Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Pasang SSD Di PC Dengan Mudah

SSD adalah perangkat penyimpanan data yang menggunakan chip memory yang tertanam pada PC atau perangkat komputer. Cara pasang SSD di PC bisa dilakukan sendiri, sesuai dengan petunjuk pada buku panduannya.  
cara memasang ssd di komputer pc desktop
cara memasang ssd di komputer pc desktop

Karena SSD menggunakan chip memori sebagai ruang penyimpanan, maka SSD bisa menyimpan data secara cepat. SSD menggunakan memori Non-Volatile yang tetap bisa menyimpan data walaupun tegangan supply nya dimatikan. 

Kelebihan Menggunakan Memori SSD untuk PC kalian

Dilihat dari spesifikasinya SSD memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan memori HDD, lalu apa saja kelebihan menggunakan memori SSD ? Yang pertama dilihat dari cara kerjanya, memori SSD mengakses data secara digital. Sistem ini memproses data dengan cara transfer partikel dalam chip.

Kemudian dari segi kecepatan memproses data, karena SSD menggunakan chip maka data diproses tanpa jeda dan dengan waktu yang sangat cepat. Selain itu juga bisa menggunakan banyak program tanpa terkendala lagging.

Kualitas ketahanan komponen juga menjadi salah satu kelebihan SSD. Saat PC terkena guncangan yang bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dan data SSD membuatnya lebih aman karena data sudah tersimpan dalam chip yang terpusat. SSD juga hemat daya. Pemrosesan data tidak memerlukan banyak daya listrik karena chip yang digunakan pada SSD tidak memerlukan operasi mekanik.

Cara Pasang SSD Di PC Atau Laptop

Pemasangan SSD pada PC atau Laptop bisa dilakukan sendiri. Simak cara pemasangan memori SSD di bawah ini untuk memulainya:

1. Pilih Tipe SSD Sesuai Dengan Spesifikasi Laptop Atau PC

SSD memiliki beberapa tipe untuk PC dan Laptop. Sebaiknya ketahui dahulu sehingga bisa memilih tipe yang tepat untuk PC atau Laptop yang akan dipasang PC:

  • Tipe SSD Sata-2,5 inch. Tipe ini bisa digunakan pada laptop atau PC, kecepatan transfernya 600 MB per detik.
  • SSD M.2-SATA. Tipe ini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada SSD Sata-2,5 inch, namun kemampuan dan kecepatannya tidak jauh berbeda. Kekurangannya pada tipe ini tidak mendukung untuk motherboard.
  • Tipe SSD M.2-NVMe. Tipe ini memiliki kecepatan 6 GB per detik, sehingga cocok untuk PC atau Laptop keluaran terbaru.

2. Siapkan Peralatan

Sebelum memulai pemasangan SSD, pastikan tempat melakukan pemasangan telah bersih dan aman dari benda-benda yang akan mengurangi performa kerja SSD. Siapkan obeng, buku panduan dan tentunya memori SSD yang akan dipasang. Baca dan pahami semua instruksi pada buku panduan pemasangan SSD, agar cara pasang SSD di PC sesuai dan dapat berfungsi dengan baik.

3. Pasang SSD

Setelah membaca buku panduan, mulailah melakukan pemasangan SSD. Langkah cara pasang SSD Di PC adalah sebagai berikut:

  • Pertama matikan terlebih dahulu perangkat komputer atau PC yang akan dipasang SSD.
  • Cabut kabel listriknya, kemudian mulailah dengan membuka casing PC nya.
  • Pasangkan SSD ke mounting, kemudian pasang baut yang ada dibawahnya. Pastikan baut sudah terpasang dengan baik.
  • Lalu pasang kabel SATA dan kabel Power ke SSD, pemasangan SSD selesai dilakukan.
  • Kemudian pasang kembali casing PC nya, setelah itu lakukan booting dengan SSD nya untuk dilakukan cloning data pada drive lama.

4. Lakukan Kloning Data

Langkah ini diperlukan agar file atau data yang lama bisa tersimpan kembali di dalam SSD yang baru saja dipasang. Caranya buka aplikasi Acronis-True-Image-OEM, kemudian klik clone disk gunakan metode Automatic-Cloning. Setelah itu pilih disk atau file yang akan di cloning, klik proses dan tunggu sampai proses kloning selesai. Setelah itu restart PC, proses kloning selesai dilakukan.

5. Unduh Manajer SSD

Unduh aplikasi software manager-SSD, ikuti petunjuk instalasi. Setelah terinstall, manajer SSD akan  melakukan proses pemindaian pada disk drive di PC untuk kemudian di Reboot perangkat PC nya.



Demikianlah informasi cara pasang SSD di PC. Memasang SSD sendiri bisa dilakukan oleh yang sudah berpengalaman bahkan oleh pemula di rumah. Selamat mencoba.



Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "5 Cara Pasang SSD Di PC Dengan Mudah"