Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah SSD 128GB Cukup? Tergantung Pengguna

Salah satu pertanyaan yang timbul saat akan membeli atau upgrade laptop adalah: apakah SSD 128GB cukup memadai dan bisa digunakan untuk bekerja  seperti office, editing, gaming, coding dll? tau sendiri lah harga ssd masih termasuk cukup mahal, kapasitas ssd 128 GB mencukupi atau tidak tentu semua tergantiung penggunaannya.

apakah ssd 128 gb atau 120 gb cukup untuk komputer
apakah ssd 128 gb cukup untuk komputer

Apakah SSD 128GB Cukup? 

penggunaan penyimpanan komputer setiap orang tentu berbeda beda, ada yang boros dan ada yang hemat.
umumnya Solid State Drive atau SSD untuk kapasitas idealnya jika hanya digunakan untuk menginstall OS WINDOWS 10 atau WINDOWS 11, software office, dan software untuk pekerjaan kantor lain maka 120GB sudah sangat cukup. Hal ini kerana sistem os windows umumnya mengunakan sekitar space/ ruang memori sekitar 30 GB, instal aplikasi kantor seperti microsoft office, word, exel dan browser  chrome hitunglah total 10 GB, sehingga SSD yang kapasitasnya 128 gb masih tersisa free space sekitar 80 gb. 

namun jika digunakan untuk gaming/ pekerjaan yang membutuhkan load file yang cukup besar seperti editing video lebih baik menggunakan dengan kapasitas lebih dari 240GB. kapasitas tersebut tentunya untuk menyimpan hasil file file rendering vidio, media vidio dll. untuk poembahasan detailnya apakah ssd 128 gb cukup simak penjelasan berikut ini:

Untuk Pengguna Windows 10 atau windows 11

Pertanyaan apakah SSD 128GB cukup akan dijawab cukup oleh para pengguna Windows 10 yang bisa dibilang sebagian besar adalah pelajar atau pekerja kantor. Ukuran aktual dari SSD 128 GB setelah berada di dalam komputer ialah 117 GB.

Operating system Windows 10 butuh 15 sampai 20 GB untuk menyimpan file sistem. pada os baru windows 11 ukuran bisa bertambah besar sekitar 30 gb. Ditambah file halaman dan sistem pemulihan yang dibuat secara otomatis oleh Windows, bisa jadi sistem secara keseluruhan akan memakai 30 GB.

Jadi kapasitas 128 GB setelah dikurangi 30 GB masih memiliki 87 GB guna menyimpan beberapa file beserta software lain. Untuk pelajar dan pekerja kantoran jumlah ini masih memadai dan mereka akan mendapat dukungan teknologi SSD untuk menghindari kelemotan. Jika masih kurang, misalnya pengguna perlu menyimpan sangat banyak file, saya sarankan memasang HDD tambahan untuk menyimpan data.

Bagi Penggemar Multimedia

Tidak bisa dipungkiri banyak orang senang download file besar, menyimpan file film baik serial atau bioskop di dalam komputer. Jika pengguna menyimpan banyak film, jelas 128GB tak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan itu. Sebagai informasi sebuah file film bioskop dapat berukuran sekitar 1 GB untuk versi standar dan dapat mencapai 4GB untuk versi HD. 4GB bukan ukuran kecil.

Bagi yang gemar menyimpan video film di memori SSD, ukuran 128 GB, maksimal hanya bisa menyimpan 32 fim saja. Belum jika pemakai komputer ingin menyimpan file-file lain, berbagai aplikasi program komputer seperti Word, Excel dsb. Karena itu bagi penggemar multimedia 128 GB akan dirasa kurang.

Bagi Editor Video

SSD akan sangat membantu para profesional yang bertugas mengedit video dengan laptop. Para editor itu akan terbantu dengan kecanggihan SSD yang bekerja cepat. Tapi walau kinerjanya baik, ukuran 128 GB tidak memadai untuk kepentingan mengedit video.

Hal ini disebabkan kegiatan editing memerlukan storage yang teramat besar. Jika ada dana berlebih, sebaiknya editor mempertimbangkan ukuran SSD lebih dari 128 GB. minilal beli SSD yang kapasitasnya 240 gb atau lebih.

Untuk Developer Web dan Aplikasi (tukang coding)

Pengembang web dan aplikasi jelas memerlukan komputer dengan storage besar untuk melakukan pekerjaan. Developer web serta aplikasi perlu berbagai peralatan penunjang dan IDE termasuk Xcode, Android Studio, NetBeans atau Visual Studio Code. Masing-masing program penunjang itu membutuhkan memori yang besar. Jadi pertanyaan apakah SSD 128GB  cukup? Jawabnya adalah tidak cukup. saran saya gunakan kapasitas minimal 240 GB atau lebih.

Bagi Gamer

Sekarang pertanyaan apakah SSD 128GB cukup akan ditujukan oleh para gamer. Saat pemain game memutuskan bermain pada platform komputer pribadi, gamer tersebut harus memperhitungkan beberapa faktor penting.

Faktor itu ialah dimulai dari pemilihan platform komputer apa yang mau digunakan, apakah desktop atau laptop.  Kemudian pertimbangan prosesor dan kartu graphics yang paling baik dilakukan.

Dewasa ini gamer yang cerdas memilih penyimpanan jenis SSD untuk mendukung keperluan bermain game. Vendor komputer jeli menyediakan sistem komputer untuk gamer dengan gabungan dual storage  SSD dan HDD. Ukuran game yang makin lama makin besar tidak akan bisa ditampung 128GB, karena itu harus dibantu HDD supaya komputer tidak terlalu mahal.

Kesimpulan Apakah SSD 128GB Cukup?

untuk penggunaan ringan seperti office, kerja kantoran dan browsing 128 gb ssd sangatlah cukup, tetapi untuk pekerjaan berat dan sangat membutuhkan penyimpanan yang besar seperti editing vidio, gamer, multimedia, developers web atau aplikasi ssd 128 gb saya rasa kurang cukup. untuk saat ini akan lebih baik jika dalam satu komputer menggunakan SSD minimal 128GB untuk sistem OS komputer.


Demikian pertanyaan apakah SSD 128GB cukup atau tidak akan memiliki jawaban beragam tergantung siapa yang memanfaatkan SSD ukuran 128 GB tersebut. Ada baiknya setiap pengguna komputer mengetahui berapa kebutuhan storage yang diperlukannya sebelum membeli suatu komputer atau laptop. Apabila kapasitas 128 GB tidak memadai, bisa dipertimbangkan pemakaian kapasitas yang lebih besar atau menggunakan HDD untuk penyimpanan tambahan. sekian dan terimakasih, semoga penjelasan dalam artikel ini manjawab pertanyaan anda.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Apakah SSD 128GB Cukup? Tergantung Pengguna"