Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia membangun blog baru

elinotes.com Terkadang saya melihat postingan blogger blogger yang sedang membangun blog baru. kualitasnya bisa dibilang bagus-bagus dan bermutu tinggi ,tapi sayangnya banyak blogger baru yang tenggelam di search engine karena tidak tahu rahasia membangun blog. 

membangun blog baru

Salah satu rahasia membuat blog tersebut masih baru masih baru dibangun dan domain authority dan domain rating masih rendah.
rahasia cara membangun blog baru
rahasia cara membangun blog baru


mengapa blog blog baru susah bersaing ? 


Ada beberapa faktor penting dalam menentukan rank suatu postingan dari sebuah blog baru... misalnya, Backlink (BL) home page, maupun URL postingan terkait.

Nah, Rahasia biar makin gacor di SERP google, khususnya buat domain baru, sebaiknya perbanyak backlink (BL) atau tautan yang menuju ke homepage terlebih dulu... tujuannya untuk menaikan DA (domain authority) atau dari hompage domain.
gambar domain ranting ahrefs
domain rating ahrefs

Kalau sudah kuat DA dan DR hompagenya  maka bersaing dengan blog kompotitor akan terasa gampang dan enak banget.  mau nulis postingan gaya apa juga gampang banget pageone.

gambar Domain authority moz
domain authority moz

Mengukur DA (domain authority) dan DR (Domain rating) ahrefs

untuk cara mengukur DA (domain authority)  dan DR (Domain rating) sebuah blog terserah mau pake tools Moz atau ahrefs semuanya sama sama bagus. tinggal kunjungi situs resmi moz dan ahrefs untuk mengetahui  nilai domainya

Kebohongan para suhu blogger

kerana, jujur saja, banyak yang mengabaikan faktor DA (domain authority) dan DR (Domain rating). Para suhu hanya menyuruhnya buat postingan yang berkualitas. ilmu ilmunya itu mulu padahal, dibalik layar sebenarnya itu yang paling penting menaikan DA (domain authority) dan DR (Domain rating)

menaikan domain authority dan Domain rating dengan backlink

Menaikan DA  dan DR hompage caranya adalah dengan baclink. Ada beberapa situs link  untuk backlink yang bisa sobat gunakan untuk backlink awal domain baru misalnya seperti backlink profile dan  web 2.0 dan social signal lainnya.

Terbukti dengan backlink backlink profile dan  web 2.0 dan social signal  akan membuat power DA (domain authority) dan DR (Domain rating) homepage perlahan lahan bertambah naik secara natural.

Ciri ciri domain authority dan Domain rating yang bagus dimata google

indikator domain authority dan rating homepage sudah bagus  dimata mesin pencari google ciri cirinya adalah apabila diketik nama judul blog di pencarian google sudah muncul dihalaman pertama (Pageone)

contohnya misal diketik kata kunci blog "elysetiawan" di mesin pencarian google berarti itu sudah oke alias bagus.
elysetiawan dengan da dan dr bagus
elysetiawan dengan da dan dr bagus

Cara menanam backlink profil

cara menanam backlink profil tentunya pertama tama tentukan kata yang ingin dibidik itu semua taro di bagian profile. terserah pakai nama blog/anchor/atau user generated name.. bebas..  contohnya "elysetiawan" atau apalah yang penting kalau suruh masukkin deskripsi profil, jangan kosongkan kolom deskripsi, tidak harus panjang panjang intinya harus ada textnya agar dibaca bot crawel.

untuk cara masukkin link di deskripsi profil cari dan kulik sendiri yah di google, kerana ada yang pake format html/BB code html maupun yang langsung. itu semua backlink profil terindeks webmaster... itu yang penting!

Oke, ini ada beberapa referensi link backlink untuk memperkuat domain authority homepage.

  • fandom com
  • ello co
  • e27,co
  • about,me
  • behance,net
  • bepress,com
  • deviantart,com
  • reddit
  • dev,to
  • medotcom

baca juga daftar situs backlink gambar
intinya, masukin link sobat ke bagian profilenya.. jangan lupa pakai deskripsi yang relevan yak.

