Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Ganti SSD Laptop dari HDD


Dimasa yang serba digital ini teknologi semakin banyak dikembangkan, salah satunya adalah penyimpanan. Bentuk penyimpanan saat ini bermacam-macam diantaranya adalah HDD dan SSD. Penyimpanan HDD adalah penyimpan versi lama, sedangkan SSD adalah penyimpan terbaru. Ada beberapa hal kenapa pengguna perlu ganti SSD laptop dari HDD. Dalam tulisan ini akan menguraikan alasan yang lebih rinci.

Ada berbagai alasan kenapa pengguna meng-upgrade atau ganti HDD menjadi SSD. Manfaat tersebut tentunya akan memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas penyimpanan. Sebenarnya, apa saja manfaat yang bisa didapatkan pengguna ketika mengganti SDD dari HDD? Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat meng-upgrade penyimpanan ke SSD yang bisa dijadikan referensi bagi pengguna:

1. SSD Lebih Cepat Dalam Proses Penyimpanan

Ketika melakukan proses penyimpanan, SSD ini bekerja lebih cepat dibanding dengan HDD. Selain itu SSD juga bekerja lebih cepat ketika melakukan transfer data. Ukuran bandwidth pada data atau file tersebut juga tinggi. Teknologi inilah yang sangat diperlukan oleh orang-orang terutama di perusahaan. Lantas, apa lagi yang perlu dibimbangkan ketika akan mengganti penyimpanan ke SSD?

2. Lebih Hemat Energi

SSD ini tidak mempunyai bagian yang bergerak, oleh karena itu daya bisa diminimalisir dan akibatnya akan menghemat energi. Hal ini berbeda dengan HDD yang cukup menguras energi. Teknologi ini sangat berguna untuk pengguna terutama bagi pelajar atau mahasiswa, yang mungkin kadang lupa membawa charger ke tempat belajar.

3. Ketahanan Tidak Diragukan Lagi

Pada Hard Disk atau HDD, panas adalah salah satu hal yang bisa merusak. Hal tersebut berbeda dengan SSD. Perlu diingat bahwa SSD bukan teknologi yang bergerak, sehingga bisa mempertahankan kondisi di suhu yang rendah. SSD ini sangat cocok dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Apakah tertarik mengupgrade penyimpanan ke SSD?

4. Ukuran Ringan dan Tanpa Suara

Manfaat ganti SSD laptop dari HDD selanjutnya yaitu hal ukuran. Ukuran dari SSD ini cukup berbeda jauh dengan HDD. SSD memiliki ukuran yang lebih ringan. Desain pada SSD juga menarik dan sederhana membuat teknologi ini bagus dipasang pada laptop maupun komputer. Komponen pada SSD ini juga tidak bergerak, sehingga ketika dipasang pada laptop tidak berbunyi.

5. Ukuran atau Form Faktor Praktis

Hal yang paling paling digemari oleh pengguna yakni SSD memiliki ukuran yang praktis. SSD ini sebenarnya tersedia dalam beberapa ukuran. Hal tersebut juga tergantung dengan pengguna yang akan memilihnya. Ukuran paling kecil SSD adalah mirip seperti permen karet. Bagaimana? Menarik sekali bukan?

6. Kecepatan Baca dan Tulis Lebih Unggul

Manfaat ganti SSD laptop dari HDD selanjutnya yakni kelebihan dalam baca dan tulis. SSD mempunyai kecepatan yang unggul dibanding HDD. Hal tersebut yang menyebabkan SSD bisa bekerja dengan baik dan sangat diterima oleh pengguna. Berapa kecepatan rata-rata dari SSD?

Pada SSD, kecepatan baca tulis yang dimilikinya hampir 550 Mbps. Hal ini tentunya berbeda jauh dengan HDD yang memiliki kecepatan hanya sekitar 60 Mbps. Pada penyimpanan HDD, pengguna juga wajib menunggu di putaran spindle, misalnya ketika akan mengakses data. Hal tersebut tentunya berbeda dengan SSD yang cukup menggunakan tenaga elektrik ketika mengakses data.

Itulah manfaat ganti SSD laptop dari penyimpanan HDD yang bisa dijadikan referensi. Perlu diingat lagi bahwa fungsi dari SSD ini mirip dengan HDD. Namun, tetap saja ada banyak keuntungan yang didapatkan ketika memakai SSD. Sebagai pengguna laptop juga harus pintar-pintar dalam memilih penyimpanan. Sesuaikan penyimpanan dengan kebutuhan agar pekerjaan pengguna menjadi lebih mudah.



Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Manfaat Ganti SSD Laptop dari HDD"