Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab rusaknya SSD dan cara memperpanjang umur pakai SSD

Media penyimpanan data SSD (Solid state drive) akan kehilangan data seiring dengan pemakaian SSD akan semaki melemah dalam menyimpan data dan akhirnya akan rusak. Saat ini ssd  semakin sering dipilih sebagai media penyimpanan dan untuk menjalankan Sistem operasi (os).
kerusakan performa ssd dan cara memperpanjang umur ssd
kerusakan performa ssd dan cara mengatasinya
Hal ini kerana kerana ssd menawarkan performa kecepatan yang jauh lebih baik dari Hard disk (HDD), namun demikian SSD memiliki kelemahan yaitu memiliki batas umur penyimpanan.

berapa sih umur ssd?

memang betul ada batas umur ssd untuk bisa di isi file. umur tergantung banyak sedikitnya data yang ditulis dan dibaca pada ssd  yang sering disebut TBW atau terabyte written. sebuah ssd oleh produsen biasanya dicantumkan berapa TWB maximum yang dapat ditulis oleh ssd. 
contoh menghitung usia ssd
contoh cara menghitung usia ssd

 
cara menghitung umur ssd sebenarnya gampang misal sebuah ssd mempunyai limit TBW 800 tb (800.000 gb).  misal estimasi menulis data di ssd perhari 1gb/hari.

 

maka menghitung usianya = 800.000 :1 =800.000 hari =2191 hari. usia ssd 2191 hari cukup lama bukan. tentunya apabila jarang menulis data pada ssd misal hanya untuk office pastinya umurnya akan makin lama lagi heheheh

menuru penelitianyang dilakukan google dan university of toronto umur ssd masih lebih awet dari hdd sekitar 25% lebih awet dari hardsik hdd.

penyebab turun dan rusaknya performa ssd

Berikut adalah factor penyebab melemah dan turunnya performa SSD (Solid state drive) :

Write data

Batas masa pakai SSD (Solid state drive) yang singkat disebabkan oleh semakin seringnya menulis  data ( write data) pada chip ssd. ssd mengenal istilah TBW atau terabyte written. dimana tbw ini adalah nilai maksimal ssd trsebut bisa "ditulis". proses tulis ini meliputi copy-paste, move data, delete, instal - uninstall.
baca juga kekurangan ssd
kelebihan ssd

ketika angka tbw ini sdh tercapai maka kemungkinan ssd sudah tidak bisa menulis data , tetapi ssd masih bias dibaca. semakin banyak di write data maka chip SSD akan lebih cepat menurun kemampuannya sampai sel chip rusak.  untuk mengetahui umur SSD dapat menggunakan Patokan TBW (TeraByte Written).
penyebab rusaknya ssd  kerana write data TBW (TeraByte Written).
penyebab rusaknya ssd  kerana write data TBW (TeraByte Written).

contoh apabila SSD dengan kapasitas 250GB memiliki TBW sebesar 100. Artinya SSD tersebut bisa melakukan write atau menulis data sebanyak 100 TeraByte (100.000GB). Tentunya tiap brand SSD memiliki angka TBW yang berbeda ya.

Arus listrik

Sebuah SSD  jika tidak dialiri listrik akan kehilangan datanya dalam waktu seminggu, bila perangkat laptop yang dipasangi SSD tersebut tidak dihidupkan untuk jangka waktu yang lama.
ssd membutuhkan arus listrik yang stabil agar berfungsi normal
ssd membutuhkan arus listrik yang stabil agar berfungsi normal
SSD membutuhkan sumber listrik, agar perangkat SSD tidak kehilangan data dari waktu ke waktu.

Suhu lingkungan ssd

semakin meningkatnya suhu lingkungan sekitar SSD yang diakibatkan lingkungan sekitar, maka makin cepat pula SSD kehilangan datanya.
suhu lingkungan ssd menyebabkan hilangnya data
suhu lingkungan ssd yang panas akan menyebabkan kerusakan

Setiap kenaikan suhu lingkungan 5 derajat celsius di SSD, maka periode masa penyimpanannya berpotensi akan berkurang sekitar setengahnya. “Sebagai contoh, jika sebuah SSD disimpan pada suhu 25 derajat celsius, itu bisa bertahan sekitar 2 tahun. Namun jika suhu naik 5 derajat celsius, kualitas standar pernyimpanan bisa turun menjadi 1 tahun.” tulis laporan yang dipublikasikan di KoreLogic.

cara memperpanjang usia ssd

Jangan Defrag SSD

Defrag  adalah proses menyatukan atau menata ulang data data yang terpisah.  Pada HDD proses Defrag sangat diperlukan untuk menyatuan data, tetapi pada ssd Defrag  justru harus dihindari kerana akan menambah write data pada ssd.
Jangan Defrag SSD
Jangan Defrag SSD

proses defrag  PADA ssd mengharuskan proses membaca-tulis menata ulang letak file, hanya akan membuat proses baca-tulis ini lebih sering yang ujung-ujungnya menurunkan kinerja si SSD.

tetapi jangan khawatir untuk os terbaru opsi defrag pada ssd biasanya sudah dimatikan atau di desable.