Tips memasang backlink

Perinsip menamam backlink adalah sebisa mungkin mendapat backlink dofolow, kerana backlink dofollow berarti di crawl oleh bot indexs,  tetapi ingat Jangan terlalu banyak link dofollow. ingat algoritma google sekarang makin hari makin canggih. buatlah backlink senatural mungkin oplos atau campurkan backlink dofolow dan nofollow agar menjadi natural dan tidak mendapat penalti atau sandbox gogle
baca juga:apa itu google sandbox

website 2.0 untuk memanam backlink

untuk memanam backlinkt web 2.0 nya, bisa pakai

  • over-blog, 
  • weebly, 
  • tumblr, 
  • wordpress, 
  • hatena, 
  • emyspot, 
  • blogger, 
  • eklablog

web 2.0  tersebut semua bisa dikaitkan dengan webmaster dan tentunya sitemap. nah website 2.0 tersebut bisa bisa langsung terindeks

cara mengindex backlink

jika backlink belum terindex atau susah terindeks maka cara agar cepat terindex backlinknya bisa menggunakan sistem tier.

apa itu sistim tier?

jadi sistim tier adalah link backlink tersebut disuntik dengan link yang mudah terindeks. misalnya mengindex dengan blogspot, forum dan komen. misal pada blogspot kita letakan di menu header atau navigasi paling atas blog. mengapa meletakan link di header? alasannya kerana bagian header adalah bagian yang pertama kali sebuah situs web di crawl oleh bot indexer.

 tidak usah permasalahkan backlink dofollow atau nofollow , keran tujuannya utama adalah agar cepat terindex backlinknya  bukan ngasih power. ingat buatlah agar terlihat natural

baca juga: apakah backlink nofollow jelek?

kapan waktu yang tepat untuk memasang backlink?

waktu yang tepat untuk memasang backlink sebaiknya adalah ketika  web atau blog sudah berumur 3 minggu keatas biar agak natural dan segera keluar dari google sandbox.

seberapa sering menanam backlink?

sebaiknya menaman backlink sesering mungkin, tetapi ingat jangan spam. dan yang penting perbanyak artikel dan perbanyak dulu artikel berkualitas dan pageonenya.

semakin banyak artikel postingan pageone  akan membuat backlink mengalir sendiri tanpa perlu kita menanam backlink. artikel pageone akan merujuk kesitus kita, entah itu sebagai referensi, atau dikopas dll. dengan cara ini akan membuat backlink natural.. nah apabila sudah sampai taap ini posisi kita sudah sampai tahap ini enak seperti dijelaskan pada tahap awal tadi

sisihkan waktu  sekitar sekali seminggu untuk membuat backlink. catet link yang kalian dapet untuk menamam backlink.

setelah mempunyai daftar backlink segelarah tanam

cara cek backlink yang benar

untuk cek backlink yang kita tanam  sebaiknya gunakan patokan google search console (GSC). kenapa menggunakan google search console (GSC)? bukan aplikasi pihak ketiga seperti Moz atau ahrefs ?  ingat, kamu ingin ngerangking di google bukan di Moz atau ahrefs,  sehingga berpatokanlah dengan google

nilai DA PA baik di Moz atau DR ahrefs hanyalah patokan kualitas blog website, kerana  google search sendiri tidak membuka rahasia dari kualitas sebuah website. kita hanya bisa melihat backlinknya saja yang terindex. nilai DA PA Moz atau DR ahrefs tidak berpengaruh dengan ranging di google rank,

teknisnya  yang keindeks di  google search consol (GSC), akan terindeks  juga di Moz atau ahrefs. dan membuat DA PA moz dan DR ahrefs naik.

Moz atau ahrefs hanya  melihat berapa jumlah link dofollow yang masuk. otomatis jika link dofollow yang masuk di ahrefs  dan Moz  banyak akan membuat nilai DA PA naik tetapi tidak ranging di google rank, kerana google mempunyai penilaian sendiri.

pentingnya backlink social signal

selain yang telah disebutkan jangan lupakan social signal, contoh web social signal:

  • facebook
  • pinterest
  • twitter
  • instagram 
  • youtube
  • dll
basanya para pemain blog AGC wallpaper, akan scrape gambar dari pinterest.. sedangkan twitter akan scrap hashtag2 twitter.

jadi tebar link di twitter harus menggunakan hashtag nanti si scraper twitter akan scrape link kita juga.. lumayan  untuk backlink

pinterest saat upload gambar dambahkan deskrpsi dan link website kita jangan lupa claim site di pinterst.

meskipun media sosial ini bersifat nofollow tetapi akan menjadi sumber trafik blog dan referral link

Cara mendapat backlink gratis dari kolom komentar

untuk pengguna wordpress  kolom komen website jangan dihilangkan atau dihapus kerana kita bisa mendapat sumber  ink backlink disini. 
caranya biarkan para spamer untuk berkomentar, tetapi komentar kita set untuk di moderasi. saat komentar dimoderasi kita intip tuh arah linknya kemana saja dan jangan lupa catat. kalau beruntung dengan cara ini bisa dapat blog target backlink DA PA  atau DRnya yang  tinggi.  biasanya menjadi sasaran empuk untuk spam komen di kita hehhehehe

Oke sekian Rahasia membangun blog baru yang elinotes dapat bagikan semoga bermanfaat, sekian terimakasih :)
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "Rahasia membangun blog baru"