Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara ping di distro linux

Hay pembaca elinotes, kali ini saya akan membagikan tutorial cara ping di distro linux . ping di linux umumnya digunakan untuk cek koneksi jaringan internet apakah terhubung ke internet, lancar atau tidak. Koneksi internet tidak selamanya stabil. Ada kalanya koneksi terganggu dan membuat koneksi terhambat.

apa itu ping linux?

Ping adalah singkatan akronim dari "Packet Inter-Network Groper" atau Ping adalah utilitas jaringan komputer yang berguna untuk memverifikasi dan mengetes keberadaan sebuah alamat IP apakah online atau tidak beserta ketersediaannya untuk memproses permintaan.  secara sederhana analoginya anda sebagai pengguna internet mengirimkan pesan, kemudian server akan memberikan balasannya. Jika server merespon balik, maka status komputer sedang online, begitupula sebaliknya apabila server tidak merespon (loss) maka status internet komputer sedang offline . 
cara ping di distro linux
cara ping di distro linux


Anda dapat menguji apakah suatu komputer sedang terhubung (online) dengan komputer lainnya atau tidak dengan perintah Ping. Ping memantau latensi jaringan (terutama dalam bermain game online), ketersediaan perangkat, dan kehilangan paket dalam jaringan. aplikasi ping dalam dunia internet contohnya  membantu Anda memahami alasan-alasan mengapa situs web tidak dapat dimuat, mulai dari konektivitas internet, jaringan hilang, hingga website yang tak lagi tersedia. Dengan adanya command PING, Anda dapat menentukan kemampuan jangkauan dari perangkat jaringan.

Cara kerja ping

Cara kerja ping mirip seperti cara kerja teknologi sonar yang memancarkan gelombang lalu memantul kembali setelah mengenai target. cara kerja ping secara teoriris juga sama perinsipnya dengan sonar  yaitu paket data akan dikirim ke host target dan ditransmisikan melalui switch dan router jaringan ke alamat IP (IP address) komputer tujuan, kemudian menunggu respon balik dari sana.

secara sederhana ping  bekerja dengan mengirimkan “paket ECHO_REQUEST” ke alamat IP (IP address) komputer tujuan, kemudian menunggu respon balik yang biasa disebut pong atau echo reply, yang mengonfirmasi bahwa perangkat tersebut bisa dijangkau (online).

Jika terhubung, Anda akan mendapatkan informasi statistik keadaan koneksi pada layar. Kualitas sambungan dapat Anda lihat dari besarnya waktu pergi-pulang (round trip) serta jumlah “paket” yang hilang (packet loss). Sambungan dikatakan semakin baik kualitasnya apabila kedua angka tersebut semakin kecil. 

Ping mengukur durasi respons atau perkiraan RTT (round-trip-times), yaitu waktu antara permintaan dikirim hingga balasan diterima, dengan satuan milidetik. Hasil ini juga mencakup jumlah byte yang diterima, waktu yang diperlukan untuk menerima respons, dan TTL (time-to-live), yang mengukur berapa lama paket data harus ada di dalam jaringan sebelum dibuang oleh router.

ping pertama ke Indonesia

menurut wiki onnocenter pada tanggal 7 Juni 1994, Randy Bush dari Portland, Oregon, Amerika Serikat melakukan ping ke IPTEKNET yang kemudian di laporkan ke rekan-rekan di Natonal Science Foundation (NSF) Amerika Serikat. 
ping pertama ke indonesia
ping pertama ke indonesia

cara ping di distro linux

cek ketersediaan perintah ping linux

Pada distro Linux versi lama, perintah Ping tidak bisa diaktifkan langsung. Anda perlu meng-install perintah PING terlebih dahulu sebelum bisa dijalankan. tetapi jika menggunakan distro linux terbaru seperti Ubuntu atau distro Linux serupaumumnya perintah ping sudah terinstal secara default. 

Anda dapat mengecek ketersediaan Ping dengan menjalankan perintah :
ping -V
cek ketersediaan perintah ping linux
cek ketersediaan perintah ping linux


Jika tidak ada PING yang terinstal, lakukan quick update pada sistem dengan command ini:
apt-get update && apt-get install -y iputils-ping

cara ping di linux

Anda dapat melakukan ping dengan menggunakan nama domain, atau juga bisa menggunakan alamat IP dari domain tersebut. 
sebagai contoh saya ingin ping koneksi jaringan internet cloudflare menggunakan domain cloudflare.com maka perintahnya sebagai berikut:
  • Ketik “terminal” di kolom pencarian.
  • cari terminal di linux
  • Ketik “ping cloudflare.com” dan tekan Enter.
  • ping berhasil
  • Tekan Ctrl + C untuk menutup koneksi, kemudian statistiknya akan muncul.
contoh ping dengan menggunakan nama domain
contoh ping dengan menggunakan nama domain


apabila ingin ping menggunakan alamat ip cloudflare maka perintahnya sebagai berikut
  • Ketik “terminal” di kolom pencarian.
  • cari terminal di linux
  • Ketik “ping 1.1.1.1” dan tekan Enter.
  • ping berhasil
  • Tekan Ctrl + C untuk menutup koneksi, kemudian statistiknya akan muncul.
ping dengan menggunakan alamat ip di linux
ping dengan menggunakan alamat ip di linux.png


Untuk memberhentikan PING di Linux, tekan Ctrl+C. Perintah ini akan menghentikan semua proses pengiriman packet ke target host di dalam terminal.

memahami dan membaca data hasil ping linux

Perintah ping akan menyelesaikan nama domain menjadi alamat IP dan akan mulai mengirim paket ICMP ke IP tujuan. Jika IP tujuan dapat dijangkau, ia akan merespons kembali sebagai contoh lihat gambar dibawah ini.
detail data hasil ping di linux
detail data hasil ping di linux

pada gambar diatas maka detail datanya sebagai berikut:
Jumlah byte data. Standarnya adalah 56, yang diterjemahkan menjadi 64 byte data ICMP – 64 byte
  • Alamat IP tujuan – dari 104.16.132.229 (104.16.132.229)
  • Nomor urut ICMP untuk setiap paket. icmp_seq=1
  • Time to live. -ttl=51 – Time to live (TTL) mengacu pada jumlah waktu atau “hops” suatu paket diatur untuk ada di dalam jaringan sebelum dibuang oleh router. TTL juga digunakan dalam konteks lain termasuk CDN caching dan DNS caching.
  • Waktu ping, diukur dalam milidetik, adalah waktu perjalanan bolak-balik untuk paket untuk mencapai host dan respons untuk kembali ke pengirim. -time rata rata 103.245
  • Secara default, interval antara pengiriman paket baru adalah satu detik.


elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "Cara ping di distro linux"