Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Daftar Perbedaan SSD SATA dan NVME Secara Lengkap!

sahabat elinotes perkembangan teknologi transfer pada memori ssd semakin cepat sehingga sekarang dipasaran umum dikenal teknologi ssd berjenis SATA dan NVME. Sayangnya, malah banyak yang belum mengenali perbedaan antara SSD SATA dan NVME sehingga mengalami kebingungan terutama ketika akan membeli ssd yang cocok sesuai spesifikasi komputer yang dipakai. 

Perbedaan SSD SATA dan NVME 

apa itu SSD SATA?

SATA merupakan teknologi jadul tahun 90an dan 2000an, SATA adalah singkatan dari Serial Advanced Technology Attachment yang merupakan standar untuk menghubungkan dan mentransfer data dari hard disk drive (HDD) ke sistem komputer. SATA sendiri menggunakan protokol perintah AHCI "Advanced Host Controller Interface" 

contoh ssd sata
contoh ssd sata

ssd sata SSD SATA mempunyai kecepatan transfer yang secara teoritis dibatasi pada kecepatan transfer SATA III yaitu maksimum 600 MB/s. Pada kenyataannya kecepatan baca/tulis atau transfer data SSD SATA berkisar 550 MB/s.

jika komputer kalian menggunakan hardisk dan ingin di upgrade ke ssd makan menggunakan ssd berjenis sata merupakan pilihan yang tepat, hal ini kerana interface SATA yang sama dengan Hard Disk sehingga misalnya apabila kita ingin melakukan upgrade laptop dengan SSD, maka kita tinggal mengganti saja Hard Disk dengan SSD SATA tersebut tanpa membutuhkan konektor yang lain. 

apa itu ssd NVME

menurut kingston bisa dibilang NVME merupakan teknologi yang diperkenalkan tahun 2011 untuk memaksimalkan potensi SSD. ‎Teknologi Non-Volatile Memory Express (NVMe) untuk mengatasi berbagai hambatan (bottlenecks) antarmuka SATA dan protokol komunikasi. Teknologi NVMe menggunakan bus PCIe, bukan bus SATA, untuk membuka potensi bandwidth yang sangat besar untuk perangkat penyimpanan. 

contoh SSD NVMe
contoh SSD NVMe

PCIe 4.0 (versi saat ini) menawarkan hingga 32 jalur dan dapat, secara teori, mentransfer data hingga 64.000MB / s dibandingkan dengan batas spesifikasi 600MB / s SATA III. Spesifikasi NVMe juga memungkinkan 65535 antrian perintah, yang dapat memiliki hingga 65536 perintah per antrian. Ingatlah bahwa SSD berbasis SATA terbatas pada satu antrian dengan kedalaman hanya 32 perintah per antrean. 

Teknologi NVMe menciptakan potensi besar untuk perangkat penyimpanan melalui peningkatan efisiensi, kinerja, dan interoperabilitas pada berbagai sistem. Hal ini umumnya diyakini bahwa teknologi akan menjadi standar industri baru.‎

mana yang terbaik SSD SATA dan NVME ?

1. Kecepatan Hard Drive

secara teori jelas ssd jenis NVMe merupakan yang paling cepat dibanding ssd jenis sata, dimana ssd jenis sata maksimal secara teori 600mb/s sedangkan NVMe PCIe Gen 3.0 berkisar 2100mb/s dan NVMe PCIe Gen 4 berkisar 3500 MB/s. NVME digadang-gadang memiliki kecepatan transfer lima kali lebih cepat jika dibandingkan dengan SSD SATA. Ini berarti SSD NVME memiliki kecepatan 25 kali lipat jika dibandingkan dengan HDD.

2. Daya Tampung Perintah

secara teori daya tampung perintah ssd jenis NVMe merupakan yang paling besar yaitu SSD NVME NVME mampu menampung sekaligus memproses 64 ribu commands dalam satu kali antrian jika dibanding SSD SATA biasa hanya mampu menampung 32 commands dalam satu antrian. 

3. suhu panas yang dihasilkan ssd

kecepatan yang tinggi tentu diimbangi dengan panas yang tinggi, pada ssd NVME akan menghasilkan panas ketika bekerja keras, sedangkan ssd jenis sata menghasilkan panas yang rendah meski komputer sudah bekerja lama.

4. Harga yang Ditawarkan

Untuk harga jenis ssd SATA merupakan ssd paling murah jika dibanding dengan ssd NVMe. dipasaran Jenis SSD SATA untuk kapasitas 120GB mulai dari harga 200-300 ribu, sedangkan ssd jenis NVME untuk kapasitas 120 gb dimulai dengan harga Rp 400 ribu.

Kesimpulannya

perbedaan utama yang paling mencolok dari SSD SATA dan SSD NVME adalah pada kecepatan, kemampuan memproses perintah dalam satu antrian, dan kecanggihan yang ditawarkan. Tapi, meski terlihat unggul, SSD NVME memiliki kelemahan yaitu harga relatif mahal jika dibanding dengan ssd SATA. SSD SATA merupakn jenis ssd murah yang dapat ditemukan dipasaran. 


Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Ini Daftar Perbedaan SSD SATA dan NVME Secara Lengkap!"