Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara generate ssh key di windows xp 7 8 10 dan 11

Hay pembaca elinotes Bagi kamu yang ingin mengakses server VPS atau cloud server biasanya membutuhkan SSH key. SSH key berisi public key sifatnya umum dapat diberikan atau dibagi ke banyak orang, sedangkan kunci kedua ialah private key yang bersifat rahasia. SSH adalah singkatan dari Secure Shell dan merupakan metode yang digunakan untuk menetapkan koneksi aman antara dua komputer.

pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat (generate) ssh key di laptop atau komputer berbasis windows xp, windows 7, windows 8 windows 10 dan windows 11 menggunakan Comand prompt, Windows Subsystem for Linux (WSL), PuTTY dan website ssh key generator online.

cara generate ssh key windows

Generate SSH key menggunakan Comand Prompt

Comand Prompt pada Windows 10 dan Windows 11 telah memiliki klien OpenSSH bawaan yang dapat anda gunakan untuk Generate ssh key. untuk menggunakan fitur SSH bawaan windows caranya sebagai berikut:
  • Buka aplikasi "Windows Command Prompt" dengan menekan tombol Windows dan mengetik perintah "cmd" 
  • Ketikan perintah ssh-keygen untuk membuat SSh key secara otomatis.
  • Anda akan diminta untuk memberi nama kunci Anda dan menyimpannya di lokasi tertentu. Tentukan lokasi dimana file SSH key akan disimpan, Jika Anda menggunakan default maka akan  disimpan pada direktori C:\User[YourUserName].ssh
  • Selanjutnya ada memberikan passpharse, kamu dapat skip dengan menekan tombol enter. Lakukan hal yang sama sebagai konfirmasi.
    generate ssh key Windows Command Prompt
    generate ssh key Windows Command Prompt

  • Maka key SSH akan terbuat, dimana algoritma yang digunakan secara default pada windows 10 dan windows 11 adalah RSA 2048. 
  • Done.
  • Setelah proses selesai maka anda akan mendapati file id_rsa.pub pada folder yang ditentukan sebelumnya (defaultnya adalah C:\users\.ssh). anda dapat membagikan key tersebut ke client yang ingin mengakses SSH seperti server Digital Ocean ataupun github.
Selain menggunakan algoritma RSA, juga terdapat opsi algoritma lain seperti DSA, ECDSA (dengan ukuran 256, 384, atau 521), dan ED25519. Berikut contoh perintah pada Command Prompt jika ingin membuat key SSH dengan custom algoritma.
  • ssh-keygen -t rsa -b 15360
  • ssh-keygen -t ecdsa -b 384

Generate SSH key menggunakan Windows Subsystem for Linux (WSL)

selain menggunakan Windows Command Prompt anda juga bisa menggunakan WSL (Windows Subsystem for Linux). WSL ini adalah fitur Windows yang memungkinkan pengembang untuk menjalankan lingkungan Linux tanpa perlu mesin virtual terpisah atau dual booting. generate ssl dengan WSl pada dasarnya sama dengan versi Command Prompt kurang lebih caranya sebagai berikut:
  • Buka Windows Terminal atau built-in Ubuntu command prompt 
    Generate SSH key menggunakan Windows Subsystem for Linux
    Generate SSH key menggunakan Windows Subsystem for Linux

  • Katakanlah Anda ingin membuat SSH key RSA-4096 maka ketikn perintah berikut: ssh-keygen -t rsa -b 4096
  • Jika Anda menginginkan Ed25519 maka cara yang disarankan adalah sebagai berikut: ssh-keygen -t ed25519 -C "[email protected]"
  • Disarankan untuk menambahkan alamat email Anda sebagai pengenal, meskipun Anda tidak perlu melakukan ini di Windows karena versi Microsoft secara otomatis menggunakan nama pengguna dan nama PC Anda untuk ini.

