Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

seberapa penting tbw (Terabytes Written) bagi ssd?

halo sahabat elinotes, pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa itu TBW (Terabytes Written) dan pentingnya tbw (Terabytes Written) pada sebuah ssd.

‎Apa itu TBW?‎

‎TBW adalah singkatan dari Terabytes Written yang biasanya menjadi standar patokan (metrik) daya tahan seberapa tahan atau lama terabyte yang dapat ditulis ke solid state disk (SSD) selama masa pakainya dalam menyimpan data. 

apa itu TBW (Terabytes Written) pada SSD
apa itu TBW (Terabytes Written) pada SSD 

‎Misalnya, jika drive SSD memiliki kapasitas 100 GB, dan drive SSD ini memiliki 100 TBW, maka ini berarti drive SSD dapat ditulis ulang sepenuhnya 1024 kali (1 Terabyte = 1024 Gigabyte). Ini sama dengan menyatakan berapa kali Anda dapat menulis melalui kaset VHS!, Hanya saja dalam Terabyte 😉‎

Intinya, TBW itu bisa jadi patokan yang bakal mempengaruhi masa pakai storage. Jika sudah melebihi nilai TBW, maka SSD setidaknya enggak akan efektif lagi untuk dipakai.

TBW menjadi masa garansi SSD

brand SSD seperti samsung, intel, corsair, teamgroup ,kingston, westen digital, crucial, adata, sk hynix dll menggunakan metrik tbw ini sebagai acuan dalam memberikan masa garansi sebuah ssd. tepai ada juga brand SSD  yang tidak memberikan data TBW dari produk mereka secara terang-terangan, ada yang menggunakan DWPD (Device Writes Per Day) untuk detail kalian bisa cek pada website brand SSD kalian. 

contoh nilai TBW menentukan masa garansi SSD
contoh nilai TBW menentukan masa garansi SSD
nilai TBW juga sebenernya jadi cakupan garansi dari pembuat SSD tentang masa sesungguhnya storage ini berlaku. Semakin besar nilai TBW, maka semakin lama masa pakai dari storage ini.

Apa yang terjadi jika TBW SSD habis?

Jika SSD sudah mencapai batas TBW (Terra Byte Write) artinya SSD itu sudah tidak bisa ditulis lagi (diisi file) Tetapi tenang  SSD itu masih bisa membaca data. dalam beberapa kasus ada SSD yang sudah mencapai nilai matrik TBW dalam spesifikasi produk tetapi masih berfungsi normal menulis dan membaca data jadi tidak usah terlalu khawatir hehehehe, hanya saja jika sudah menyentuh TBW sebaiknya kalian ganti dengan ssd yang baru. kalian bisa baca penyebab ssd rusak agar bisa terhindar dari kehilangan data akibat twb habis. 

cara mengetahui TBW yang sudah digunakan ssd

untuk mengetahui nilai TBW yang sudah digunakan ssd biasanya pihak produsen ssd sudah menyediakan software khusus, silakan cek website dari produsen atau manufactur dari pembuat ssd. tetapi jika pihak produsen manufactur ssd tidak menyediakan software khusus  kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu CrystalDiskInfo dan HDsentinel untuk memeriksa nilai tbw yang telah dipakai ssd.

software CrystalDiskInfo adalah software gratis untuk mengecek detail dari SSD termasuk nilai tbw , bisa lihat contoh gambar dibawah

software untuk mengetahui nilai tbw SSD yang telah dipakai
CrystalDiskInfo software untuk mengetahui nilai tbw SSD yang telah dipakai

pada gambar diatas bisa lihat dibagian "total host write"  menunjukan angka 1325 gb (1,3 tb) apabila klaim dari produsen ssd masa garansinya adalah 100 tbw berarti masih masih tersisa sekitar 98 tbw.

Untuk contoh kasus di atas dengan klaim dari produsen ssd masa TBW sebesar 100TB, maka kemungkinan SSD kalian mencapai batas umurnya sekitar 6 tahun pemakaian. saya sendiri menggunakan ssd ini untuk instal dan coba coba os linux, sehingga pemakaiannya tbw cukup banyak. Tapi perlu diingat bahwa tiap bulannya kalian melakukan write sebesar 1,3 TeraByte dan itu merupakan angka yang sangat besar kalau hanya untuk pekerjaan ringan seperti office mungkin akan lebih lama lagi mencapai batas tbw.

software lainnya untuk mengecek nilai TBW SSD adalah HDD sentinel (hdsentinel). software ini yang menyediakan fersi gratis dan berbayar. 

