan custom email cloudflare yang benar

test email custom 

untuk mengetes apakah sudah berhasil kalin bisa mencoba mengirim pesan ke alamat custom yang sudah kalian buat. Jika sudah masuk ke inbox alamat destinations address yang sudah kita seting sebelumnya, pada tahap ini sebenarnya email custom dengan domain sendiri sudah bisa menerima epesan yang dikirim email sudah sudah siap digunakan, hanya saja masih ada kekurangan yaitu apabila membalas pesan masih menggunakan mail box bawaan, nah cara mengatasinya mari ketahap pengaturan lanjutan email custom.

pengaturan lanjutan email costom

apabila kalian pengguna gmail bisa menggunakan cara klik ikon roda bergerigi pengatuiran email, lalu pilih see all seting.

pengaturan lanjutan costom email cloudflare
pengaturan lanjutan costom email cloudflare

Pada pengaturan seting pilih accounts and import, pada pilihan send me as pilih add another email address. Maka akan muncul jendela baru untuk silakan masukan username dan password sesuai pengaturan sebelumnya.

pada tahap ini Jangan lupa masukan alamat SMTP server dan kode verivikasi yang masuk ke inbox gmail kalian
simpan pengaturan SMTP server

Jangan lupa save pengaturan agar dapat terhubung. pada tahap ini selamat kalian sudah bisa custom email di cloudflare dan sudah bisa digunakan untuk mengirim dan menerima pesan email sebagaimana mestinya

 jika belum paham bisa menonton video berikut ini 

sekian tutorial cara membuat custom Email Routing Gratis dari Cloudflare menggunakan domain sendiri yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat.


elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "cara membuat custom Email Routing Gratis dari Cloudflare menggunakan domain sendiri"