Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

tipe dan Jenis Ayam Petelur Unggul

Tipe Ayam ras Petelur

Ayam ras petelur adalah hasil rekayasa genetis berdasarkan karakter-karakter dari ayam-ayam yang sebelumnya ada. Perbaikan-perbaikan genetik terus diupayakan agar mencapai performance yang optimal, sehingga dapat memproduksi telur dalam jumlah yang banyak.
jenis galur strain ayam ras petelur
jenis galur strain ayam ras petelur
Salah satu keuntungan dari telur ayam ras petelur adalah produksi telurnya yang lebih tinggi dibandingkan produksi telur ayam buras dan jenis unggas yang lain . tipe dan jenis ayam ras petelur terdiri dari ayam petelur tipe ringan dan ayam petelur tipe medium. berikut adalah tipe dan jenis ayam ras petelur, semoga bermanfaat.

    Tipe Ayam Petelur Ringan.

    Tipe ayam petelur ringan adalah tipe ayam petelur yang dinamai karena memiliki berat yang ringan dibanding ayam lain dengan jenis yang sama. Ayam petelur tipe ringan khusus dikembangkan hanya untuk bertelur. Ciri ayam petelur tersebut berbadan ramping, kecil, mata bersinar, dan bercengger merah darah. Tipe ayam petelur ringan ini memiliki sebutan yaitu ayam petelur putih. Sebutan ini disesuaikan dengan warna telur yang dihasilkan, karena ayam tipe ini menghasilkan telur yang berwarna putih.

    Bulunya ayam petelur tipe ringan umumnya berwarna putih bersih dan berjengger merah. Ayam ini mampu bertelur lebih dari 260 telur per tahun. Ayam petelur tipe ringan disebut dengan ayam ras petelur putih.
    tipe ayam petelur ringan
    tipe ayam petelur ringan berwarna putih
    Tubuh ayam petelur putih ini relatif ramping atau dapat kurus-mungil, dengan mata bersinar. Serta memiliki jengger merah dan bulunya berwarna putih bersih. Bila ditelusuri dari asal-usulnya, ayam tipe ini merupakan turunan dari galur murni white leghorn seperti  ayam ras pedaging

    Bila ingin mencari ayam galur di Indonesia, rasanya cukup sulit. Namun, jenis ayam petelur ringan komersial telah banyak dijual di Indonesia. Dan namanya bukan lagi ayam galur, namun diberi nama yang cukup beragam di Indonesia ini. Meski dagingnya sedikit, ayam petelur putih ini memiliki kemampuan bertelur sebanyak lebih dari 260 telur per tahun produksi hen house. 

    Jika seseorang memilih untuk membudidayakan ayam petelur ringan ini, maka perlu dilakukan pemeliharaan yang sangat teliti. Karena, ayam ini memiliki sensitifitas yang tinggi, sehingga mudah kaget, dan jika kaget produktifitasnya akan menurun. Suhu udara dan juga tingkat keributan disekitar kandang harus dijaga dengan baik agar ayam dapat tetap produktif.

      Tipe ayam petelur Medium.

       Nama tipe ayam pedium berasal dari bobot ayam yang meskipun lebih berat dari ayam petelur ringan, namun tidak lebih berat dari ayam pedaging. sehingga sering dipelihara dalam usaha peternakan ayam petelur Sehingga, namanya menjadi ayam medium. Ayam petelur tipe medium dikembangkan untuk produksi telur dan diambil dagingnya sehingga ayam ini memiliki bobot badan lebih berat daripada ayam petelur tipe ringan.

      Tubuh ayam ini tidak kurus, tetapi juga tidak terlihat gemuk. Telurnya cukup banyak dan juga dapat menghasilkan daging yang banyak. Ayam ini disebut juga dengan ayam tipe dwiguna dan karena warnanya yang cokelat.

      tipe ayam petelur medium
      tipe ayam petelur medium berwarna cokelat
      Tipe ayam ini memiliki kemampuan bertelur yang yang berkualitas dengan jumlah yang banyak. Adapun nama lain dari ayam medium adalah ayam petelur cokelat. Nama ini mungkin diambil dari warna telur yang dihasilkan yang berwarna cokelat. Namun, kebanyakan dari ayam petelur cokelat ini juga berwarna cokelat.


      ayam petelur coklat
      ayam petelur coklat
      Kemampuan bertelur ayam jenis ini tidak perlu diragukan, dan telur yang dihasilkan adalah berwarna cokelat. Kualitas telur cokelat ini sebenarnya tidak begitu berbeda dengan telur putih yang dihasilkan ayam petelur ringan. Dan harga yang lebih tinggi di pasaran biasanya disebabkan karena berat telur cokelat yang lebih berat serta tingkat produksi telur cokelat yang lebih sedikit dibanding telur putih.