hard disk sentinel sofware untuk mengetahui nilai tbw yang telah digunakan ssd
hard disk sentinel sofware untuk mengetahui nilai tbw yang telah digunakan ssd

silakan buak aplikasi hard disk sentinel dan cek salah satu SSD dan lihat nilai pada bagian Lifetime writesnya seperti gambar diatas. Jika nilainya ada indikasi SSD sudah hampir menyentuh TBW yang ditentukan produsen, maka SSD mungkin perlu diganti.

cara menghitung tbw (Terabytes Written) SSD

cara menghitung terabytes written (TBW) SSD cukup mudah contoh apabila SSD dengan kapasitas 250GB memiliki TBW sebesar 100. Artinya SSD tersebut bisa melakukan write atau menulis data sebanyak 100 TeraByte (100.000GB).

semakin besar kapasitas ssd usia TBW semakin panjang

secara teori SSD dengan kapasitas yang semakin besar, akan memiliki TBW yang semakin besar pula dan semakin lama juga usia pakai ssd. Sebagai contoh saya menggunakan merek SSD kingston dengan tipe dc1000b. 
semakin besar kapasitas ssd semakin besar nilai tbw
semakin besar kapasitas ssd semakin besar nilai tbw


  • kapasitas 240 GB memiliki 248TBW
  • Kapasitas 480GB memiliki 475TBW 
  • kapasitas 960GB memiliki 1095TBW
artinya diklaim oleh pihak produsen semakin besar kapasitas SSD yang kita miliki, maka usia pakai SSD ini juga akan semakin lama. misal dibandingkan, ada 5 laptop yang masing-masing pakai SSD dengan kapasitas di atas, penggunaan masing-masing laptop sama (untuk office dan internet), pasti yang usia SSD nya paling lama adalah yang kapasitasnya SSD nya 4TB..

cara menghitung umur pakai ssd

seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya tentang cara memperpanjang umur SSD, untuk menghitung masa pakai atau umur ssd sebenarnya cukup gampang.  semisal sebuah ssd mempunyai limit TBW klaim dari produsen 800 tb (800.000 gb) misal estimasi baca dan menulis data di ssd perhari 1gb/hari maka rumusnya: ( jumlah limit TBW SSD / estimasi baca tulis ssd/hari )
cara menghitung umur ssd
cara menghitung umur ssd


dari sumus diatas maka cara menghitung usianya = 800.000 :1 =800.000 =2191 hari. usia 2191 hari cukup lama bukan. tentunya apabila jarang menulis data pada ssd misal hanya untuk office pastinya umurnya akan makin lama lagi heheheh

berapa lama rata rata umur ssd ?

Perkiraan terbaru dari Google dan University of Toronto setelah bertahun-tahun pengujian pada solid-state drive menemukan bahwa, berdasarkan penggunaan aktual, masa pakai SSD adalah 5 hingga 10 tahun. Sehingga SSD dapat setara dengan mesin cuci biasa. Studi tersebut menegaskan bahwa umur SSD adalah faktor utama dalam menentukan kapan SSD rusak atau harus segera diganti.

seberapa penting TBW ssd?

angka TBW pada ssd bisa dikatakan penting tidak penting kerana angka ini hanya menjadi patokan oleh produsen untuk memberikan masa garansi, dalam beberapa kasus Ada juga SSD yang masih bisa beroperasi normal meski sudah melebihi batas TBW. sering sering cek penggunaan SSD nya dari writen cycle dan batas TBW (Terabytes Writen) masing-masing SSD agar bisa mengetahui kapan harus ganti ssd baru

saran lainnya sebaiknya pilihlah ssd dengan kapasitas besar untuk anda hal ini kerana Semakin besar angkanya, maka bisa semakin positif. Meskipun, enggak semua orang juga butuh nilai TBW yang besar,
meskipun ssd yang sudah tercapai tbw masih bisa digunakan tetapi sebaiknya jika sudah mencapai batas TBW yang ditetapkan oleh produsen sebaiknya kalian ganti dengan yang baru agar tidak kehilangan data yang berharga. 

Ya bagaimana pun juga, SSD adalah serangkaian komponen elektronik yang mana pasti memiliki risiko kerusakan dari sisi hard ware kapan saja.



sekian pembahasan mengenai  tbw (Terabytes Written) semoga bermanfaat. terimakasih


elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "seberapa penting tbw (Terabytes Written) bagi ssd?"