Generate SSH key menggunakan PuTTY

windows xp, Windows 7 dan windows 8 tidak memiliki fitur SSH key bawaan, sehingga anda harus menggnakan aplikasi pihak ketiga yaitu PuTTY. cara menggunakan aplikasi PuTTy sebagai berikut :
  • Pertama- tama silahkan download aplikasi PuTTy dan PuTTyGen  di situs resmi PuTTy terlebih dahulu. Agar lebih mudah download-nya, kamu bisa download paket PuTTy yang disimpan dalam putty.zip.
    gambar paket putty zip
    gambar putty zip

    Folder putty.zip tersebut sudah terdiri atas software PuTTy dan PuTTyGen.
  • instal aplikasinya seperti menginstal aplikasi pada umumnya.
  • Buka aplikasi PuTTy dengan menekan Tombol Windows dan mengetik "puttygen," atau mencarinya di menu Start. 
    Generate SSH key menggunakan PuTTY
    Generate SSH key menggunakan PuTTY

  • Setelah terbuka, di bagian bawah jendela Anda akan melihat berbagai jenis kunci untuk dihasilkan. Jika Anda tidak yakin mana yang akan digunakan, pilih "RSA" dan kemudian di kotak entri yang bertuliskan "Jumlah Bit Dalam Kunci yang Dihasilkan" ketik "4096." Alternatif lain adalah memilih "EdDSA," dan kemudian dari menu drop-down yang muncul di bawahnya pastikan "Ed25519 (255 bit)" dipilih.
  • Kemudian, agar kamu mendapatkan Public Key dan Private Key untuk mengakses SSH silahkan klik Generate. Proses generate dapat dipercepat dengan cara menggerak-gerakkan mouse atau keypad pada area kosong dibawah nya. 

Generate SSH key menggunakan website ssh key generator online.

selain menggunakan aplikasi PuTTy anda juga bisa menggunakan website Generate SSH online. kelebihan mengunakan cara ini adalah mudah dan cepat kerana bisa diakse secara online dari semua perangkat Os windows. selain itu juga mendukung algoritma RSA, DSA, ECDSA. cara menggunakan ssh key generator online adalah sebagai berikut:
  • Buka halaman https://8gwifi.org/sshfunctions.jsp maka akan muncul tampilan awat situs Generate SSH Keys Online.
  • Pilih tipe algoritma yang akan digunakan, anda dapat memilih RSA, DSA, ECDSA silakan pilih salah satu
  • langkah selanjutnya pilih key size sesuai kebutuhan
  • klik tombol generate ssh key untuk mendapatkan privateKey dan PublicKey yang anda butuhkan.
    situs website generate ssh key online
    situs generate ssh key online

  • fitur lain anda juga dapat mengirimkan hasil generate PrivateKey/PublicKey kealamat email anda.

Frequently Asked Questions (FAQ)

apa itu SSH?

SSH adalah singkatan dari Secure Shell, yang merupakan protokol jaringan yang digunakan untuk menghubungkan dua perangkat melalui jaringan komputer dengan menggunakan enkripsi. SSH biasanya digunakan untuk mengakses server atau perangkat jaringan lainnya secara aman. Dengan menggunakan SSH, data yang dikirim melalui jaringan akan terlindungi dari peretasan dan pencurian informasi.

Bagaimana SSH bekerja ?

SSH bekerja dengan melakukan otentikasi berdasarkan pasangan kunci, dengan kunci privat berada di server jarak jauh dan kunci publik yang sesuai di mesin lokal. Ketika kunci cocok, akses diberikan kepada pengguna jarak jauh.

Apa itu SSH Key?

SSH Key adalah sebuah kunci yang digunakan untuk mengakses server atau perangkat jaringan lainnya secara aman menggunakan protokol jaringan SSH (Secure Shell). SSH Key terdiri dari pasangan kunci publik dan kunci privat, dimana kunci publik dapat dibagikan kepada orang lain, sedangkan kunci privat harus dikelola dengan baik agar tidak terjadi pencurian informasi. Dengan menggunakan SSH Key, data yang dikirim melalui jaringan akan terlindungi dari peretasan dan pencurian informasi, sehingga proses autentikasi akan lebih aman dan terjamin keamanannya.
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "cara generate ssh key di windows xp 7 8 10 dan 11"