Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara membuat email bisnis profesional gratis dari zoho dengan domain sendiri

elinotes kali ini saya akan membahas layanan zoho email, free email bisnis profesiaonal menggunakan domain sendiri. Salah satu penyedia layanan email custom gratis adalah zoho, nah kalian bisa memanfaatkan email bisnis gratis ini menggunakan domain sendiri agar terlihat professional dan tentunya meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

ilustrasi diagram membuat zoho mail
ilustrasi diagram membuat zoho mail

tutorial membuat email bisnis dengan zoho 

Menurut survai ada 300 miliar email terkirim dan diterima setiap hari, sehinggasudah saatnya memiliki alamat email profesiaonal terutama untuk email bisnis anda. email bukan hanya untuk komunikasi saja tetapi sekarang lebih berguna untuk identitas online, untuk verifikasi identitas penggunaan online maupun untuk bisnis seperti email marketing. 

Agar merek bisnis yang kita miliki terlihat menarik dan autentik, semua komunikasi resmi harus berasal dari alamat email kustom yang berisi domain bisnis. Mengapa hal ini penting Karena pengunaan email bisnis akan lebih dipercaya oleh konsumen jika dibandingkan dengan menggunakan email personal gratisan seperti @google.com, @yahoo.com, @outlook dan lain sebagainnya. zoho adalah jawaban untuk email bisnis gratis dengan menggunakan domain sendiri.

Dengan menampilkan domain sendiri pada alamat email Anda tidak hanya akan terlihat profesional. Namun, juga bisa membantu upaya branding dan membangun kepercayaan konsumen dan rekan bisnis Anda. Zoho mail adalah jawaban bagi kalian yang menginginkan layanan email gratis dengan dukungan custom domain gratis selamanya.

membuat email bisnis profesional gratis dari zoho
membuat email bisnis profesional gratis dari zoho

Kelebihan menggunakan zoho sebagai alamat email bisnis anda:

Keamanan dan privasi data

Server Pusat data Zoho Mail dilengkapi keamanan dan ketahanan yang andal dengan uptime yang tinggi mencapai 99,9%. Dengan keunggulan hosting email aman yang mendukung enkripsi saat sedang tidak digunakan dan menyeluruh, serta enkripsi pesan S/MIME.

Mudah digunakan

Zoho Mail memiliki keunggulan dalam hal kemudahan penggunaan berkat tampilan yang intuitif. Tidak hanya itu, layanan ini juga memberikan jaminan keamanan tinggi yang membuatnya dipercaya lebih dari 11 ribu pengguna di seluruh dunia.

Bebas iklan

Layanan gratisan umumnya menampilkan iklan, namun berbeda dengan layanan email dari zoho yang bebas iklan. Zoho Mail menawarkan pengalaman yang sepenuhnya bebas iklan, karena zoho mengutamakan privasi. Data email Anda tidak pernah dianalisis untuk menayangkan iklan, dan pihak zoho memiliki keamanan berlapis untuk memastikan bahwa email tetap aman dan rahasia.

Kolaborasi tanpa hambatan dengan tim Anda

Zoho Mail memungkinkan komunikasi tim yang efektif dan meningkatkan produktivitas dengan jaminan waktu aktif 99,9%. Anda dapat berbagi folder dan draf, juga selalu menyediakan informasi terbaru bagi semua orang dengan aplikasi asli seperti Kalender, Catatan, Tugas, Bookmark, dan Stream

Email bisnis dengan integrasi CRM

Zoho mail Terintegrasi dengan Zoho CRM untuk mengelola penjualan Anda dengan lebih baik terintegrasi dengan zoho one. Zoho Mail memang memang memiliki banyak fitur dan tak kalah dengan Google Mail. Lakukan lebih banyak dengan aplikasi bawaan dan pihak ketiga.

Cocok untuk usaha kecil menengah

Zoho mail menyediakan paket gratis dan berbayar  pada Free Plan atau paket gratis kita sudah diberi bandwidth 5GB, 5 user atau pengguna dan attachment (lampiran) limit sebesar 25 MB dengan alamat yang dapat kita custom dengan. Paket free plane dapat dipakai selamanya. Inilah yang saya suka, apabila dirasa kurang kita bisa upgrade ke paket berbayar, Harga yang ditawarkan zoho tergolong murah sehingga cocok untuk usaha kecil dan menengah.

cara membuat email bisnis dengan custom domain sendiri di zoho mail


berikut adalah langkah langkah cara membuat dan mengatur email zoho agar bisa digunakan sebagai email bisnis yang professional. baca juga custom email routing cloudflare

mendaftar akun zoho

untuk bisa menggunakan layanan zoho mail terlebih dahulu kita harus mendaftar ke zoho mail, dengan mengunjungi https://www.zoho.com/mail/ lalu memasukan nama email dan nomer handphone.

zoho free plane signup
zoho free plane signup


Kalian juga bisa menggunakan medsos LinkedIn, Facebook dan Twitter untuk mendaftar akun. Jangan lupa verifikasi email dan no hp agar akun zoho yang dibuat menjadi terverifikasi oleh system dan dapat kita gunakan. 

