Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara membuat link hidup di komentar blog dan website

halo pembaca elinotes, kali ini aku kana membagikan cara membuat link hidup (link aktif) di komentar website dan blog. bagi kalian pencari backlink gratisan tentu motode memasukan komentar  text link hidup (hyperlink) dengan memasukan keyword atau anchor text tentu sudah tidak asing lagi hehehhehe. 

terkadang bagi blogger baru atau newbie masih kebingungan bagaimana sih menyisipkan link aktif di kolom komentar blog atau website, tenang saya akan bagikan caranya. 

cara membuat link hidup di komentar blog atau website

cara membuat link aktif di komentar blog dan website
cara membuat link aktif di komentar.png

untuk mermbuat link hidup ketika dipencet akan mengarah ke situs kita caranya sangat gampang cukup gunakan kode html dengan format link aktif.  Adapun script tersebut seperti dbawah ini:

<a href="URL Blog kita">keyword atau tulisan </a>

Penjelasan :

  • URL Blog kita isi dengan URL link blog atau postingan
  • keyword atau tulisan isi dengan kata (anchor text) yang merepresentasikan link 

sebagai contoh saya ingin membuat komen tampilan textnya "elinotes review" dan link yang dituju ketika diklik adalah "https://www.elinotes.com" maka scrip atau kode html link aktifnya adalah sebagai berikut: 

<a href="https://www.elinotes.com/">Elinotes review</a>

membuat link aktif di kolom komentar
membuat link aktif di kolom komentar
Hasil : Elinotes review menunjukan sebuah hyperlink aktif berwarna biru yang tentunya memuat link yang menuju ke blog target. 

hasil hyperlink komentar berwarna biru
hasil hyperlink komentar berwarna biru

Bagaimana sudah paham kan caranya, ternyata sangat gampang membuat link menjadi biru dan aktif 

membuat link hidup (Hyperlink) secara otomatis

Kalian tidak ingin cape capengetik skrip secara manual, tenang saya punya caranya. untuk membuat link aktif atau hidup secara otomatis kalian bias menggunakan tools URL to HTML Hyperink with keywords dari wosgroup. dengan menggunakan URL to HTML Hyperink kalian bisa membuat scrip html link aktif yang dilengkapi keyword secara banyak dan masal tanpa harus ketik ketik kodenya secara manual. 
url to html hyperlink
url to html hyperlink


kalian cukup masukan url yang dituju dan masukan keyword atau anchor text yang ingin dipakai. jangan lupa klik tombol generate hyperlinks maka secara otomatis tools akan bekerja mengkonversi url dan text menjadi Hyperink (link aktif)
proses dan hasil generate hyperlinks otomatis
proses dan hasil generate hyperlinks otomatis

tools URL to HTML Hyperink bisa meng generate ratusan hingga ribuan link dengan cepat, sehingga sangat cocok untuk memasang backlink di kolom komentar blog atau website edu secara masal dan banyak

membuat link hidup (hyperlink) di komentar blogger

Jika Anda ingin menanam link aktif pada kotak komentar Blogger kalian cukup copy saja scrip yang sudah dijelaskan diatas dan pastekan saja dikolom komentar pasti jadi link hidup.
cara membuat link aktif di kolom komentar blogger
membuat link aktif di kolom komentar blogger

cara lain membuat link hidup di kolom komentar blogger  kalian bisa gunakan fitur comment as name/url. dengan comment as name/url kalian cukup masukan nama dan link blog kalian. 
komentar sebagai url di blogger
komentar sebagai url di blogger



catatan 
pastikan blog target yang ingin kalian komen tidak mengaktifkan fitur moderator komen. kenapa ini penting? ya jelas apabila blog yang kita target mengaktifkan moderator komen kemungkinan kecil akan di aprove atau diterima bahkan kemungkinan akan dihapus. jadi pastikan cari yang sekali komentar yang langsung diaprove yah 

cara mengirim link di komentar fb blogger

terkadang sebuah situs blog menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu plugin kolom komentar facebook. lalu bagaimana mengirim link aktif diblog yang meggunakan kolom komentar facebook blogger? tenang secara perinsip sama seperti kolom komentar blogger, kalian hanya perlu menyisipkan  dengan scrip html link aktif. contohnya seperti gambar berikut ini:
cara mengirim link di kolom komentar fb facebook blogger
cara mengirim link di kolom komentar facebook


membuat link hidup di komentar wordperss

untuk membuat link hidup di kolom komentar wordspress kalian bisa menggunakan scrip link aktif seperti yang dijelaskan diatas. tetapi tenang ada cara lainnya yaitu dengan mengisi secara manual seperti layaknya di blogspot.

