Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

mengenal ayam potong Broiler

ayam potong Broiler

halo pembaca blog elinotes ayam potong atau ayam broiler adalah ayam rasa yang mempunyai sifat pertumbuhan yang cepat dan dipelihara untuk tujuan memproduksi daging potong. jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam.

gambar ayam potong broiler
gambar ayam potong broiler

KELEBIHAN AYAM BROILER

kelebihan ayam potong broiler adalah kecepatan pertumbuhan dan pertambahan/produksi daging dalam waktu yang relatif cepat dan singkat. hanya dalam 4 - 5 minggu ayam potong broiler berproduksi daging sudah dapat dipanen dan siap dipasarkan atau dikonsumsi manusia. ayam broiler umumnya disembelih dan dibuat menjadi karkas. secara umum ayam disembelih di rumah potong (RPH).

 Rumah Pemotongan Unggas

menurut pusat data dan sistem informasi pertanian kementrian pertanian tahun 2016, pengertian Rumah Pemotongan Unggas ayam (RPH-A) adalah suatu bangunan atau kompleks bangunan dengan desain dan syarat tertentu yang digunakan sebagai tempat memotong unggas bagi konsumsi masyarakat umum. 

tempat rumah potong ayam
tempat rumah potong ayam
saat ayam di rph ayam memasuki alur proses pemotongan ayam di rumah pemotongan ayam yang meliputi penanganan ayam hidup, pemeriksaan antemortem, pemingsanan, penyembelihan, perendaman air, penncabutan bulu, pengeluaran jeroan, pemeriksaan post mortem, pencucian dan pendinginan karkas dan pewadahan karkas.
alur pemerosesan ayam
alur pemerosesan ayam


pengertian karkas 

Karkas adalah tubuh ternak potong sehat yang telah disembelih, utuh atau dibelah membujur sepanjang tulang belakangnya, setelah dikuliti, isi perut dikeluarkan tanpa kepala, kaki bagian bawah dan alat kelamin ternak jantan atau ambing ternak betina yang telah melahirkan dipisahkan dengan atau tanpa ekor. Kepala dipotong diantara tulang ociptal (os occipitale) dengan tulang tengkorak pertama (os atlas). Kaki depan dipotong diantara carpus dan meta carpus, kaki dipotong diantara tarsus dan metatarsus. Jika diperlukan dengan memisahkan ekor, maka paling banyak dua ruas tulang belakang coccygeal (os caudalis) terikut karkas.

pengertian karkas potong
pengertian karkas potong

pusat data dan sistem informasi pertanian kementrian pertanian tahun 2016

pengertian karkas unggas

Karkas unggas adalah bagian tubuh yang diperoleh dengan cara disembelih secara halal dan benar, dicabuti bulunya dan dikeluarkan jeroan dan abdominalnya, dipotong kepala dan leher serta kedua kakinya sehingga aman, lazim dan layak untuk dikonsumsi oleh manusia. pusat data dan sistem informasi pertanian kementrian pertanian tahun 2016.

gambar karkas unggas ayam
gambar karkas unggas ayam

 Karkas dan potongan karkas

Selain ayam potong hidup, karkas ayam kampung dalam bentuk karkas kosong (bobot tanpa bulu dan tanpa jeroan), biasanya diperjual belikan di pasar. Potongan karkas lain yang biasa dijual adalah hati dan rempela, yang dijual tersendiri. baca juga tipe jenis ayam petelur unggul
potongan karkas unggas
potongan karkas unggas

Sistem penjulan biasanya dalam bentuk satuan ekor, sementara hati dan rempela dijual secara kiloan. Penjualan dalam bentuk matang (digoreng, diungkep, diopor) biasanya disajikan dalam bentuk potongan karkas. ayam nutrisi ayam ras pedaging dan petelur
potongan daging ayam
potongan daging ayam


Karkas utuh biasanya dapat dipotong menjadi 9 potong yaitu: 2 kaki, 2 paha, 2 sayap, 2 tengah potongan dada, dan potongan punggung, ditambah dengan jeroan biasanya hanya hati dan rempela. 

