Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi SSD Laptop Terbaik 2022


Perkembangan teknologi telah membuat perangkat penyimpanan data turut berkembang dengan pesat. Berawal dari benda bernama disket, CD-ROM, hingga perangkat penyimpan data berbasis flash memory. Dibawah ini akan diulas rekomendasi SSD laptop terbaik tahun 2022 yang memiliki kekuatan 10 kali lipat dibanding HDD. 
Rekomendasi SSD Laptop Terbaik
Rekomendasi SSD Laptop Terbaik

Mengenal Sekilas Tentang SSD

Solid State Drive merupakan piranti untuk menyimpan data. SSD memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan HDD atau Hard Disk Drive. Perangkat HDD umumnya berjalan lebih lambat. Kehadiran perangkat SSD dapat meningkatkan kinerja komputer karena SSD memiliki waktu akses baca yang jauh lebih cepat dibandingkan HDD.

Fungsi SSD pada dasarnya sama seperti fungsi dasar HDD. Bedanya pada SSD data disimpan pada chip flash memory yang lebih cepat dan lebih dapat diandalkan dibanding thumb drive yang umumnya digunakan oleh HDD. Chip flash memory memang harganya jauh lebih mahal, ini menjadi salah satu alasan perbedaan harga SSD yang lebih tinggi dibanding HDD.

Rekomendasi SSD Yang Bagus Untuk Laptop

Peranan perangkat penyimpanan data sangat penting bagi laptop dan PC. Karena itu faktor penentu bagus tidaknya sebuah laptop salah satunya ditentukan oleh SSD yang ditanam di dalamnya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi SSD laptop yang mungkin bermanfaat bagi yang sedang mencarinya.

1. Western Digital SSD Blue NAND 500 GB SATA 3

SSD berkapasitas 500 GB ini memiliki aneka fitur yang sangat hebat. Dari kemampuannya menghemat daya hingga 25% hingga desain sirkuitnya yang dirancang agar tahan benturan. Teknologi SATA 3 yang dimilikinya mampu membaca dan menulis data hingga 550 MB per detik. SSD ini sama dengan SSD 3D NAND lain namun dengan kualitas jauh lebih baik. 

SSD Western Digital (WD) Blue NAND 500 GB SATA 3
SSD Western Digital (WD) Blue NAND 500 GB SATA 3

SSD merk Western Digital ini sangat tepat untuk pengguna yang membutuhkan perangkat penyimpanan yang memiliki performa terbaik. Harga SSD ini dibanderol pada kisaran Rp. 900 ribuan di market place seperti tokopedia dan shoopee. Harga yang pas untuk perangkat yang memiliki efisiensi dan kinerja yang lebih maksimal dibandingkan HDD.

2. Vivan SSD Portable

Moto Very Fast, Very Tough and Very Light memang sangat tepat digunakan sebagai jargon Vina SSD Portable. SSD ini memiliki kecepatan membaca dan menulis data hingga 550 Mb per detik. Dengan kecepatan ini, SSD merk Vivan mampu memberikan respon super cepat dalam mengunduh dan membaca data dalam komputer. 

Vivan SSD Portable
Vivan SSD Portable
dipasaran harga Vivan SSD Portable mulai dari 300 ribuan, tentu harga yang terbilang cukup murah dan terjangkau

3. Western Digital SSD 240 GB SATA 3

Masih dari Western Digital, hadir SSD berkapasitas 240GB dengan teknologi SATA 3 yang sangat laris di pasaran. SSD ini dapat digunakan untuk laptop dan PC dengan ukuran regular yaitu 2,5 inci. Penggunaan daya yang efisien hanya 52 miliwatt dan kecepatan transfer data mencapai 545 MB per detik, membuat SSD ini layak menjadi primadona di kelasnya.

4. Seagate Expansion External SSD USB. 3.0

Ini adalah SSD eksternal berukuran kecil yang kompak dan mudah dibawa kemanapun. Meskipun berukuran kecil tetapi SSD ini memiliki performa dan kapasitas yang besar untuk menyimpan foto, video dan file lainnya. Pencadangan SSD eksternal yang cepat dan penggunaannya yang sangat mudah membuat perangkat ini cocok buat digunakan beraktivitas.

5. Seagate Barracuda SSD SATA 3

Masih dari Seagate, SSD ini sangat pas untuk digunakan pada laptop dan PC yang memiliki port SATA. Kisaran harga yang dipatok produsennya untuk SSD ini sebenarnya cukup terjangkau. Sebanding dengan teknologi 3D NAND Flash Memory Toshiba dan 3D TLC yang berkapasitas 3 kali lebih besar dibandingkan SLC pada umumnya. 

ssd Seagate barracuda
ssd Seagate barracuda 

Demikian ulasan mengenai rekomendasi SSD laptop dan PC kali ini. Pilihlah SSD yang memiliki kualitas dan cocok ukurannya dengan laptop dan PC yang akan digunakan. Walaupun harganya lebih mahal tetapi tentu saja sebanding dengan manfaat dan fungsinya. Semoga informasi ini berguna.



Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi SSD Laptop Terbaik 2022"