      Salah satu keunggulan ayam petelur medium ini adalah selain menghasilkan telur yang banyak, ayam ini juga memiliki daging yang rasanya enak dan tebalnya cukup dikonsumsi, meskipun tidak setebal daging yang dimiliki  ayam ras broiler

        Perbandingan produktivitas ayam ras petelur dengan ayam buras


        berikut adalah Perbandingan produktivitas ayam ras petelur dengan ayam buras, saya  sajikan pada tabel:
        Keterangan
        Ayam ras
        Ayam Buras
        – Produksi telur (butir/tahun)- Berat telur (gram)- Sifat mengeram – Kemampuan berproduksi
        200 – 250
        50 – 60
        hampir tidak ada
        tinggi
        40 – 60
        30 – 40
        ada
          sangat terbatas

        sumber(Cahyono, 1996).

        Performan Beberapa Strain Ayam Petelur 

        berikut adalah tabel perbandingan performa ayam petelur dari berbagai ras

        Strain
        Umur Awal Produksi
        (minggu)
        Umur pada Produksi 50%
        (minggu)
        Puncak Produksi
        (%)
        FCR
        Kematian (%)
        Lohmann Brown MF 40219-2022
        92-93
        2,3-2,4
        2-6
        Hisex Brown20-2222
        91-92
        2,36
        0,4-3
        Bovans White20-2221-22
        93-94
        2,2
        5-6
        Hubbard Golden Comet19-2023-24
        90-94
        2,2-2,5
        2-4
        Dekalb Warren20-2122,5-24
        90-95
        2,2-2,4
        2-4
        Bovans Goldline20-2121,5-22
        93-95
        1,9
        6-7
        Brown Nick19-2021,5-23
        92-94
        2,2-2,3
        4-7
        Bovans Nera21-2221,5-22
        92-94
        2,3-2,45
        2-5
        Bovans Brown21-2221-23
        93-95
        2,25-2,35
        2-7
        (Rasyaf, 1995).

        Jenis-jenis Ayam Petelur Unggul

        Ayam Plymouth Rock (Barred Rock)

        Ayam Plymouth Rock (PR) merupakan ayam yang berasal dari Amerika. Ayam ini sering disebut dengan ayam Rock atau ayam Barred Rock.Ayam Plymouth Rock sangat cocok untuk orang yang baru belajar bebisnis ayam petelur.
        Ayam petelur Plymouth Rock (PR)
        Ayam Plymouth Rock (PR)

         hal ini karena ayam Plymouth Rock cendrerung lebih mudah untuk dipelihara, Ayam Plymouth Rock juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Ayam Plymouth Rock mampu bertelur 200 butir telur pertahunnya. Tetapi, Telur ayam Plymouth Rock lebih kecil dari jenis ayam yang lain. ayam Plymouth rock memiliki bulu yang lebih didominasi warna abu-abu dengan garis-garis putih di seluruh tubuhnya.

        Ayam Petelur Putih ( White Leghorn )

        ayam petelur putih ini memang bulunya berwarna putih bersih dan telur yang dihasilkannya pun juga berwarna putih bersih, tetapi jengger ayam ras ini berwarna merah.
        Ayam ras petelur ini dikategorikan sebagai ayam ras petelur ringan karena bentuk tubuhnya yang sangat ramping dan tampak kurus, ayam ras ini hanya di tujukan untuk bertelur saja tidak untuk memproduksi daging. Selain itu Ayam ras petelur ini bisa menghasilkan telur lebih dari 260 butir per tahunnya.

        Ayam Petelur Putih ( White Leghorn )
        ayam petelur putih
        Kekurangan ayam ras White Leghorn
        Kelemahan ayam Ras jenis ini yaitu sangat sensitif terhadap cuaca panas dan keributan yang membuat ayam ras ini mudah terkejut sehingga bisa berdampak pada jumlah produksi telurnya yang menurun. Nenek moyang ayam Ras jenis ayam petelur putih atau Galur murni yaitu White Leghorns asal Tuscany, Italia tengah merupakan ayam petelur yang sangat aktif dan efisien yang bisa menghasilkan 280 butir telur pertahunnya.

        contoh strain ayam petelur putih yang dikenal umum antara yaitu: Hisex White, Hubbarb Leghorn, Ross White, Babcock B 300, Dekalb XI-Link, H & W Nick dan Shaver S 288. Tapi strain Hisex White merupakan salah satu penghasil telur terbanyak yaitu bisa mencapai 288 butir pertahun dengan berat telur sekitar 62 gr.