istilah istilah dalam potongan karkas

Halves

Potongan karkas ayam pertama adalah halves. Halves ini merupakan potongan sebagian itu artinya ayam yang utuh akan dipotong menjadi dua bagian sama besar. Halves Istilah ini digunakan untuk menyebut ayam setengah. baca juga: jenis ayam pedaging

Ayam dipotong tepat di bagian tengah punggungnya kemudian terbagi antara sisi kanan dan juga kiri.
Halves chickens ayam yang dipotong menjadi dua bagian yang sama
Halves chickens ayam yang dipotong menjadi dua bagian yang sama

Potongan karkas ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat untuk ater-ater hajatan pernikahan dan lain sebagainya. Peternak yang akan memotong ayam ini harus simetris tidak boleh ada bagian yang tidak sama.

Potongan 8

Bagian karkas ayam yang lebih kecil darii seperempat adalah potongan 8. Potongan jenis ini akan menjadikan ayam utuh dipotong menjadi 8 bagian. 8 bagian ayam tersebut terdiri dari 2 dada, sayap, paha dan juga punggung. Untuk 8 pieces ini potongan ayamnya masih besar dan banyak digunakan dalam lauk nasi box.
potongan daging ayam
potongan daging ayam seperdelapan
Potongan ini digunakan untuk lauk dalam snack box. Banyak snack box yang masih mengidolakan ayam untuk lauk di dalamnya sehingga peternak atau pebisnis ayam karkas bisa mendapatkan peluang dari isni.

Pieces

Jenis potongan selanjutnya adalah 8 pieces. Potongan jenis ini akan menjadikan ayam utuh dipotong menjadi 8 bagian. 8 bagian ayam tersebut terdiri dari 2 dada, sayap, paha dan juga punggung. Untuk 8 pieces ini potongan ayamnya masih besar dan banyak digunakan dalam lauk nasi box.

Whole Chicken

Whole chicken adalah ayam utuh. ayam utuh ini banyak digunakan untuk acara tertentu misalnya selamatan, syukuran, dan lain sebagainya. Untuk harganya bervariasi tergantung dengan berat dari ayam tersebut. Semakin berat ayam maka semakin mahal harganya. 
ayam utuh Whole Chicken
gambar ayam utuh Whole Chicken


Whole chicken untuk bagian paha bawah dan juga sayap ayam masih melekat dengan sempurna. Jika bagian paha bawah dan juga sayapnya sudah dipotong maka istilahnya bukan whole chicken lagi.

potongan Seperempat

Potongan seperempat merupakan karkas ayam setengah di potong menjadi lebh kecil lagi. Potongan jenis ini juga masih digunakan untuk ater-ater pernikahan juga. Untuk mendapatkan jenis potongan ayam ini peternak harus memotong ayam menjadi dua bagian terlebih dahulu barulah nantinya akan dipotong menjadi seperempat.
ayam potong seperempat
ayam potong seperempat

Breast Quarters

Isilah potongan ini digunakan untuk menyebut potongan seperempat namun hanya khusus untuk bagian dada dan juga sayap.

Boneless

Istilah potongan ini digunakan untuk menyebut daging ayam yang dihilangkan tulangnya. Jenis potongan ini disebut juga dengan ayam fillet sehingga hanya daging saja yang tersisa.
chickens Boneless ayam yang dihilangkan tulangnya
chickens Boneless ayam yang di fillet dan dihilangkan tulangnya




Skinless

Jenis potongan ini digunakan untuk ayam fillet yang sudah dihilangkan kulitnya. 
chickens Skinless ayam yang sudah dihilangkan kulitnya
chickens Skinless ayam yang sudah dihilangkan kulitnya

sekian artikel mengenai potong potongan pada ayam Broiler. semoga apa yang kita pelajari dapat menambah ilmu tentang perunggasan ayam broiler, oh ya jangan lupa tinggalkan komentar di blog elinotes ini yah.


elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "mengenal ayam potong Broiler"