Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Perbedaan SSD M 2 dan NVMe Pada Perangkat Komputer


Penyimpan data merupakan piranti yang sangat penting dalam sebuah laptop atau komputer. Saat ini sudah banyak digunakan perangkat SSD dibandingkan HDD karena kualitas SSD dinilai jauh lebih baik. Lantas, apa perbedaan SSD M 2 dan NVMe? Simak uraiannya di bawah ini:

Apa yang Dimaksud Dengan SSD M2?

SSD M2 merupakan salah satu jenis SSD yang berbentuk persegi panjang. Umumnya, SSD ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan SSD 2,5 inci. Hal ini dikarenakan SSD M 2 memiliki kecepatan membaca dan menulis data lebih cepat dengan ukuran fisik lebih ramping.

Laptop tipis keluaran terbaru banyak menggunakan SSD tipe ini. Biasanya SSD M 2 berukuran 22 x 80 mm, tetapi ada juga yang lebih panjang atau lebih pendek. SSD M 2 bisa memakai SATA, Slot M2 atau Slot PCie tergantung tipe komputer atau laptop yang digunakan. Dengan kata lain, SSD M2 bisa berbasis SATA, berbasis PCie dengan dukungan NVMe atau berbasis PCie tanpa dukungan NVMe.

Jika menggunakan SSD berbasis dukungan NVMe, jenis ini memiliki bandwidth yang lima kali lebih besar dibandingkan model M 2 SATA. Jenis ini juga menawarkan kinerja yang lebih powerful dalam kegiatan editing video atau foto serta kegiatan kompresi dan dekompresi. Berikut ini adalah ukuran SSD M 2 yang umum digunakan:

  • Ukuran 2280 (22 x 80 mm).
  • Tipe -2230 (22 x 30 mm).
  • Ukuran 2242 (22 x 42 mm).
  • Tipe -2260 (22 x 60 mm).
  • Tipe -22110 (22 x 110 mm).

Apa yang Dimaksud Dengan SSD NVMe?

Non-Volatile Memory Express disingkat menjadi NVMe. SSD jenis ini adalah sebuah gebrakan baru dalam dunia piranti penyimpan data komputer. Dengan SSD jenis ini memungkinkan untuk menghubungkan SSD melalui PCi Express atau PCi. PCie sendiri adalah sebuah bus interface yang sering digunakan untuk menghubungkan kartu grafis, network card atau perangkat komputer kecepatan tinggi lainnya.

SSD NVMe mirip seperti RAM, bedanya memori yang sudah direkam didalamnya tidak akan hilang hanya karena mematikan laptop atau komputer. SSD ini dapat memanfaatkan kecepatan dari PCie. Dengan demikian kecepatan transfer datanya lebih cepat dibandingkan SSD jenis lain. Hal ini menjadi poin perbedaan SSD M 2 dan NVMe.

Riset dan pengembangan untuk SSD jenis ini sudah dilakukan oleh lebih dari 80 perusahaan di industri yang sama. Dalam perangkat komputer, SSD NVMe ini memiliki fungsi untuk menyimpan data dengan tidak hanya melibatkan SSD tetapi juga CPU Multicore.

SSD ini juga memanfaatkan perintah sederhana ketika mengurai dan memanipulasi data secara akurat dan efisien. Simak beberapa keunggulan SSD NVMe berikut ini:

  • Memiliki kecepatan tinggi saat mentransfer data.
  • Memproses jumlah command yang lebih banyak.
  • Sistem manajemen antrian yang lebih baik.
  • Memiliki serial bus yang lebih cepat.
  • Memiliki harga yang sesuai.
  • Didukung oleh motherboard baru.

Apa yang Menjadi Perbedaan SSD M 2 dan NVMe?

Sebagai sebuah perangkat penyimpanan data, kedua jenis SSD ini merupakan produk generasi mutakhir. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan yang menjadi pembeda diantara keduanya. Perbedaan kedua jenis SSD ini dapat terlihat di beberapa segi, yaitu:

  • Harga SSD M 2 dibanderol lebih murah dibanding SSD NVMe.
  • SSD M 2 memiliki suhu yang lebih rendah saat digunakan.
  • Dengan teknologi terbaru, SSD NVMe tentu lebih cepat dibandingkan SSD M2.
  • SSD NVMe umumnya memakai ukuran lebih kecil dan menghemat tempat sehingga memberikan air flow yang lebih baik pada perangkat.
  • Dengan ukuran yang lebih kecil, penempatan SSD NVMe lebih rapi dan enak dilihat.

Demikian ulasan mengenai perbedaan SSD M 2 dan NVMe yang merupakan perangkat penyimpan data terbaru. Dengan mengetahui perbedaannya, pengguna dapat menentukan SSD terbaik yang tepat untuk digunakan pada laptop atau PC. Semoga informasi ini berguna.



Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Perbedaan SSD M 2 dan NVMe Pada Perangkat Komputer"