Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

mengenal gula kelapa asli banyumas

Gula kelapa asli banyumas

Kabupaten banyumas merupakan salah satu penghasil gula jawa terbesar di Indonesia. Gula kelapa banyumas atau biasa disebut juga gula jawa (coconut sugar). gula kelapa dibuat dari air nira kelapa (badeg atau sajeng). nira kelapa yaitu air atau getah sadapan dari bunga kelapa atau manggar yang biasanya ditambahkan larutan air kapur dan kulit manggis, atau kayu nangka. masyarakat banyumas biasa menyebutnya campuran kapur dengan kulit manggis dengan istilah "laru".
gula kelapa organik asli kabupaten banyumas
gula kelapa asli kabupaten banyumas
Air sadapan kelapa (badeg atau sajeng)  kemudian dipanaskan dalam kuali wajan sehingga membentuk karamel yang kemudian dicetak sehingga terbentuklah gula kelapa.
air nira kelapa (badeg) kelapa sedang dipanaskan menjadi gula
air nira kelapa (badeg) kelapa sedang dipanaskan menjadi gula

Proses pembuatan gula kelapa memakan waktu yang cukup panjang dari proses menyadap hingga memasak menjadi caramel gula kelapa memakan waktu 6-8 jam.

Ciri gula kelapa banyumas

Gula kelapa banyumas umumnya memiliki ciri ciri  berwarna coklat keemasan hingga kemerahan.
gula kelapa organik bentuk silinder asli banyumas
gula kelapa organik bentuk silinder asli banyumas
Bentuk gula kelapa banyumas ada yang berbentuk silinder, batok(mangkok),
gula kelapa batok banyumas
gula kelapa batok
hingga berbentuk bubuk seperti gula pasir yang biasa disebut gula Kristal atau gula semut.
gula kristal atau gula semut banyumas
gula kristal atau gula semut banyumas

Kelebihan gula kelapa banyumas 

Gula kelapa asal banyumas memiliki kelebihan yaitu memiliki indeks glisemik 35. Apa itu glisemik? Index glisemik gula  adalah sejumlah angka yang menunjukkan dampak karbohidrat pada tingkatan gula darah seseorang.
coconut sugar nutrition
coconut sugar nutrition
Gula kelapa memiliki indeks glikemik gula rendah yaitu 35 terutama karena serat yang disebut inulin yang memperlambat kecepatan tubuh menyerap glukosa. Sebagai perbandingan, indeks glikemik gula pasir dan gula aren antara 60 sampai 75.

Kandungan nutrisi gula kelapa

Kandungannya yang kaya akan nutrisi (seperti serat pangan, vitamin, zat besi dan seng 2x lebih tinggi dibandingkan gula pasir, dan mineral) baik untuk kesehatan usus. Selain itu, gula kelapa memiliki indeks glikemik yang rendah bila dibandingkan dengan gula pasir, sehingga cocok untuk pencegahan dan penanganan diabetes.
nilai gizi gula kelapa banyumas
nilai gizi gula kelapa banyumas
Serat pangan yang terkandung pada gula kelapa, yaitu inulin, membantu memperlambat dan mengurangi penyerapan glukosa. Inulin juga menstimulasi pertumbuhan bakteri bifido yang biasanya ditemukan pada produk-produk probiotik, sehingga meningkatkan sistem imun. Tak hanya itu, gula kelapa juga mengandung polifenol, flavonoid, dan anthocyanidin yang membantu mengurangi gula darah, inflamasi dan kolesterol.

Industri Gula kelapa  banyumas

Industri Gula Kelapa  merupakan produk unggulan di Kabupaten  Banyumas, karena  menurut data statistik yang  diperoleh dari laporan Dinperindagkop Kabupaten Banyumas,  Industri Gula Kelapa merupakan 74% dari total unit Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Banyumas dengan menyerap tenaga kerja 110.000 orang.
industri gula kelapa banyumas
industri gula kelapa banyumas
Di kabupaten banyumas terdapat 7 kecamatan penghasil gula kelapa yaitu pekuncen,  cilongok, ajibarang, somagede, wangon, kebasen dan kemranjen.
Negara tujuan export gula banyumas
industri gula kelapa kabupaten banyumas
industri gula kelapa banyumas

Negara tujuan export gula kelapa asal banyumas adalah belanda, prancis, belgia, singapura, Australia dll

Penggunaan gula kelapa

Gula Kelapa banyumas dapat digunakan sebagai pengganti gula pasir dalam adonan roti, kue, cookies, saus, dan selai. Gula Kelapa juga dapat ditambahkan ke dalam minuman, seperti susu dan kopi, ditambahkan sebagai topping pada yogurt dan ice cream ataupun dijadikan body scrub.

Penyimpanan gula kelapa

Gula kelapa sebaiknya diSimpan pada suhu ruang (23 - 25C), kelembaban udara 55 - 65% dan hindari sinar matahari langsung.

elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "mengenal gula kelapa asli banyumas"