kolom komentar wordpress memiliki fitur untuk memasukan alamat website atau url situs jadi kalian cukup mengisi nama, email dan alamat situs. 
kolom komentar wordpress
kolom komentar wordpress


yang membedakan kolom komentar blogspot dan wordpress adalah kita harus memasukan alamat email. 

manfaat link aktif di kolom komentar blog dan website

membuat link aktif atau hidup dikomentar blog sebenarnya memiliki dampak positif dan juga negatif.

Manfaat positif membuat link aktif di komentar  ada dua yaitu mendatangkan trafik dan manambah SEO blog. Link aktif  yang ada di sebuah website apabila diklik akan menuju blog target, demikian pula pada kolom komentar terkadang pengunjung blog ada yang pensasaran dan iseng iseng klik dan inilah yang mendatangkan travik ke blog.

Dari segi SEO Para pakar seo sangat merekomendasikan untuk mencari back link dengan  meninggalakn link hidup  pada komentar di anggap sangat bagus buat seo dan dapat meningkatkan Domain authority (DA) Domain ranting (DR) dan tentunya skor Alexa Rank semakin ramping. 
Meninggalkan link hidup pada kolom komentar di blog lain, bisa menaikan trafik dan DA PA blog dalam jangka waktu yang terbilang singkat. 
efek negatif membuat link aktif di komentar tentunya ada, yaitu meningkatkan spam skor blog. apabila kita agresif menyebar link dikolom komentar tentunya akan dicap sebagai spam, dan yang paling parah bisa terkena deindex google. hal ini tentu berakibat buruk keblog atau website kita. 

catatan lainnya kita harus diperhatikan adalah cek terlebih blog atau situs tempat menanam backlink apakah itu blog Doffolow atau blog NoFollow.

Cara mengetahui jenis backlink di komentar blog

mengetahui jenis backlink blog apakah dofollow atau nofollow caranya  adalah dengan menggunakan Inspect Elemen pada salah satu komentar yang ada pada blog tersebut, caranya adalah:

klik kanan pada link salah satu komentar dan pilih  tulisan "Inspect element", maka akan terlihat kode HTML contoh seperti ini:
<a href="link blablabalabal" rel="nofollow" target="_blank" title="didz">Kaz</a>
 atau
<a href="link blablabalabal" rel="dofflow" target="_blank" title="didz">Kaz</a>


Jika yang muncul adalah "nofollow" ini berarti berari blog ersebut memberi backlink nofollow artinya url backlink tidak akan di index walaupun kita meletakan Link Hidup Di Komentar Blog tersebut.
contoh backlink nofollow di kolom komentar blogger
contoh backlink nofollow di kolom komentar blogger


jika yang muncul adalah "dofollow" itu artinya  kita akan mendapatkan backling dofollow yang url backlink yang kita tanam akan di index dan dirayapi bot mesin pencari dan sangat bagus buat seo blog.
contoh backlink dofollow di kolom komentar blogger
contoh backlink dofollow di kolom komentar blogger


kesimpulan

untuk membuat link aktif di komentar sebuah situs ada berbagai cara mulai dari menggunakan kode html scrip link aktif, menggunakan html to url hyperlink,  hingga menggunakan fitur link aktif seperti yang disediakan oleh blogger dan wordpress. kalian tinggal pilih sesuai keinginan. 

sekian pembahasan mengenai cara membuat link hidup di komentar blog dan website semoga bermanfaat.


elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "cara membuat link hidup di komentar blog dan website"