Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Cara Mengatasi SSD Tidak Terbaca Windows 10

SSD merupakan penyimpanan yang banyak digunakan pada laptop atau PC. SSD diklaim lebih cepat dan daya tahan fisik yang bagus daripada hard disk. Namun, tidak jarang pengguna mengeluhkan SSD tidak terbaca oleh windows 10. tetapi tenang jangan panik jika SSD tidak terbaca dikomputer kalian, kami akan membahas dalam artikel ini. Nah, berikut cara mengatasi SSD yang tidak terbaca di windows 10 dan 11

Cara Mengatasi SSD Tidak Terbaca Windows 10

1. Ubah Settingan Pada Konfigurasi SSD

Biasanya, ketika SSD sama sekali tidak terbaca, itu bisa terjadi karena BIOS tidak berhasil mendeteksi. Oleh karena itu, pertama kali bisa dengan pengecekan pada BIOS. Sebab, BIOS ini yang mengontrol banyak tugas penting dalam OS serta perangkat lain yang dipasang. Untuk mengontrolnya bisa ikuti langkah dibawah ini:

  • Pertama, cobalah untuk mengaktifkan komputer atau laptop yang digunakan. Jika sudah, masuk ke BIOS. Caranya dengan tekan F2, del atau bisa tombol lain yang sesuai dengan manufactur motherboardnya.
  • Kemudian, bukalah menu Storage Options. Dilanjutkan dengan navigasi ke Serial ATA lalu ke SATA Configurate.
  • Jika sudah, selanjutnya pilihlah opsi IDE Compatibility Mode.
  • Nah, apabila telah selesai melakukan pengaturannya bisa langsung simpan settingan BIOS tersebut.
  • Terakhir, coba lakukan restart pada Laptop atau komputer yang digunakan. 
pengaturan sata configure di bios
pengaturan sata configure di bios


2. Upgrade Driver Storage Controller

Nah, selanjutnya ketika setelah selesai dalam pengaturan BIOS lalu sudah di restart juga. Namun, SSD tidak terbaca juga oleh windows, maka kemungkinan perlu mengupgrade driver storage. Sebab, hal ini terjadi bisa saja karena driver telah habis masanya atau kadaluarsa. Berikut langkah upgrade nya:

  • Pertama, tekan atau klik kanan pada logo jendela atau windows. Kemudian, cari dan pilih menu Device Manager.
  • Jika sudah, pilih dan tekan Storage Controller. Nantinya akan muncul opsi-opsi dari menu Storage tersebut.
  • Pengguna bisa pilih Update Driver. Lalu cari dan tekan Search automatically for update driver software. Jika sudah, maka PC atau laptop akan melakukan upgrade dengan otomatis.
  • Terakhir, apabila telah selesai cobalah melakukan restart kemudian cek kembali. 
Upgrade Driver Storage Controller
Upgrade Driver Storage Controller


3. Periksa Kondisi RAM Serta Memory

Sebenarnya ada banyak faktor kenapa SSD bisa tidak terbaca dalam perangkat. Salah satunya bisa terjadi karena terdapat masalah dalam RAM nya. Nah, untuk melakukan pemeriksaan pada kondisi RAM sangatlah penting untuk mengetahui yang terjadi. Untuk memeriksanya bisa ikuti langkah dibawah ini:

  • Langkah ini diawali dengan menekan tombol atau ikon Search di perangkat. Jika sudah ketikkan Windows Memory Diagnostic di kolom pencarian yang tersedia.
  • Lalu, pilih menu Run as Administrator.
    windows memory diagnostic
    windows memory diagnostic

  • Cobalah untuk menyimpan semua pekerjaan serta tutup aplikasi yang aktif. Kecuali pada menu Windows Memory Diagnostic. Jika sudah, bisa tekan menu Restart now and check for problems.
  • Lalu otomatis perangkat akan melakukan proses restartnya dengan mengecek memory yang terpasang. Pengguna bisa tunggu hingga proses tersebut selesai.
  • Apabila sudah, maka nantinya akan muncul hasil pemindaian atau hasil tes pengecekkan tadi. Sekaligus dengan perbaikannya apabila ada.
  • Kemudian, pengguna bisa pergi ke menu Disk Management dan periksa SSD sudah terbaca.

4. Setting Driver Letter

Selain tiga cara tadi, jika SSD ternyata belum terbaca juga mungkin masalahnya ada pada Driver Letternya. Sebab, jika SSD belum memiliki Driver Letter maka tidak akan bisa terbaca. Untuk caranya bisa simak yang berikut:

  • Tekan ikon Search dan ketikkan Windows Memory Diagnostic. Lalu, tekan Run as Administrator.
  • Kemudian, klik kanan dan tekan Change Drive Letter and Paths. Selanjutnya bisa pilih Add jika SSD belum punya Drive. Sementara jika sudah punya bisa pilih Change.
  • Terakhir, pilih drive pada menu dropdown. Selesai dan tekan OK lalu simpan pengaturan.
jika masih bingung mengatasi ssd hardisk not show di windows kalian bisa menonton vidio dibawah ini agar lebih mudah mengikuti langkah demi langkahnya.


Itulah tadi, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi SSD tidak terbaca pada Windows 10. Apabila semua cara telah dilakukan, tetapi SSD tetap tidak terbaca. Kemungkinan besar itu tandanya SSD nya yang sudah rusak. untuk mencegah ssd agar tidak cepat rusak silakan baca artikel penyebab ssd rusak

sekian pembahasan mengenai Tutorial Cara Mengatasi SSD Tidak Terbaca Windows 10, semoga pembahasan ini bermanfaat, terimakasih.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Posting Komentar untuk "Tutorial Cara Mengatasi SSD Tidak Terbaca Windows 10"