Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

banjoemas janur festival 2022

Dalam Rangka.Menyambut Hari Jadi ke-451 Kabupaten Banyumas Tahun 2022 pemerintah kabupaten banyumas, pokdarwis gemilang dan karangtaruna desa kemawi mengadakan acara "banjoemas janur festival" festival ini mengusung tema the spirit of nature. 

banjoemas janur festival
banjoemas janur festival
 banjoemas janur festival 2022 diadakan hari sabtu 12 febuari 2022. panitia khusus yang di bentuk dengan di bantu Kolaborasi dari Kelompok Sadar Wisata Gemilang dan Karang Taruna Bumirejo 5 Desa Kemawi. 
acara banjoemas janur fesitval
acara banjoemas janur fesitval

Menurut Miftah Nur Arifudin selaku Ketua Panitia Banjoemas Festival 2022, acara ini bertujuan untuk melestarikan budaya menggunakan janur yang sudah mulai ditinggalkan generasi sekarang dan mengurangi penggunaan plastik.

"Acara ini pertama dilakukan yang akan berlangsung setiap tahunnya guna melestarikan budaya janur yang sudah hilang dan mengurangi sampah plastik dengan menggunakan kembali janur untuk bisa digunakan" 

Dengan mengangkat tema "The Spirit of Nature" bertempat di Balai Desa Kemawi, Banjoemas Janur Festival di buka langsung oleh Kepala Desa Kemawi. 

pembukaan acara banjoemas janur fesitval
pembukaan acara banjoemas janur fesitval

Acara ini turut dihadiri pula oleh Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Pihak  Kecamatan Somagede, Aspikmas kecamatan Somagede, BPD Desa Kemawi, dan PKK Desa Kemawi. 



rangkaian acara banjoemas janur festival 2022 

  • Pameran umbul-umbul dan kerajinan  tradisional janur
  • Bazaar produk UMKM : kuliner khas; souvenir/oleh-oleh khas
  • Kelas edukasi/workshop kerajinan janur
  • Pembuatan secara masal dan kirab Kembar Mayang/Manggolo
  • Hiburan : Calung Banyumasan & Kentongan
  • Malam pentas seni budaya : Panggung rakyat dan Wayang janur “Sejarah/Babad Banyumas"
Rangkaian acara sudah dimulai sejak hari Jum'at (11/2/222) dengan pembuatan Umbul-Umbul dan berlanjut di hari berikutnya yakni pembukaan acara Banjoemas Janur  Festival pukul 09.00 WIB.


Dilanjutkan dengan Workshop Dolanan Janur yang diikuti oleh siswa SD setempat dan juga mahasiswa yang hadir di lokasi.
pameran Workshop Dolanan Janur banjoemas janur fesitval


Selanjutnya berlanjut lagi dengan Workshop Kembang Mayang, Kirab Kembang Mayang, dan Malam Budaya berupa Sarasehan dan Wayang Janur. 

Di dalam acara ini turut ada pameran UMKM dari PKK Desa Kemawi dengan melibatkan perwakilan setiap RT. Setiap perwakilan RT ikut meramaikan dengan ikut pameran dan menyumbangkan makanan atau jajanan tradisionan. Pameran UMKM berupa makanan tradisional dan pakaian di stand-stand yang sudah disediakan panitia. 
stand jajanan tradisional banjoemas janur fesitval
stand jajanan tradisional banjoemas janur fesitval


Untuk menghibur pengunjung turut ada kesenian Lengger Calung dari Sanggar Janur Gunung Desa Kemawi. 


Tujuan dan Target Kegiatan

banjoemas janur festival the spirit of natural
banjoemas janur festival the spirit of natural


Aspek Sosial

Media pertemuan/silaturahim antar masyarakat, khususnya dalam internal Desa Kemawi, juga masyarakat secara umum.

Aspek Budaya

Mengenalkan dan menyuguhkan kerajinan janur sebagai kearifan lokal atau kebudayaan yang harus dijaga dan diteruskan agar tetap lestari, serta pergelaran seni budaya lainnya.

Aspek Pariwisata

Menciptakan ruang wisata, dimana wisatawan atau pengunjung dapat menikmati suasana Desa Kemawi dengan segenap kearifanlokalnya. Serta meningkatkan traffic kunjungan.

Aspek Edukasi

Menyuguhkan wawasan terkait kerajinan/seni janur. Pengunjung juga dapat secara langsung belajar membuat aneka ragam kerajinan dari janur. Menberi pengalaman terkait pameran, baik pameran seni, maupun produk hasil kerajinan

Aspek Ekonomi

Menciptakan pasar, dimana pelaku UMKM Desa  Kemawi dan sekitarnya dapat menjajakan dan mengenalkan potensi khas yang ada, sehingga menumbuhkan potensi pada sektor ekonomi kreatif.

Target acara banjoemas janur festival 2022 

Kami menargetkan kegiatan ini dapat  diikuti dan dikunjungi setidaknya 1000 peserta dan pengunjung.


elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "banjoemas janur festival 2022"