Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

tutorial Cara Pasang SSD Di Laptop, Berikut Langkahnya!

halo sahabat elinotes Memasang HDD ataupun SSD memang sudah lazim dilakukan untuk menambah penyimpanan pada laptop maupun PC. SSD Sendiri tidak hanya untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan namun juga untuk membantu mengakses data dengan lancar. Lalu bagaimana cara pasang ssd di laptop, mari simak uraiannya.

Apa Itu SSD

Sebelum sampai pada pembahasan cara pasang SSD pada laptop akan membahas terlebih dahulu tentang apa itu SSD. SSD sendiri merupakan akronim dari kata solid state drive, untuk fungsinya sendiri hampir mirip seperti HDD namun lebih canggih dan lebih bagus. Banyak kelebihan SSD yang membuat orang ingin beralih dari HDD ke SSD.

Kelebihan yang dimiliki SSD ini seperti SSD harganya lebih murah dibandingkan dengan HDD. Ruang penyimpanan juga lebih banyak dibandingkan dengan Hard Disk Drive. Lebih hemat energi, minim kerusakan, tidak ada bunyi yang ditimbulkan dan sebagainya.

Cara Pasang SSD Di Laptop

Kalau sudah tahu tentang apa itu SSD, maka akan langsung dibahas tentang bagaimana cara pasang ssd pada laptop yang bisa pengguna praktikkan. 

cara memasang ssd pada laptop
cara memasang ssd pada laptop

Sebenarnya cara pasang SSD ini gampang namun bagi yang masih pertama kali akan memasang mungkin masih agak ragu. Jadi pengguna bisa simak uraian langkah cara berikut:

1. Siapkan SSD Dan Pastikan Tidak Ada sumber listrik

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna saat akan memasang SSD tentu harus memiliki SSD tersebut terlebih dahulu. Jadi agar tak repot, sebelum membongkar laptop, SSD ini sudah disiapkan terlebih dahulu. Kemudian pastikan juga tidak ada kabel yang menancap pada laptop seperti kabel charger atau kabel daya laptop, lalu keluarkan baterai. tujuan mencabut dan mengeluarkan batrai adalah agar tidak terjadi short atau konsleting listrik pada komputer.

2. Cari Letak Hard Disk

Kemudian kalian bisa cari posisi dari Hard Disk terlebih dahulu. kalian bisa membuka situs web produsen laptop yang kalian pakai, lalu unduh manual produknya. Panduan produk akan memberikan petunjuk khusus tentang cara melepas hard disk laptop sobat.

Tidak semua berada pada letak yang sama sebab tiap tipe atau merek laptop memiliki posisinya sendiri . Ada yang bisa dibuka lewat belakang, ada yang lewat samping ada juga yang dibuka pas bagian keyboard. silakan ikuti petunjuk dari manual produk dan Pastikan posisi letak hardisk yang akan kita ganti dengan ssd dengan benar

3. Buka Back Casing

Ketika pengguna sudah tahu posisi di mana HDD yang akan kita ganti dengan ssd itu berada maka pengguna bisa langsung buka atau lepas back casingnya terlebih dahulu. Untuk membukanya pengguna bisa copot satu persatu baut dengan obeng kecil. Saat akan melepaskan casing tersebut pastikan tidak ada kabel yang menempel, hal ini untuk menghindari adanya kabel yang terputus.

4. Copot HDD Dan Pasang SSD

Nah apabila pengguna sudah berhasil membuka back casing maka pengguna bisa langsung copot HDD bawaan. Lakukan langkah ini secara hati-hati agar tak ada bagian yang ikut atau terputus dan sebagainya. Kemudian pengguna langsung pasang ssd di laptop pada tempat yang sama dengan HDD yang baru saja dicopot tersebut.

5. Pasang Kembali Casing

Saat SSD sudah terpasang pastikan bahwa letaknya sudah pas. Jangan sampai ada yang kendor dan sebagainya baut yang sempat dicopot juga pasang kembali dengan kencang seperti sebelumnya. Jika sudah bisa dipastikan SSD telah aman maka pengguna bisa langsung tutup atau pasang kembali back casing yang sebelumnya dilepas, dan kembali dikunci dengan baut seperti sebelumnya.

vidio cara pasang ssd di laptop

jika masih belum jelas, silakan simak vidio berikut ini tentang tutorial Cara Pasang SSD Di Laptop:



Nah itu tadi adalah pengertian tentang SSD dan juga bagaimana langkah cara pasang ssd di laptop yang bisa pengguna coba di rumah. Hal ini bisa dilakukan kapan saja saat pengguna berniat mengupgrade dengan ssd yang lebih besar kapasitasnya. Jika dengan cara tersebut pengguna masih ragu untuk melakukannya, maka bisa meminta tolong seorang ahli.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "tutorial Cara Pasang SSD Di Laptop, Berikut Langkahnya!"