Pilih zoho mail plant free

Kerana kita ingin menggunakan email zoho yang gratisan maka kita harus melilih plant free, tetapi tenang plant free ini sudah memiliki fitur custom domain. Paket plant free ini terletak paling bawah sehingga kalian harus scroll ke halaman paling bawah, lalu pilih yang plant free atau gratis selamanya.

paket zoho mail gratis selamanya
paket zoho mail gratis selamanya 

Mengaktifkan Mailhosting di zoho

Inilah step paling penting kerana kita akan mulai melakukan integrasi antara domain milik kita dengan Zoho Mail. Caranya Silahkan klik gambar profil kamu pada pojok kanan atas. Lalu klik Enable Mailhosting. 

Tunggu sebentar maka kamu akan diarahkan ke tampilan seperti berikut. Terdapat 2 pilihan:

– Sign up with a domain I already own : Menggunakan domain yang telah ada

– Buy a new domain for my business : Membeli domain baru

add an existing domain zoho mail
add an existing domain zoho mail

kerana kita sudahpunya domain sendiri maka pilih Sign up with a domain I already own dan masukkan nama domain seperti gambar dibawah ini. 

add domain untuk membuat email di zoho
add domain untuk membuat email di zoho

Verifikasi domain ke zoho mail

Tahap ini akan sedikit rumit karena kita akan memverifikasi kepemilikan domain agar bisa digunakan sebagai email custom domain. kalian harus memasukan zoho verification domain di pengaturan dns.

zoho verification domain untuk membuat email
zoho verification domain untuk membuat email

Caranya silakan kalian login ketempat dimana kalian membeli/register domain lalu tambahkan txt record di pengaturan DNS kalian, dan save pengaturan. 
zoho verification domain di penyedia register domain
zoho verification domain di penyedia register domain

penyedia register domain ada banyak mulai dari penyedia lokal seperti niagahoster, rumahweb, dewaweb, idcloudhost, idwebhost, qwords, domainesia, jagoanhosting, exabyts, dewabiz, hostinger hingga penyedia internasional seperti namecheap, wix, godaddy, Google Domains, Bluehost, HostGator, iPage, cloudflare dll. masing masing penyedia domain mempunyai pengaturan dns yang tidak jauh berbeda satu dengan yang lainnya, intinya kalian cukup masuk kepengatursn dan masukan ke pengaturan lalu tambahkan zoho verification txtnya. domain  Jika sudah terverifikasi akan seperti gambar dibawah ini 

verified domain zoho
verified domain zoho

Membuat akun email super admin

Sekarang saatnya kamu membuat akun admin dengan mengunakan nama domain yang telah didaftarkan tadi. Setelah proses di atas berhasil, Anda akan diarahkan untuk membuat username untuk admin akun Zoho Mail Anda. Isikan username pada kolom yang disediakan dan klik Create Account.

membuat zoho mail admin
membuat zoho mail admin

Fungsi akun super admin ini adalah kamu sebagai Admin atau Administrator, maka kamu dapat melakukan pengelolaan akun, pengelolaan pengguna, membuat email karyawan, mengubah hak akses dan sebagainya Hal ini terutama bermanfaat bagi email bisnis dengan banyak pengguna. Untuk memudahkan Silahkan tulis atau gunakan kata “admin” saja. Jika sudah selesai, silahkan klik Create Account.

mengatur konfigurasi MX Record

Untuk dapat menerima email tanpa kendala menggunakan Zoho Mail dengan custom domain, Anda perlu melakukan pengaturan konfigurasi MX Record. Silakan kalian login ke tempat dimamana kalian membeli register domain, lalu kalian masuk ke bagian DNS Management. Di pengaturan DNS managemen kalian tambahkan MX Record sebagai berikut :

Host Name: “@” Address : “mx.zoho.com”  Priority : “10”

Host Name: “@” Address : “mx2.zoho.com”  Priority : “20”

Host Name: “@” Address : “mx3.zoho.com”  Priority : “50”

isikan pengaturan MX Record diatas satu per satu. Jangan lupa save pengaturan. untuk contoh pengaturan dns mx record  zoho mail yang benar bisa lihat gambar dibawah ini

pengaturan dns mx record untuk zoho mail
pengaturan dns mx record untuk zoho mail

jika masih bingung bagaimana konfigurasi MX Record di zoho mail silakan menonton vidio tutorial berikut ini 



Pada tahap ini sebenarnya email sudah siap digunakan, tetapi jika ingin proteksi atau perlindungan terhadap spam maka kita perlu menambahkan Pengaturan SPF dan DKIM. 

Pengaturan SPF dan DKIM 

SPF dan DKIM ini berfungsi untuk pengaturan spam email. Pada pengaturan dns Silahkan masukkan TXT record seperti  langkah sebelumnya. Jika terjadi error silakan tunggu beberapa jam hal ini terjadi karena pengturan dns management memerlukan waktu untuk disimpn server. jika masih bingung bagaimana konfigurasi Pengaturan SPF dan DKIM di zoho mail silakan menonton vidio tutorial berikut ini 

sekian tutorial cara membuat email bisnis profesional gratis dari zoho dengan domain sendiri yang dapat saya bagiukan, semoga bermanfaat.

elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "cara membuat email bisnis profesional gratis dari zoho dengan domain sendiri"