Jaga suhu lingkungan tetap sejuk 

Seperti yang sudah dijelaskan diawal suhu lingkungan yang panas akan menurunkan performa dan menurunkan masa pakai SSD. pakailah aplikasi untuk memantau kesehatan ssd.
aplikasi monitor kesehatan ssd
monitor kesehatan ssd
jagalah suhu lingkungan laptop agar tetap sejuk berkisar 25 celsius jika perlu menggunakan cooler tambahan pada laptop.

isi batrai laptop

Laptop komputer harus teraliri listrik agar ssd tetap berfungsi dengan semestinya. pada pc gunakan power supply pc yang bagus dan jangan abal abal.

Matikan mode hibernasi 

mode Hibernasi akan menggunakan sejumlah besar kapasitas tulis  write data pada disk, dan menonaktifkan fungsi membantu memperpanjang umur SSD.

jangan isi ssd sampai penuh

ssd yang penuh akan membuat kerja write data menjadi lebih sering.
jangan isi kapasitas ssd sampai penuh
jangan isi kapasitas ssd sampai penuh
Saat hard disk Anda mendekati kapasitas penuh, dibutuhkan lebih banyak waktu untuk menemukan ruang yang tersedia dan memindahkan file dan proses copy paste. sebisa mungkin sisakan setidaknya tersedia 10 sampai 25% space kosong dari kapasitas ssd.

Aktifkan TRIM pada windows

os windows memiliki fitur TRIM dimana berfungsi memberitahu OS blok mana yang dianggap tidak digunakan dan menghapus data tersisa secara internal sehingga SSD bisa bekerja dengan optimal per ruang disk.
 
jika ingin mengaktifkan trim pada ssd untuk Windows 10 bisa mengaktifkannya secara manual 
Microsoft sudah menyediakan perintah . Perintah tersebut harus kita panggil melalui aplikasi bernama Powershell atau Powershell ISE.
 
ikuti langkah langkah berikut:
jalankan  Powershell dengan izin administrator.
Perintah yang kita gunakan adalah Optimize-Volume. Perintah tersebut memiliki format seperti berikut ini: Optimize-Volume -DriveLetter Driveyanginginditrim -ReTrim -Verbose

Jadi, misalnya kita ingin melakukan TRIM terhadap SSD pada drive C, maka perintahnya adalah sebagai berikut: Optimize-Volume -DriveLetter C -ReTrim -Verbose

Setelah itu, Windows akan melakukan TRIM pada SSD yang ada. Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan TRIM tidak lebih dari 30 detik. Uniknya, tablet Windows 10 pun juga dapat menggunakan TRIM untuk membuat kinerjanya lebih cepat.

mengaktifkan trim SSD secara paksa Anda dapat secara paksa melakukannya dengan menjalankan perintah berikut di jendela Command Command Prompt:

fsutil behavior set DisableDeleteNotify 0

Cara menonaktifkan trim SSD  seperti cara diatas yaitu melalui perintah Command Command Prompt dan gunakan perintah berikut:

fsutil behavior set DisableDeleteNotify 1



 


simpan file penting di hdd jangan di ssd

Untuk file file penting sebaiknya backup di hdd kerana selain kapasitasnya lebih besar juga untuk menghemat proses write data di ssd agar ceppat habis. 
backup data di hdd dan ssd
backup data di hdd dan ssd
kita bisa menggunakan slot dvd pada laptop dan menggunakan hdd caddy untuk mengubahnya menjadi media penyimpanan backup data. jadi dalam 1 komputer dapat menggunakan 2 media penyimpanan data yatu ssd dan hdd.

sekian artikel penyebab rusaknya ssd dan cara mencegah kerusakan dan memperpanjang umur ssd semoga bermanfaat. 
terimakasih :)
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "Penyebab rusaknya SSD dan cara memperpanjang umur pakai SSD"