        Ayam Ras Petelur Coklat ( Hybrid )

        Ayam Ras Petelur Coklat ( Hybrid )
        Ayam Ras Petelur Coklat ( Hybrid )

        Ayam Ras Petelur Coklat ( Hybrid ) mempunyai bulu  berwarna coklat dan telur yang dihasilkannya  berwarna kecoklatan. Bobot ayam ras petelur ini cukup berat bisa mencapai 2 kg, dagingnya bisa juga kita jual dan rasa daging ayam ras petelur ini lebih enak jika kita bandingkan dengan daging ayam pedaging (broiler). Itu sebabnya ayam ras petelur ini juga termasuk dalam tipe dwiguna yaitu penghasil telur dan daging.

        Ayam ras petelur coklat sifatnya lebih tenang dan juga tidak mudah kaget/ terkejut, selain itu ukuran telur yang di hasilkannya juga lebih besar dari pada ayam petelur putih, sehingga menjadikan harga telur coklat lebih mahal.

        contoh strain ayam ras petelur coklat yang dikenal umum, diantaranya yaitu: Hubbarb Golden Cornet, Roos Brown, Babcock B 380, Hisex Brown dan Shaver Star Cross. Tapi ukuran telur terbesar yaitu dari strain Babcock B 380 dengan beratnya bisa mencapai 64 gr dan ayam ras ini mampu menghasilkan sekitar 260 hingga 275 butir telur pertahun.

        Ayam Ras Rhode Island Red


        Ayam Rhode Island Red ini berasal dari negara Amerika serikat, ayam Rhode Island Red biasa di ternak atau di pelihara untuk kebutuhan telur dan daging. Ayam Rhode Island Red merupakan salah satu keturunan ayam yang cukup terkenal kuat akan kondisi ekstrim dan ayam ini mampu memproduksi telur yang relatif banyak, total telur yang mampu ayam ini produksi yaitu 250 telur perekor ayam.

        Ayam Ras Rhode Island Red
        Ayam Ras Rhode Island Red
        Bertentangan dengan nama mereka, Ayam ras petelur Rhode Island Reds memiliki bulu yang berwarna coklat dan hitam sehingga ayam ini memiliki penampilan yang sedikit gelap. Ayam ras petelur jenis ini terkenal ayam tangguh, ayam Rhode Island Red juga ramah terlebih lagi dengan para penggurus kandang mereka.

        Ayam Ras Petelur (Sussex)

        Seperti Ayam Ras Rhode Island Red, tujuan orang-orang memelihara ayam Sussex ini yaitu salah satunya untuk mendapatkan telur dan daging. Seekor ayam Sussex mampu bertelur sekitar 250 telur per tahunnya. Warna telur ayam sussex akan bervariasi dari coklat sampai warna putih krem.
        ayam Petelur jenis Sussex
        ayam Petelur Sussex

        Ayam Sussex ini memiliki delapan warna yang berbeda, tapi yang paling umum sering kita temukan yaitu tubuh putih murni dengan bulu leher dan ekor berwarna hitam. Ayam ras petelur ini merupakan ayam yang sangat tenang, Ayam sussex dapat mencari makanan di taman tanpa merusaknya! Kalau kita menginginkan ayam peliharaan jinak yang akan makan dari tangan ayam Sussex merupakan pilihan yang sangat tepat.

        strain ayam petelur yang sering dipelihara di indonesia

        pengertian Strain ayam  adalah klasifikasi ayam berdasarkan garis keturunan tertentu melalui persilangan dari berbagai kelas, bangsa atau varietas sehingga ayam tersebut memiliki bentuk, sifat dan tipe produksi tertentu sesuai dengan tujuan produksi. biasanya nama strain digunakan oleh perusahaan pembibitan atau merek dagang. 

        berikut ini adalah tipe strain ayam petelur yang sering dipelihara di indonesia serta asal negara pembuatnya.

        • Arbor acres, diciptakan di Amerika 1972
        • Dekalb WAren, Diciptakan di Amerika 1972
        • Hyline, diciptakan di Amerika 1972
          ayam petelur hyline brown
          ayam petelur hyline brown
        • Hubbard golden comet, diciptakan di Amerika 1972
        • Hisex, diciptakan di Belanda 1972
        • Hypeco, diciptakan di Belanda 1972
        • Isa Brown, diciptakan di Inggris 1972
          strain Isa Brown
          strain Isa Brown
        • Ross Brown, diciptakan di Inggris 1972
        • Lohman, diciptakan di jerman 1972
          jenis ayam petelur Lohmann
          jenis ayam petelur Lohmann
        • Enya, diciptakan di jepang
        • Rosella, diciptakan di negeri belanda
        • Kimber Brown, diciptakan di California Amerika 1972
        • Harco, diciptakan di Amerika 1972
        • Shaver, diciptakan di kanada

        semoga tulisan ini bermanfaat :)
        elinotes
        elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

        Posting Komentar untuk "tipe dan Jenis Ayam Petelur Unggul"