Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Cek kecepatan (Speed) SSD Dengan Mudah

untuk mengetahui kecepatan atau speed SSD tentu harus dicek/ test menggunakan software benchmark tertentu yang mengetes kecepatan baca dan tulis data pada memori storage. Nah, pada kesempatan kali ini elinotes akan membahas cara untuk cek speed SSD yang bisa menggunakan software benchmark yaitu ssd Crystal Disk Mark, HD Tune dan Atto Disk Benchmark.

Cek kecepatan (Speed) SSD

berikut ini software dan langkah test kecepatan ssd:

1. software Crystal Disk Mark

Untuk mengecek kecepatan SSD ini bisa dilakukan dalam beberapa cara Salah satunya yaitu memakai software Crystal Disk Mark. Crystal Disk Mark merupakan sebuah aplikasi gratis dan powerfull untuk mengetes kecepatan ssd. Biasanya Crystal Disk ini adalah software yang sangat umum digunakan ketika akan melakukan benchmark pada SSD.

tampilan software crystaldiskmark
tampilan software crystaldiskmark

 langkah test menggunakan crystaldiskmark

 Langsung saja berikut cara cek kecepatan ssd dengan crystaldiskmark yang bisa dilakukan:

  • Langkah pertama, tentu harus memiliki aplikasi Crystal disk mark terlebih dahulu. Caranya bisa dengan mengunduh pada situs resmi Crystal Disk.
  • Kemudian, ketika telah diunduh, maka selanjutnya dengan memasang atau menginstall aplikasi Crystal Disk pada perangkat yang digunakan.
  • Apabila, proses unduh serta install sudah selesai. Maka, bisa dilanjutkan dengan membuka apk Crystal Disk.
  • Setelah itu, cari dan pilih disk yang akan dicek.
  • Kemudian, jika sudah lalu bisa dengan menekan menu All, untuk cek semua kecepatan pada SSD yang dipilih tadi.
  • Terakhir, tunggulah beberapa saat, dan akan muncul informasi. Namun, menggunakan metode ini pastikan pengguna memiliki setidaknya 10 GB free space sebelum pengecekan.


2. software HD Tune

Berikutnya cara cek speed SSD juga bisa menggunakan softaware atau aplikasi HD Tune. Aplikasi yang satu ini cukup famous serta banyak dipakai pada HDD. Namun, bisa juga untuk mengecek pada SSD. alikasi ini menyediakan versi trial untuk mengetes kecepatan ssd. Nah, berikut langkah mudahnya:

  • Pertama, silakan unduh lalu install aplikasi HD Tune di perangkat yang digunakan.
  • Jika sudah, bisa langsung membuka apk HD Tune yang telah terpasang.
  • Kemudian, tekan menu Benchmark. Selanjutnya akan muncul halaman dimana terdapat SSD yang ada di perangkat. Pengguna bisa memilih SSD mana yang akan dicek.
  • Setelah itu, bisa tekan Start dan tunggulah hingga proses cek speed selesai.


3. aplikasi Atto Disk Benchmark

Selain dengan metode diatas, masih ada juga cara cek speed SSD dengan menggunakan  software Atto Disk Benchmark. Cara ini sebenarnya hampir sama seperti menggunakan Crystal Disk maupun HD Tune. Namun, tentu terdapat perbedaannya dari segi tampilan serta fiturnya. 

aplikasi atto disk benchmark untuk tes kecepatan ssd
aplikasi atto disk benchmark untuk tes kecepatan ssd

Selain itu juga mempunyai fitur direct 1 per 0, verify data serta Bypass write cache. Sehingga akan membuat lebih leluasa dalam pengecekan. Untuk caranya juga cukup mudah. Pengguna hanya perlu melewati langkah berikut:

  • Hal pertama tentu dengan mengunduh aplikasi ini pada situs resminya. Setelah itu, melakukan proses pemasangan dari file apk tersebut pada perangkat yang digunakan.
  • Jika sudah, maka bisa langsung membuka aplikasi Atto Disk Benchmark.
  • Lalu, akan muncul halaman dimana pengguna bisa langsung mencari dan memilih SSD yang akan dilakukan pengecekan.
  • Selanjutnya bisa langsung menekan tombol Mulai.
  • Terakhir, pengguna hanya perlu menunggu hingga proses cek speed selesai dilakukan. Nah, jika berhasil nantinya akan muncul informasi mengenai kecepatan tersebut. Hasil ini akan muncul dalam bentuk grafik.

penutup

Nah, itulah tadi cara untuk cek speed SSD yang bisa dicoba. Sebenarnya selain dengan metode di atas terdapat beberapa cara lain yang bisa diterapkan. Namun, metode lainnya juga sama saja menggunakan aplikasi yang perlu diunduh serta dipasang agar bisa digunakan dengan baik. Mengecek SSD ini penting dilakukan agar bisa tahu kapasitasnya.



Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Begini Cara Cek kecepatan (Speed) SSD Dengan Mudah"