Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Pemasangan SSD di Laptop dengan Mudah

halo sahabat elinotes Ternyata cara pemasangan atau memasang  SSD di laptop itu cukup mudah untuk dilakukan sendiri tanpa bantuan ahli. Meski begitu, perlu diingat bahwa mungkin ada hal yang harus diperhatikan, jangan ragu bertanya ke yang lebih berpengalaman atau bisa juga mencari informasi diinternet. 
cara memasang ssd dilaptop dengan mudah
cara memasang ssd dilaptop dengan mudah

Jika pengguna menginginkan untuk mencoba memasang SSD laptop sendiri, anda berada ditempat yang tepat kerana kami akan membahas 6 cara yang bisa membantu pengguna untuk memasang SSD di laptopnya dengan mudah. berikut adalah tutorialnya:

6 Cara Pemasangan SSD Di laptop

1. Salinlah Konten dari HDD ke dalam SSD

Konten atau data penting yang ada pada HDD disalin dan dipindahkan ke SSD. Caranya yaitu dengan memasukkan SSD ke dalam baki dari HDD. 

Cara Pemasangan SSD di Laptop
Cara Pemasangan SSD di Laptop
Setelah itu, dengan menggunakan bantuan software copy atau cloning data, data yang ada pada HDD akan dipersiapkan untuk disalin. kita bisa menggunakan software cloning seperti Acronis, EaseUS Todo Backup, MiniTool Partition Wizard, [email protected] Disk Image dll. tinggsl pilih yang anda mau pakai, apabila ingin yang gratisan bisa gunakan EaseUS Todo Backup kerana menyediakan versi free untuk kloning data. 

memasang ssd dan backup data lama laptop
memasang ssd dan backup data lama laptop

setelah menginstal software langkah selanjutnya yaitu sambungkanlah USB hardisk ke laptop, proses ini membutuhkan waktu beberapa lama. Jalankan software untuk mengirim data, jangan hentikan hingga prosesnya selesai. Jika sudah selesai, maka proses penyalinan data dinyatakan berhasil.

2. Lepaslah sumber listrik pada Laptop

jika laptop masih tercarger ke stop kontak maka lepaslah kabel daya yang terhubung pada laptop. Setelah itu, lepas juga baterai yang terpasang pada perangkat laptop.

melepas sumber listrik sebelum memasang ssd
melepas sumber listrik sebelum memasang ssd

Hal ini dilakukan supaya pemasangan tidak mengalami gangguan atau konslet akibat adanya arus listrik, sehingga prosesnya bisa lebih mudah untuk dilakukan. Kabel daya nantinya bisa dipasang kembali, setelah proses pemasangan selesai sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika harus melepasnya.

3. Keluarkanlah Hardisk yang Lama dari Laptop

Setelah baterai dilepas, keluarkanlah hardisk lama yang ada pada laptop. Panduan untuk melakukan ini bisa dilihat pada keterangan produk berdasarkan tipe dari laptop yang digunakan. Jika bisa untuk tidak melihat panduan, hal itu bisa juga untuk dilakukan. 

Hal ini menjadi cara pemasangan SSD di laptop yang selanjutnya. Penggantian ini bisa memberikan performa yang lebih baik, terlebih karena pemasangan SSD tadi.

4. Lepaslah Penyangga Hardisk dan Letakkan pada Hardisk yang akan Dipasang

Pada hardisk, akan didapati penyangga, lepaslah dulu penyangga tersebut. Ini memudahkan pengguna untuk memasangkan hardisk yang telah terisi SSD. Penyangga bisa dipasang ulang kembali jika dibutuhkan. Pelepasan dan pemasangannya pun cukup mudah untuk dilakukan. Jika penyangga sudah dilepas, proses selanjutnya adalah melakukan pemasangan hardisk yang baru. 

5. Pasanglah SSD Baru yang Telah Tertanam Data

Lakukanlah pemasangan pada hardisk yang telah terisi data tadi pada hardisk. untuk gambar cara pasang bisa lihat ga,mbar berikut ini.

memasang ssd pada laptop jadul
memasang ssd pada laptop jadul

Jika sudah terpasang dengan sempurna, tutup kembali casing laptop dan kencangkanlah menggunakan sekrup untuk memastikannya tertutup dengan benar.

Hardisk ini telah tertanam data yang pengguna butuhkan, sekaligus sebagai pemasangan penyimpanan SSD ke dalam laptop. Hardisk baru memberikan ruang penyimpanan yang lebih luas dan seperti memiliki laptop baru.

6. Masukkan Baterai dan Sambungkan Laptop dengan Catu Daya

Jika semua proses telah dilakukan, pasang kembali baterai yang sebelumnya telah dilepas. Selain itu, sambungkan kembali laptop ke catu daya seperti semula. Baterai dan catu daya ini bisa mengoperasikan laptop seperti sebelum dibuka. 

Bila sudah sampai pada tahap ini, maka seluruh prosesnya telah selesai. Laptop bisa pengguna gunakan dengan performa yang lebih baik karena telah ditambahkan SSD ke dalam HDD. 

untuk vidio memasang dan mengganti SSD di Laptop secara lengkap bisa simak vidio berikut ini.


Itulah serangkaian cara pemasangan SSD di laptop yang bisa dengan mudah diikuti bahkan mungkin tanpa bantuan teknisi sekalipun. Langkah diatas mungkin akan berubah seiring dengan perkembangan teknologi dan bergantung pada tipe laptop masing-masing. Meski begitu, jika dibutuhkan, pengguna bisa meminta bantuan pada teknisi yang sudah berpengalaman dan lebih ahli. sekian artikel ini semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "6 Cara Pemasangan SSD di Laptop dengan Mudah"