Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ampas tahu kandungan manfaat dan fermentasi untuk ternak

ampas tahu sudah terkenal sebagai bahan pakan untuk ternak karana mengandung nutrisi yang baik untuk ternak. ampas tahu umumnya difermentasi agar kandungan nutrisinya menjadi lebih baik dan dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama. 

ampas tahu untuk hewan ternak

Ampas  tahu  merupakan  hasil sisa sampingan atau  ikutan  dari  proses  pembuatan  tahu yang berbentuk padat.   Ampas  tahu  masih  mempunyai  kandungan nutrisi  seperti protein dan karbohidrat yang  masih relatif tinggi  sehingga sering dimanfaatkan sebagai pakan ternak unggas dan ruminansia.

kandungan manfaat nutrisi fermentasi ampas tahu
kandungan manfaat nutrisi fermentasi ampas tahu

manfaat ampas tahu

seperti yang sudah dijelaskan diatas ampas tahu biasa dimanfaatkan untuk pakan ternak hewan seperti ruminansia ( sapi, kambing, domba, kelinci ) unggas (ayam, bebek, itik) maupun ikan (lele, gurameh, patin, nila dll). ditinjau dari komposisi  kimianya  ampas  tahu  dapat  digunakan sebagai  sumber  protein  sehingga tidak heran ampas tahu digunakan sebagai campuran kosentrat pada pakan .

kandungan ampas tahu

kandungan utama ampas tahu yang masih basah atau segar sebagian besar adalah air 51,63 % protein 8,6%, lemak 3,79%,  dan abu ,21%,

Komposisi  zat  gizi  ampas  tahu  hasil  analisis laboratorium terdiri atas bahan kering 8,69, proteinkasar  18,67%,  serat  kasar  24,43%,  lemak  kasar 9,43%,    abu  3,42%  dan  BETN  41,97%.

komposisi kandungan nutrisi ampas tahu
komposisi kandungan nutrisi ampas tahu

menurut Muhammad Anjang Tifani dkk (2014), kandungan ampas tahu fermentasi dengan perlakuan pH awal 6 dan lama waktu fermentasi 12 jam akan dihasilkan kadar serat kasar sebesar 3,29%, kadar protein  15,35%, kadar air sebesar 10,50% dan rendemen sebesar 21,65%. 

fermentasi ampas tahu

untuk memperlama masa simpan ampas tahu biasanya akan dilakukan  cara menyimpan ampas tahu dengan cara fermentasi maupun dibuat silase ampas tahu. Ampas  tahu  memiliki  kadar  air  dan  protein  yang  cukup  tinggi sehingga   bila   disimpan   akan   menyebabkan   mudah   membusuk   dan berjamur. ampas tahu dapat dikeringkan agar dapat tahan lama, tetapi cara yang mudah dan biasa dilakukan oleh para peternak adalah dengan cara dibuat fermentasi

cara fermentasi ampas tahu untuk unggas

cara ini dapat digunakan untuk memfermentasi ampas tahu untuk pakan unggas seperti ayam, maupun bebek.
  • siapkan bahan berupa ampas tahu seanyak 20 kg, lalu peras hingga kadar airnya berkurang
  • buatlah larutan 15 ml EM4, 6 sendok makan larutan gula dan air matang 1 liter dalam bak, aduk sampai rata dan diamkan selama 2-4 jam.
  • masukkan campuran ampas tahu, 2 kg bekatul (dedak halus) dan rajangan daun papaya (2 tangkai) dalam bak larutan EM4, kemudian aduklah sampai merata.
  • Masukkan adonan ampas tahu yang telah diaduk secara merata ke dalam ember tertutup untuk proses fermentasi selama kurang lebih 3-4 hari.
  • Fermentasi berhasil ditandai dengan ampas tahu yang aromanya harum dan siap diberikan pada ternak ayam


silase ampas tahu untuk ruminansia

selain difermentasi ampas tahu juga dapat diawetkan dengan cara silase. cara pengawetan ampas tau dengan silase umumnya ditujukan untuk pakan hewan ruminansia seperti sapi, kambing, domba dll.

Perinsip pembuatan  silase  cukup  sederhana,  dengan kondisi  kedap  udara  dan  menambahkan  sumber karbohidrat   tinggi   sebagai   pemacu   percepatan fermentasi  maka  silase  tersebut  dapat  terbentuk.Produk   fermentasi   terutama   asam   laktat   akan menurunkan  kadar  pH    dan  bakteri  perusak    tidak tumbuh  berkembang,  akibatnya  kandungan  zat-zat makanan     dapat     diawetkan.    

berikut adalah proses pembuatan silase ampas tahu:

  • campurkan Ampas   tahu dengan   hijauan pakan ternak yang telah digiling dengan perbandingan 74,70 : 25,30. Kemudian ditambahkan molases sesuai dengan perlakuan sebesar  0,2,4  dan  6%  dari  berat  bahan  yang akan dibuat silase.
  • masukkan  ke  dalam  plastik  kedap  udara sambil    dipadatkan    agar    udara seminimal mungkin tertinggal dalam plastik.
  • simpan di dalam tempat yang aman  selama 4 minggu.


sekian artikel tentang ampas tahu kandungan manfaat dan fermentasi untuk ternak

elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, jaweng atau wawan. saya adalah admin dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll.

Posting Komentar untuk "ampas tahu kandungan manfaat dan fermentasi untuk ternak"